Wisata kuliner magelang

Berkunjung ke Magelang belum afdol rasanya kalau nggak mencicipi wisata kuliner Magelang sekaligus. Makanya, sempatkan lah untuk mampir mencicipi menu makanan yang nggak bisa kamu temukan di tempat lain. Nah, beberapa menu hidangan berikut ini adalah makanan khas dari Magelang yang wajib untuk kamu coba! 

Kuliner Mangut Beong Sehati Magelang

Mangut beong sehati

Mangut Beong merupakan makanan khas Magelang yang otentik. Menu makanan ini nggak akan bisa kamu temukan di kota manapun di Indonesia. Makanya, saat kamu liburan ke Magelang, sempatkan pula untuk mencicipi menu yang satu ini. 

Bahan baku utama dari Mangut Beong adalah ikan beong. Bentuk ikan ini sekilas hampir mirip seperti lele, namun ukuran kepalanya jauh lebih besar daripada lele. Jenis ikan ini biasanya bisa kamu temukan di sekitaran Sungai Progo. 

Ciri khas dari Mangut Beong adalah cita rasa kuahnya yang pedas. Kemudian, ada pula campuran bumbu dan rempah-rempah beserta kuah santan yang nikmat saat masuk ke dalam mulut. Saking enaknya, cita rasa dari Mangut Beong pasti bikin kamu ketagihan. 

Bakmi Goreng Menayu Muntilan

Bakmi goreng muntilan menayu

Rasa bakmi goreng yang satu ini berbeda dengan rasa bakmi lainnya. Maka dari itu, nggak heran kalau Bakmi Goreng Menayu Muntilan masuk menjadi salah satu wisata kuliner Magelang yang otentik. 

Perbedaan rasa bakmi ini berasal dari campuran bumbu dan cara memasaknya yang unik. Bayangkan saja, untuk memasak satu porsi Bakmi Goreng Menayu Muntilan harus menggunakan anglo. Inilah yang menjadi kunci utama cita rasa unik Bakmi Goreng Muntilan. 

Kuliner Magelang, Buntil Lumbu 

Kuliner magelang buntil lumbu

Kalau mencari menu khas Magelang yang lainnya, maka kamu nggak boleh melewatkan menu makanan yang satu ini. Buntul Lumbung merupakan makanan khas dari Magelang yang terbuat dari daun keladi atau talas, lalu isiannya menggunakan bumbu kelapa dan ikan teri. 

Baca Juga:  8 Tempat Makan Ramen Enak dan Populer di Jogja

Kemudian, masak seluruh bahan tersebut dengan kuah santan yang kental. Kalau kamu pecinta masakan pedas, maka tambahkan cabe rawit yang cukup banyak ke dalam kuahnya. Begitupun sebaliknya jika kamu nggak suka rasa pedas. 

Kupat Tahu Magelang

Kupat tahu magelang

Inilah salah satu wisata kuliner Magelang yang banyak peminatnya, yaitu kupat tahu khas Magelang. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan tahu, telor, ketupat, dan tauge, kacang goreng, seledri. Kemudian, bahan-bahan tersebut nantinya akan disiram dengan kuah panas. 

7 Makanan Khas Lampung yang Populer dan Menggugah Selera

Kupat tahu sangat cocok kamu konsumsi ketika cuaca dingin atau menjelang musim penghujan. Sebab, kuah hangat dari kupat tahu bisa menghangatkan perut sekaligus memuaskan rasa lapar. Itu sebabnya, makanan ini sangat recommended buat para wisatawan yang main ke Magelang. 

Dari berbagai macam kios yang menjual kupat tahu khas Magelang, ada satu kios paling legendari yang menjual menu makanan ini. Kios tersebut adalah Tahu Pojok Magelang yang terletak di Jl. Tentara Pelajar no. 14, Magelang. 

Sup Senerek Pak Parto

Sup senerek pak parto

Mau cari menu makanan berkuah lainnya? Coba saja kamu cicipi menu Sup Senerek khas Magelang buatan Pak Parto ini. Menu hidangan berbahan baku daging, buntut, tetelan, serta iga sapi ini sangat nikmat dan segar. Apalagi di dalamnya juga terdapat irisan wortel, bayam, kacang merah, dan daun bawang. 

Sekilas, menu hidangan ini terlihat seperti sup buntut. Namun, yang mendekati kedua makanan ini adalah dari segi cita rasa bumbu dan jenis kuah kaldunya yang bening. Karena cita rasanya yang cenderung ringan inilah yang membuat menu makanan ini populer di kalangan wisatawan. 

Baca Juga:  8 Minuman Khas Kalimantan Selatan Yang Unik dan Populer