Info Lokasi, Harga Tiket, dan Spot Wisata Umbul Nilo Klaten

Wisata Umbul Nilo. Berlibur dan menghabiskan waktu di destinasi wisata, memberikan sensasi dan pengalaman yang mengesankan. Seperti salah satu rekomendasinya adalah Umbul Nilo yang berada di kawasan Klaaten. Umbul Nilo sendiri tidak lain adalah spot untuk mandi yang memungkinkan tubuh menjadi lebih relaks. Nantinya kamu bisa datang bersama teman maupun keluarga.

Meskipun memiliki keindahan yang memukau, namun Umbul Nilo sendiri cenderung masih kurang informasinya. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan di berikan beberapa penjelasan dan ulasan untuk di jadikan sebagai sumber referensi.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Umbul Nilo beralamatkan di Daleman, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tepatnya berjarak sekitar 18 KM jika di tempuh dari pusat kota Klaten. Sedangkan untuk tarif masuk wisata ini, pengunjung akan di kenakan tarif sebesar Rp 5 ribu saja perorang. Tentu harga ini terbilang cukup terjangkau terutama jika kamu datang bersama rombongan.

Hanya saja tarif masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Sejarah wisata Umbul Nilo

Berdasarkan sejarahnya, Umbul Nilo tidak lain adalah mata air alami yang memiliki ukuran kecil bahkan lebih kecil dari Umbul Ponggok. Bagaimana tidak, bahkan luas kolamnya hanya sekitar 10 x 15 meter dengan kedalaman 1,5 meter.

Kemudian di sekitar Umbul Nilo terdapat banyak pohon yang tumbuh sehingga mampu membuat area kolam menjadi lebih teduh.

Menariknya di dasar kolam juga terdapat bebatuan yang jelas terlihat dari permukaan kolam. Airnya sangat bersih dan jernih karena berasal dari air pegunungan.

Daya tarik dan spot wisata Umbul Nilo

Saat berkunjung ke Umbul Nilo, nantinya kamu bisa mandi dan bermain air di kolam yang menyegarkan. Terlebih air yang dingin akan membuat tubuh dan fikiran menjadi lebih rileks.

Meskipun murah, wisata Umbul Nilo terbilang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kamu juga bisa mengabadikan momen liburan dengan berswafoto di wisata ini. Pihak pengelola wisata menyediakan spot Instagramable yang mampu menghipnotis semua pengunjung yang datang.

Untuk menikmati momen liburan yang menyenangkan dan sulit di lupakan, ada beberapa tips yang harus di perhatikan sebelum berkunjung. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika nantinya memilih untuk bermain air.
  • Persiapkan kamera yang bisa di gunakan untuk mengabadikan moment.
  • Selalu tetap berhati-hati dan jaga kebersihan objek wisata saat berkunjung
  • Di sarankan agar membawa uang lebih dan perbekalan untuk meminimalisir rasa lapar.

Fasilitas Umbul Nilo

Berbicara mengenai fasilitas wisata, Umbul Nilo terbilang cukup di lengkapi berbagai fasilitas. Hal ini di lakukan oleh pihak pengelola tidak lain bertujuan agar pengunjung semakin betah berlama-lama di sana. Adapun beberapa fasilitas diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Jejeran warung makanan
  • Gazebo
  • Pusat Informasi
  • Toilet dan kamar mandi
  • Mushola
  • Ruang ganti
  • Rumah makan
  • Kolam pemandian

Nah itulah penjelasan mengenai wisata Umbul Nilo yang bisa menjadi rekomendasi pilihan. Saat berada di Klaten, pastikan agar tidak melewatkan Umbul Nilo sebagai salah satu tujuan destinasi !

Baca Juga :

***