Lokasi, Keindahan, dan Daya Tarik Wisata Danau Belibis Jambi

Membahas tentang wisata alam memang tidak pernah ada habisnya. Memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang mengesankan dan sulit di lupakan. Seperti salah satu destinasi di sekitar Gunung Kerinci, kamu akan menemukan wisata Danau Belibis yang keindahannya tidak perlu di ragukan.

Di sana terhampar air yang jernih dengan populasi burung belibis yang melengkapi. Hal itu juga yang menjadikan danau ini di beri nama Danau Belibis.

Berlokasi di Jambi teptanya di Kabupaten Kerinci, danau ini terbilang tidak jauh dari pusat kota dan bisa di akses menggunakan berbagai kendaraan. Selain itu perlu di ketahui bahwa akses menuju danau belibis bisa di katakan belum cukup memadai dan mengharuskan pengunjung untuk trekking melewati hutan dan perkebunan.

Penasaran ingin mengunjungi Danau Belibis? Berikut ulasannya secara lengkap !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Lokasi Danau Belibis berada di Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Tepatnya berjarak sekitar 43 KM dari pusat kota dan membutuhkan waktu hingga 90 menit untuk bisa sampai kesana. Adapun rute yang bisa di lalui adalah desa Gunung Labu, Desa Kebun Baru, dan Desa Giri Mulyo.

Sedangkan untuk tarif tiket masuknya, pengunjung akan di kenakan tarif sebesar Rp 10 ribu perorang. Dengan jam operasional wisata Danau Belibis ini yang di buka setiap hari selama 24 jam. Yang memungkinkan kamu untuk bisa mengunjunginya kapan saja sesuai keinginan.

Sejarah Danau Belibis

Berdasarkan sejarahnya, danau ini merupakan golongan danau tektonik yang muncul akibat aktivitas Gunung Kerinci di masa lalu. Selain itu lokasinya masih termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat yang memungkinkan pengunjung untuk bisa melihat keindahan danau dengan jelas dari puncak Gunung.

Namun lebih dari itu, keindahannya menyimpan sejarah dan kisah misteri. Di mana masyarakat sekitar percaya bahwa belibis yang ada di sekitar danau merupakan perwujudan orang yang pernah berkunjung dan tidak pernah kembali. Hal itu jugalah yang pada akhirnya membuat masyarakat menjadi takut untuk berkunjung kesana.

Daya tarik dan keindahan wisata Danau Belibis

Danau Belibis berada di kaki gunung Kerinci dengan ketinggian sekitar 1000 Mdpl dan di lindungi oleh lebatnya hutan sekitar. Sehingga untuk bisa menikmati keindahannya, maka pengunjung di haruskan untuk menembus hutan yang sekaligus menjadi habitat satwa liar. Danau ini memiliki luas sekitar 2 hektar yang sekaligus menjadi sumber air bagi satwa liar yang hidup di sana. Bahkan tidak jarang juga pengunjung menemukan berbagai jenis hewan seperti ular, monyet, bahkan hingga harimau.

Ada beberapa aktivitas yang bisa di lakukan saat ingin berkunjung ke Danau Belibis seperti di antaranya adalah :

1. Menikmati keindahan danau

Terutama jika kamu menyukai alam, sekedar menikmati keindahan danau Belibis ini cukup mampu menjadi hiburan. Suasana dataran tinggi di sertai udara yang sejuk lengkap dengan rimbunnya hutan mampu membuat fikiran menjadi tenang dan terhindar dari stress. Meskipun air danau tergolong cukup jernih, namun tidak di sarankan kepada pengunjung untuk berenang.

2. Berswafoto

Aktivitas menarik lainnya yang bisa di lakukan di Danau Belibis adalah berswafoto. Sangat di sayangkan jika kamu mengunjungi danau ini namun tidak mengambil gambar. Ada banyak panorama yang bisa menjadi kenangan meskipun hanya berupa gambar. Selain itu kamu bisa berkeliling area danau untuk mendapatkan spot menarik lainnya.

Fasilitas wisata Danau Belibis

Untuk yang ingin berkunjung kesana, fasilitas di Danau Belibis sendiri masih tergolong cukup miinim. Di mana tidak terdapat area parkir, kamar mandi, maupun toilet. Selain itu aksesnya juga cukup jauh dari pemukiman warga dan memungkinkan pengunjung kesulitas menemukan warung makanan.

Untuk itu jika ingin berkunjung ke Danau Belibis, pastikan untuk menyiapkan semua perbekalannya dengan cukup.

Nah itulah informasi mengenai Danau Belibis di Kerinci. Jika tertarik berkunjung kesana, sebaiknya untuk tidak datang seorang diri.

Baca Juga :

***