Pantai Cemara Sewu: Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas !

Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan laut. Oleh karena itu tidak heran jika di Cilacap terdapat banyak destinasi wisata pantai dengan keindahan alam memukau. Adapun salah satu destinasi wisata pantai di Cilacap yang populer adalah Pantai Cemara Sewu.

Sesuai dengan namanya, kamu akan menemukan banyak pohon cemara disekitar pantai. Selain itu ombak pantai juga tergolong besar. Tidak ketinggalan area pondok untuk sekedar bersantai sekaligus menikmati makanan. Bahkan ada juga beberapa perahu nelayan yang bersandar disana menjadi pelengkap dari pemandangan alam Pantai Cemara Sewu.

Penasaran untuk berkunjung ke Pantai Cemara Sewu? Kamu sudah tepat masuk pada artikel kali ini karena akan diberikan ulasannya untuk menjadi sumber referensi.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pantai Cemara Sewu beralamatkan di Jetis, RT.03/RW.03, Area Sawah, Jetis, Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia, 53283. Tepatnya berjarak sekitar 46 KM dari pusat kota Cilacap dan membutuhkan waktu 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Sedangkan untuk tarif tiket masuknya, wisata Pantai Cemara Sewu menetapkan tarif terjangkau yakni hanya Rp 10 ribu perorang. Menariknya lagi, jam operasional wisata pantai ini di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu kamu akan datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

Daya tarik dan aktivitas wisata Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu menghadap ke laut selatan sehingga tidak heran jika ombaknya tergolong cukup besar. Meskipun begitu, air pantai di sana sangat jernih dan berbuih karena ombak yang bergulung-gulung. Sedangkan untuk pemandangan pantainya cukup indah karena terdapat barisan bukit yang membentang. Adapun lebar pantai Cemara Sewu adalah 70 meter. Hanya saja karena air laut dapat merayap lebih jauh kearah daratan, sehingga hanya menyisakan lebar pantai 25 meter saja.

Sebagai informasi tambahan, pada jarak ke 50 meter adalah wilayah yang berbahaya. Terlebih di meter ke 10 hingga 25 pertama. Sehingga pengunjung harus lebih berhati-hati dan sebaiknya untuk menjauhi area tersebuth.

1. Penuh dengan pohon Cemara

Salah satu alasan pemberian nama Pantai Cemoro Sewu tidak lain adalah banyaknya pohon cemara di sana. Adapun cemara yang di tanam adalah cemara udang dengan ketinggian sekitar 65 hingga 90 meter. Selain itu beberapa pohon cemara juga terlihat bergerumbul sedangkan pada bagian lain terlihat jarang-jarang. Area pohon cemara tertata cukup rapih sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto kekinian.

2. Wahana permainan air

Pihak pengelola wisata pantai Cemoro Sewu menyediakan wahana permainan air yang menarik. Hal ini di karenakan pengunjung memang tidak dianjurkan untuk berenang di pantai karena ombak yang tinggi. Oleh karena itu pengelola menyediakan kolam berenang aman tepatnya di sisi bagian timur pantai. Memiliki ukuran 30 x 10 meter, pengunjung akan bisa berenang dengan aman di kedalaman kolam 2 meter.

3. Sunset dan Sunrise

Meskipun cukup berbahaya untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Namun Pantai Cemoro Sewu ini selalu ramai pengunjung. Bagaimana tidak, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Terlebih lagi di karenakan jam operasional yang di buka selama 24 jam, memungkinkan pengunjung datang jam 5 pagi hanya untuk melihat dan mengabadikan sunrise.

Demikian ulasan seputar pantai Cemoro Sewu yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata alternatif. Jika kamu mengunjung kabupaten Cilacap, di sarankan untuk mampir ke pantai ini dan rasakan pengalaman berlibur menikmati keindahan alamnya.

Baca Juga :

***