Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas Wisata Curug Muara Jaya

Majalengka ternyata memiliki banyak keindahan alam yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Curug Muara Jaya adalah salah satu yang paling disukai oleh penduduk setempat. Air terjun ini berada di Desa Argamukti, yang berada di Kabupaten Majalengka. Ada di tengah lembah dan memiliki tiga tingkat. Objek wisata ini ramah anak-anak dan keluarga, meskipun terletak di tengah hutan.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Curug Muara Jaya berlokasi di Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45462. Tiket untuk memasuki kawasan wisata air terjun adalah untuk kunjungan biasa dan untuk camping. Harga tiket adalah Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Wisata air terjun ini buka sepanjang hari, mulai pukul 08.00 pagi hingga 05.00 sore. Airnya jernih dan tidak berlumpur, jadi waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim kemarau.

Daya Tarik dan Keindahan Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya berada di lereng Gunung Ciremai, sekitar 20 km dari Kota Majalengka. Ini adalah bagian dari aliran Sungai Muara Jaya. Air terjun ini masih populer sebagai tempat piknik meskipun berada di lembah dan memerlukan sedikit tenaga ekstra untuk mencapainya. Air terjun ini lebih indah karena aliran airnya yang deras meluncur di permukaan batu-batu yang mempertegas lekuknya.

Warga Majalengka dan sekitarnya memiliki banyak alasan untuk memilih Curug Muara Jaya sebagai tempat wisata favorit mereka. Salah satunya adalah lokasinya yang dianggap mudah diakses meskipun berada di tengah lembah hutan.

Ini disebabkan oleh fakta bahwa pengelola telah menyediakan akses jalan melalui ratusan anak tangga. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir tentang kontur jalan meskipun mereka harus melalui hutan. Air terjun berada di bawah, sehingga pengunjung harus menuruni lebih dari 350 anak tangga.

Pengunjung akan tiba di sebuah pelataran saat mereka menuruni tangga. Panggung yang tersedia memungkinkan pengunjung menonton hiburan di akhir pekan atau hari libur. Selain itu, ada toilet, musala, fasilitas bermain, dan tempat beristirahat di sini.

Setelah menuruni tangga, indahnya pemandangan alam akan menyegarkan mata Anda. Hamparan hutan Gunung Ciremai yang hijau mengimbangi udara sejuk dari gunung. Selain membuat mata segar, itu juga akan membuat Anda merasa lebih santai dan rileks.

1. Air Terjun Bertingkat

Anda akan mendengar suara aliran air yang deras jauh sebelum sampai ke lokasi air terjun. Curug Muara Jaya sudah terlihat dari atas, dari balik pepohonan yang rindang. Curug setinggi kurang lebih 70 meter itu menonjolkan pemandangan sekitar.

Ketika Anda tiba di lokasi, Anda akan di sambut dengan suasana dingin yang khas di sekitar air terjun. Air terjun setinggi dua puluh meter mengalir menjadi sungai dan telaga dengan bebatuan unik. Air terjun ini adalah yang paling rendah di Curug Muara Jaya.

Pengunjung akan menemukan loket tambahan jika berjalan terus di jalan setapak. Pengunjung yang ingin melihat air terjun tertinggi dapat membeli tiket terusan di loket ini. Air terjun ini mengalir dari tebing yang lebih tinggi di atasnya. Tempat bermain air yang aman adalah telaga yang dangkal di sekitarnya.

2. Rekreasi Alam

Terdapat area kering terbuka di sekitar air terjun tingkat bawah yang dapat di gunakan untuk piknik dan bersantai sambil melihat air terjun dari dekat. Jika pengunjung ingin bermalam, pengelola juga menyediakan area untuk berkemah. Pengunjung dapat mendirikan tenda dan berkemah di sekitar curug dengan biaya $20 ribu per orang. Tidak perlu khawatir tentang fasilitas dan keamanan di sini.

Baca Juga :

***