Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Pulau Panjang Jepara

Pulau Panjang Jepara – Jepara adalah daerah di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan laut. Salah satu pulau yang paling indah yang masih ada di sekitar Jepara adalah Karimunjawa. Namun, Anda tidak perlu jauh untuk melihatnya, karena ada Pulau Panjang yang juga indah. yang dapat dicapai dari dataran Jepara dalam waktu sekitar dua puluh menit. Pulau Panjang tidak dihuni; penduduknya hanya penjaja makanan dan aksesori. Namun, pengunjung sering menggunakan tempat ini untuk berkemah. Alamnya indah dengan lautan biru yang jernih dan pepohonan hijau yang asri. menjadi daya tarik utama pulau untuk turis.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Pulau Panjang Jepara berlokasi di Ujungbatu I, Ujungbatu, Jepara, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat wisata yang indah ini tidak membutuhkan biaya tiket yang mahal. Tiket murah untuk pengunjung berkisar antara Rp5.000 dan Rp15.000. Namun, jika mereka menginap di pulau, tarif perahu akan menjadi dua kali lipat karena operator perahu harus bolak-balik untuk menjemput kembali pengunjung.

Pulau Panjang sendiri buka setiap hari, tetapi operator perahu hanya melayani penyeberangan dari pagi hingga sore hari. Mereka juga memperhatikan cuaca dan ombak.

Daya Tarik dan Keindahan Wisata Pulau Panjang

Pengunjung juga pergi ke Pulau Panjang dengan ombak yang tenang. Air laut tampak lebih biru dan jernih seiring kita mendekati pulau kecil ini. Pengunjung juga dapat melihat ikan berwarna-warni dan batuan karang di dalam air. Itu sangat jernih sehingga Anda hanya bisa melihatnya dari atas dermaga.

Meskipun pulau ini tidak memiliki perumahan, suasana wisatawan masih terasa. Warung—warung kecil yang menjual makanan dan minuman serta aksesoris. Melanjutkan ke kanan dan kiri jalan setelah gapura masuk objek wisata. Para penjual sangat antusias untuk menjual barang mereka kepada wisatawan. Dengan pepohonan yang sangat rimbun, pulau ini sangat asri. Selain itu, jalan setapak yang terbuat dari paving telah dibangun di sini agar pengunjung dapat berjalan dengan nyaman. Bangunan toilet dan mushola tampak rapi. Seolah-olah pulau kecil ini memiliki semua yang perlu dimiliki wisatawan.

1. Snorkeling

Tempat wisata ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Mengunjungi alam bawah laut juga harus dilakukan setelah Anda tiba di sini. Keindahannya dapat dinikmati dengan mudah karena perairannya yang dangkal. Bahkan bagi mereka yang tidak mahir berenang.

Tempat ini aman untuk snorkeling karena ada ombak yang tidak terlalu besar. Pengunjung dapat melihat keindahan bawah lautnya dari perairan yang dangkal di tepi pantai. Ikan berwarna-warni kecil tampak berenang dari satu tempat ke tempat lain dengan riangnya. Sembunyi di balik batuan karang yang indah. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa perlengkapan snorkeling Anda sendiri. Ada banyak tempat yang menawarkan penyewaan perlengkapan snorkeling dengan harga yang sangat terjangkau di sini.

2. Berkemah

Area pasir yang luas memungkinkan pengunjung mendirikan tenda di tempat ini. Karena bintang akan semakin jelas terlihat saat malam tiba, banyak wisatawan yang memutuskan untuk menikmati malam di Pulau Panjang. membuatnya terlihat begitu ramai dan indah di langit yang gelap.

Pengunjung dapat menantikan matahari terbit yang luar biasa di pagi hari. Kilauan cahayanya membuatnya terlihat bersinar di perairan pantai. Untuk menikmati berkemah di sini, pengunjung tidak perlu membawa tenda sendiri; banyak tempat penyewaan tenda dengan harga terjangkau tersedia di tempat ini.

3. Berkeliling Area Pantai

Sebagai pulau kecil, Pulau Panjang dapat dikelilingi dalam waktu sekitar satu jam. Selain itu, pengelola telah melengkapi lokasi dengan jalan setapak yang terbuat dari paving. Jalan setapak ini memiliki lebar sekitar satu meter dan cukup luas untuk membiarkan dua atau tiga orang berjalan beriringan. Ada juga kesempatan bagi pengunjung untuk menyewa sepeda untuk berkeliling pulau.

Di kanan kiri jalan setapak ini ada pepohonan yang rimbun. Karena tak banyak sinar yang dapat menembus rimbunnya dedaunan pohon ini, berjalan menyusuri pulau tidak akan terasa panas.

Fasilitas Pulau Panjang Jepara

Tempat wisata ini memiliki toilet dan mushola. Di sini juga ada banyak restoran, jadi Anda tidak akan kelaparan. Wisata di pulau ini juga dilengkapi dengan toko souvenir. Selain itu, makam Syeikh Abu Bakar, seorang ulama dari Jepara, juga terletak di sini.

Baca Juga :

***