Taman Pemuda Pratama: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas

Taman Pemuda Pratama adalah tempat rekreasi keluarga di Depok, Jawa Barat. mengambil gagasan untuk bermain dengan senang hati sambil melatih gerak motorik. Selain itu, ada banyak wahana di sini, termasuk paintball, panahan, ATV, dan kolam renang. Pada awal Februari 2018, Taman Pemuda Pratama di buka untuk umum. Ini di beri nama Pratama Persadha, pemiliknya, dengan luas setidaknya 6.000 meter persegi. Taman rekreasi ini menawarkan banyak hal untuk keluarga, termasuk tempat bermain, rekreasi, dan pusat komunitas.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Taman Pemuda Pratama beralamatkan di Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat , Indonesia, 16426. Tidak ada biaya untuk pengunjung yang ingin masuk ke taman. Namun, jika mereka ingin bermain wahana permainan, mereka harus membayar antara Rp5.000 dan Rp125.000. Taman rekreasi ini buka setiap Selasa hingga minggu dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, kecuali Senin untuk perawatan dan kebersihan.

Daya Tarik dan Aktivitas Taman Pemuda Pratama

Taman Pemuda Pratama adalah tempat rekreasi keluarga yang dikelola secara pribadi oleh anak-anak dari Karang Taruna Kelurahan Tanah Baru. Taman ini juga membantu Pemkot Depok dalam mendukung program Kota Layak Anak (KLA). Ada taman bermain untuk anak-anak dan tempat untuk bersantai dengan pemandangan taman hijau yang luas. Taman ini menarik sekitar 1.500 pengunjung setiap Sabtu dan Minggu untuk mengunjungi berbagai wahana, termasuk wall climbing, berkuda, kolam berenang, taman kelinci, panahan, dan ATV.

1. Taman Bermain Anak

Area Taman memiliki ruang terbuka yang hijau dan sejuk yang cocok untuk piknik santai bersama keluarga. Selain itu, tersedia jalur refleksi kaki yang berbentuk jalur berputar di atas bebatuan. Terdapat permainan taman yang memiliki perosotan, titian tali, dan ayunan. Anak-anak dapat melatih motorik mereka dengan bermain berbagai permainan. Selain itu, ada tebing mini setinggi satu meter yang aman untuk anak-anak.

Wisatawan harus melepas alas kaki saat memasuki taman bermain ini untuk menjaga area yang beralaskan pasir tetap bersih. Anak-anak sering bermain di pasir ini, membuat istana pasir seperti di pantai.

2. Area Taman Baca

Wisatawan dapat membantu anak-anaknya menjadi lebih tertarik pada literasi. Untuk mendukung hal ini, ada area Taman Baca yang memungkinkan anak-anak menjadi gemar membaca. Taman Baca Pancasila memiliki banyak buku untuk dibaca. Pengunjung dapat mendapatkan pengetahuan dan hiburan dari buku-buku yang ada di raknya.

3. Radio Komunitas

Radio Binaswara, radio komunitas di dalam taman, selalu buka untuk wisatawan. Mereka dapat melihat proses siaran dan berkenalan dengan penyiarnya. Radio Binaswara juga menawarkan kesempatan bagi mereka yang ingin berkontribusi. Radio Binaswara memberikan informasi terkini di kota Depok dan sekitarnya. Wisatawan dapat menggunakan radio ini untuk mempromosikan komunitas, acara, atau usaha mereka. Banyak jenis seni juga disiarkan di programnya, seperti wayang kulit, lenong, dan sandiwara radio.

4. Wahana Permainan Paintball

Paintball adalah permainan yang dimainkan dalam kelompok di mana pemain menembakkan peluru cat warna pada tubuh lawan. Senjata yang digunakan adalah paintball marker atau paintball gun, dan peluru yang digunakan aman untuk mengalahkan lawan. Di Taman Pemuda Pratama, banyak peminat paintball. Wahana permainan yang telah ada sejak tahun 2015 ini sesuai untuk anak-anak dan orang dewasa.

Wisatawan yang ingin memainkannya harus mengenakan perlengkapan keamanan seperti rompi pengaman dan masker (goggle). Wisatawan akan mendapat arahan dari instruktur untuk mengatur strategi sesuai prosedur wahana.

5. Panahan

Panahan adalah wahana olahraga di Taman Pemuda Pratama. Olahraga ini baik untuk tangan, jari-jari tangan, dan mata karena meningkatkan kesabaran dan konsentrasi. Kekuatan tubuh bagian atas dan keseimbangan dilatih oleh pelatih. Harga wahana untuk sepuluh anak panah adalah Rp. 15.000.

6. Rumah Kelinci

Anak-anak juga bisa belajar menyayangi bintang di Taman Pemuda Pratama dan memberi makan kelinci di Rumah Kelinci. Tidak ada biaya untuk masuk ke Rumah Kelinci. Anak-anak yang ingin belajar mancing juga memiliki peralatan seperti ember, pancingan, dan pakan ikan. Hasil pemancingan dapat dimasak di kafe yang tersedia, tetapi wisatawan harus membayar Rp5.000 untuk pakan ikan.

Baca Juga :

***