Cityawesome.com – 6 Makanan khas Banyuwangi yang lezat dan populer. Banyuwangi merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan bisa menikmati keindahan wisata yang ada.

Namun selain keindahan alam yang luar biasa, tentunya kamu juga bisa menikmati makanan khas yang tidak kalah luar biasa.

Di sana terdapat makanan khas yang bisa di jadikan tempat wisata kuliner. Hal tersebut di karenakan makanan khas Banyuwangi sendiri memiliki rasa yang lezat dan beberapa sangat populer di Indonesia.

Lalu apa saja makanan khas banyuwangi yang harus di cicipi saat sedang berkunjung kesana? Berikut ini beberapa makanan khas Banyuwangi untuk kamu ketahui.

1. Rujak Soto

1. Rujak Soto

Salah satu makanan khas Banyuwangi yang tidak boleh terlewatkan adalah Rujak Soto. Terdiri daging sapi atau babat yang di sajikan bersamaan dengan irisan timun, tempe, kangkung, tauge, dan lontong.

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan perpaduan antara 2 makanan yakni Rujak dan juga Soto. Oleh karenanya terdapat juga bumbu kacang yang sudah di campur dengan petis sebagaii pelengkap.

2. Pecel Rawon

6 makanan khas banyuwangi Pecel Rawon

Makanan khas Banyuwangi lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Pecel Rawon. Meskipun namanya terkesan aneh, namun pecel rawon memiliki citarasa yang nikmat.

Selain itu, pecel rawon juga merupakan makanan perpaduan antara pecel dan juga rawon. Di mana dalam penyajiannya meliputi nasi yang di siram dengan rawon.

Tidak lupa juga pada bagian sisinya di isi dengan sayuran lengkap yang di siram dengan sambal kacang khas pecel.

3. Pecel Pitik

3. Pecel Pitik

Makanan khas Banyuwangi yang satu ini memiliki arti pecel ayam. Berbeda dengan pecel ayam pada umumnya, Pecel Pitik khas Banyuwangi menggunakan ayam kampung yang di beri bumbu khas rempah dan untuk kemudian di bakar hingga matang.

Baca Juga:  9 Rekomendasi Makanan Unik Yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Setelah matang, nantinya ayam akan di suwir untuk di campurkan dengan parutan kelapa muda yang sudah di beri bumbu seperti bumbu urap. Makanan yang satu ini tentunya memiliki rasa khaas yang sulit untuk dilupakan.

4. Sego Tempong

6 makanan khas banyuwangi Sego Tempong

Makanan khas Banyuwangi lainnya yang bisa kamu nikmati adalah Sego Tempong. Memiliki rasa yang lezat, makanan yang satu ini sangat cocok di nikmati kapanpun

Sego Tempong sendiri memiliki arti yakni nasi yang di tampar. Di dalamnya terdapat nasi yang di sajikan bersamaan dengan lauk pauk seperti tempe dan ikan. Tidak lupa juga dengan aneka sayuran lengkap dan juga sambal tentunya.

5. Sego Cawuk

5. Sego Cawuk

Kamu bisa menikmati aneka makanan khas Banyuwangi yang salah satunya adalah Sego Cawuk. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang terbilang unik.

Selain itu di dalamnya terdapat kuah pindang dengan campuran bumbu lainnya sehingga menambah citarasa yang nikmat dari makanan khas Banyuwangi yang satu ini.

6. Sego Kalak

6 makanan khas banyuwangi Sego Kalak

Kenikmatan sego Kalak sebagai makanan khas Banyuwangi memang tidak perlu di ragukan lagi. Secara umum nasi kalak endiri tidak berbeda dengan yang lainnya.

Di dalamnya terdapat nasi yang di campur dengan sayuran dan lauk. Hanya saja yang membuat berbeda adalah sambalnya yang sangat khas dengan nama sambal Kalak.

Nah itulah 6 makanan khas Banyuwangi yang terkenal dengan kelezatan dan keunikannya. Selain itu, makanan tersebut juga sangat cocok untuk dinikmati langsung di kotanya. Oleh karena itu, jika kamu sedang atau ingin berkunjung kesana, pastikan untuk tidak melewatkan beberapa makanan yang telah di sebutkan ya.***

Baca Juga:  Makanan Khas Toraja yang Tidak Banyak Orang Tahu