Cityawesome.com – Makanan khas Malaysia serupa makanan Indonesia. Malaysia merupakan salah satu negara yang terdekat dengan Indonesia. Selain itu Malaysia dan Indonesia sendiri terbilang masih memiliki rumpun yang sama. Oleh karena itu tidak jarang makanan Indonesia justru memiliki kembaran di negara tetangga yang satu ini.

Meskipun sekilas memiliki kesamaan, tentu keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. Mulai dari proses pembuatan hingga bahan dan rempah yang di gunakan juga berbeda.

Untuk kamu yang penasaraan, berikut ini beberapa makanan Indonesia yang serupa dengan Malaysia.

1. Cendol

cendol

Jika kamu mengira cendol hanya ada di Indonesia itu artinya kamu salah besar. Hal tersebut di karenakan cendol juga ada di Malaysia dan terbilang cukup populer.

Yang membedakan antara cendol keduanya adalah wadah penyajian, di mana cendol khas Malaysia biasannya di sajikan di mangkok aluminium. Sedangkan cendol di Indonesia sendiri biasanya di sajikan dalam gelas.

Selain itu cendol asal Malaysia memiliki tekstur yang lebih mudah putus dan ukurannya lebih tipis di bandingkan dengan cendol asal Indonesia.

2. Laksa

laksa

Makanan khas Indonesia lainnya yang ternyata memiliki kembaran di Malaysia adalah Laksa. Di Indonesia sendiri laksa memiliki berberapa jenis yang berbeda seperti laksa Bogor, laksa Medan, laksa Betawi, dan beberapa yang lainnya.

Sedangkah di Malaysia sendiri laksa yang paling populer yakni laksa Penang. Di mana bentuk mie nya sedikit lebih tebal dengan bentuk bulat berwarna putih.

Selain itu laksa Penang juga menggunakan kaldu Ikan yang di campur dengan bahan rempah lainnya. Kuah yang di hasilkan dari laksa Penang juga tidak terlalu kental dan sedikit asam yang di hasilkan oleh nanas segar.

Baca Juga:  Lezat, Ini 5 Makanan Lokal Australia yang Wajib Disantap

3. Nasi lemak

makanan malaysia serupa indonesia nasi lemak

Menjadi salah satu makanan keunggulan negeri Jiran. Nasi lemak nyatanya memiliki kesamaan dengan makanan khas Indonesia yang tidak lain adalah nasi uduk.

Yang membuat keduanya berbeda adalah rasanya di mana nasi uduk menggunakan daun salam sedangkan nasi lemak tidak. Selain itu nasi lemak juga di lengkapi dengan potongan ayam, timun, bawang goreng, dan tidak jarang juga menggunakan ikan goreng.

4. Rendang

makanan malaysia serupa indonesia rendang

Menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki kelezatan luar biasa. Nyatanya makanan ini juga menjadi makanan khas negara Malaysia. Meskipun sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang sanngat terlihat. Di mana rendang asal Malaysia memiliki warna yang cenderung merah.

Selain itu berbeda dengan rendang Indonesia yang kering, Malaysia justru memiliki rendang khas yang basah. Bahkan rendang asal Malaysia sendiri memiliki perbedaan di setiap wilayahnya masing – masing.

Tidak hanya tekstur dan warna, dari segi rempah dan bahan juga keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

5. Sate

makanan malaysia serupa indonesia sate

Meskipun begitu populer karena kelezetannya di Indonesia, Sate ternyata juga ada dan populer di Malaysia. Di mana sate yang paling terkenal adalah sate kajang. Berbeda dengan sate pada umumnya di Indonesia, sate kajang cenderung memiliki potongan daging yang lebih besar.

Sedangkan sate di Indonesia yang paling populer adalah sate Madura dengan campuran bumbu kacang yang juga ada pada sate kajang khas Malaysia.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa makanan khas Malaysia yang serupa dengan Indonesia. Namun meski memiliki beberapa kesamaan, tentunya makanan khas Malaysia dan Indonesia memiliki perbedaannya masing – masing yang justru menjadi keunggulan berbeda dari kedua negara ini.

Saat berkunjung ke Malaysia, pastikan kamu untuk mencicipi makanan khas yang serupa dengan Indonesia. Dengan begitu kamu bisa membedakannya terkait rasa dan penyajian.***