Site icon City Awesome

9 Rekomendasi Makanan Unik Yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Cityawesome.com – Makanan unik di bulan ramadan. Semua umat muslim di dunia akan melewati satu bulan istimewa yakni bulan suci ramadan. Di mana semua umat muslim akan menyambutnya dengan meriah. Hal tersebut tidak terkecuali dengan bulan ramadan di Indonesia.

Nantinya kamu akan melihat berbagai tradisi unik yang di lakukan oleh masyarakat Indonesia saat ramadan tiba. Namun tidak hanya itu saja, bahkan banyak juga kuliner yang biasanya hanya ada saat bulan ramadan.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa rekomendasi makanan unik yang hanya ada di bulan ramadan. Sehingga tentunya kamu akan jarang menemukan di luar bulan ramadan.

1. Asida

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan populer yang berasal dari Maluku. Asida sendiri biasanya bisa kamu temukan hanya saat ramadan tiba. Di mana makanan ini terbuat dari tepung terigu, gula merah, kapulaga, dan daun pandan. Secara umum makanan ini hampir serupa dengan dodol khas Garut.

2. Bangka Kopyor

Menjadi salah satu makanan yang ada di bulan ramadan. Bangka Kopyor bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa kamu nikmati sebagai menu berbuka. Selain itu makanan yang satu ini merupakan singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor.

Sesuai dengan namanya, nangka menjadi bahan utama pada menu bangka kopyor ini. Selain itu bahan lainnya yang biasa di gunakan untuk membuat makanan ini meliputi tepung terigu, buah kelapa, pisang, santan bahkan hingga roti tawar.

3. Gulai Siput

Jika kamu pecinta makanan siput, Gulai siput bisa menjadi pilihan untuk kamu nikmati saat ramadan. Di mana makanan yang satu ini berasal dari Tanjung Pinang, Kepulauan riau. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar siput yang di masak menjadi gulai seperti pada umumnya.

4. Kicak

Jika kamu berasal dari Jogja, makanan yang satu ini tentunya akan menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu nikmati. Kicak sendiri merupakan makanan yang berasal dari Jogja dan biasanya hanya ada di bulan ramadan saja. Selain itu kicak terbuat dari singkong yang di kukus dan di berikan taburan kelapa parut di atasnya.

Kamu akan bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini saat ramadan tepatnya di berbagai pasar tradisional. Bahkan tidak jarang juga kicak di beri tambahan potongan buah nangka dan daun pandan yang menambah aroma nikmat pada makanan ini.

5. Lemang

Makanan unik satu ini tidak boleh ketinggalan jika di kaitkan dengan bulan ramadan. Lemang merupakan khas Melayu dan Minangkabau. Di mana lemang terbuat dari bahan dasar ketan sehingga menghasilkan rasa yang membuat siapapun menjadi ketagihan.

Nantinya ketan tersebut akan di masak dengan bumbu khas masyarakat Minang dan menjadi salah satu jajanan favorit masyarakat muslim di Indonesia terutama saat menjelang waktu berbuka.

6. Mi Glosor

Makanan unik lainnya yang bisa kamu temukan saat bulan ramadan adalah mi glosor. Di mana makanan ini merupakan makanan khas Bogor, Jawa Barat. Sebenarnya secara umum makanan ini serupa dengan menu makanan mi pada umumnya. Glosor sendiri merupakan istilah bahasa sunda yang memiliki arti mudah di telan.

7. Pakat

Merupakan salah satu makanan unik yang biasanya hanya muncul di bulan ramadan. Pakat merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera Utara yang terbuat dari pucuk muda dari tumbuhan rotan. Biasanya pakat di olah dengan cara di bakar terlebih dahulu.

Tekstur yang di hasilkan oleh makanan satu ini terbilang sangat lembut dan lebih nikmat disajikan bersamaan dengan nasi atau sayuran lainnya.

8. Sate Susu

Makanan unik lainnya yang biasanya hanya ada di bulan ramadan adalah sate susu. Di mana makanan ini berasal dari Desa Wanasari tepatnya di Denpasar Barat. Yang membuat unik dari makanan ini adalah terbuat dari puting susu sapu yang di potong menjadi bentuk dadu dan di lengkapi dengan bumbu khas.

Berbeda dengan sate pada umumnya, bumbu sate susu terbuat dari tepung beras yang di campur dengan santan dan berbagai rempah alami lainnya yang menambah cita rasa pada makanan yang satu ini.

9. Sotong Pangkong

Kamu bisa menikmati sotong pongkong sebagai salah satu makanan khas yang biasanya hanya ada di bulan ramadan. Di mana makanan ini berasal dari Pontianak. Selain itu Sotong pokong sendiri terbuat dari bahan dasar cumi yang di keringkan dengan cara di bakar.

Makanan ini biasanya akan di sajikan dengan campuran sambal kacang. Namun tidak jarang juga menggunakan sambal asam pedas manis atau bisa juga menggunakan cuka. Sotong pokong terbilang populer dan banyak penikmatnya.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan unik yang biasanya hanya ada di bulan ramadan. Dengan begitu pastikan untuk tidak melewati beberapa list makanan di atas.***

Exit mobile version