Cityawesome.com – Masjid populer dan bersejarah di India. Masjid menjadi tempat ibadah bagi umat muslim. Tidak hanya itu saja, di beberapa negara, masjid sekaligus menjadi tempat wisata religi yang seringkali di kunjungi. Seperti halnya di India, di mana kamu bisa berkunjung ke berbagai masjid yang cukup populer dan bersejarah.

Selain itu bangunan yang ada pada masjid bersejarah di India ini memiliki arsitektur yang terkesan mewah. Pada artikel kali ini akan di berikan mengenai rekomendasi masjid yang populer dan bersejarah di India untuk bisa kamu kunjungi.

1. Masjid Adhai Din Ka- Jhonpra Ajmer

1. Masjid Adhai Din Ka- Jhonpra Ajmer

Berlokasi di Rajashtan, masjid Ahai Din Ka- Jhonpra Ajmer merupakan salah satu masjid yang populer dan tidak pernah sepi dari wisatawan. Selain itu masjid yang satu ini memiliki sejarah yaitu reruntuhan yang pada akhirnya memberikan bentuk unik pada masjid ini.

Selain itu bangunannya di awali sebagai pembangunan perguruan tinggi. Hingga kemudian di jadikan masjid yang kini menjadi salah satu masjid paling populer dan bersejarah di India.

2. Masjid Cheraman Juma

2. Masjid Cheraman Juma

Berlokaasi di Kerala, India. Kamu bisa menjadikan Masjid Cheraman Juma sebagai salah satu tujuan wisata religi yang mengesankan. Di mana masjid ini sudah di bangun sejak tahun 629 Masehi sekaligus menjadi masjid pertama di India.

Saat berkunjung kesana, kamu akan melihat arsitektur Kerala yang sangat khas yang di lengkapi dengan landmark berisi lampu minyak kuno yang bahkan sudah menyala selama ribuan tahun.

3. Masjid Haji Ali

masjid populer di India Masjid Haji Ali

Kamu bisa berkunjung ke Masjid Haji Ali sebagai tujuan wisata religi yang tidak pernah terlupakan. Masjid yang satu ini berlokasi di Mumbai dan terbilang cukup populer dengan arsitektur yang menawan di dalamnya.

Baca Juga:  8 Patung Tertinggi Di Dunia Yang Bisa Kamu Kunjungi

Selain itu kamu juga bisa sekaligus berziarah ke makan seorang sufi ternama yaitu Haji Ali Shah Bukhari. Di mana kamu akan melihat sebagian besar bangunan dari masjid ini di lapis oleh marmer putih. Termasuk juga gerbang masuk dan menara masjid.

4. Masjid Hazratbal

masjid populer di India Masjid Hazratbal

Salah satu masjid dengan arsitektur mamukau dan bersejarah di India. Masjid Hazratbal bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa kamu kunjungi. Berlokasi di pinggir danau Dal di Srinaga, masjid ini terbilang cukup populer dan tidak pernah sepi dari wisatawan.

Selain itu masjid Hazratbal juga di anggap sebagai tempat yang paling suci yang berada di negara bagian Jammu dan Kashmir. Pastikan kamu tidak melewatkan masjid ini saat berlibur ke India.

5. Bara Imambara

masjid populer di India Bara Imambara

Masjid bersejarah yang populer lainnya di India adalah masjid Bara Imambara. Di mana bangunannya dianggap sebagai bangunan tanpa penahan yang terbesar didunia.

Masjid ini di bangun pertama kali pada tahun 1784 yang berlokasi di Lucknow, Uttar Pradesh. Membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk bisa menyelesaikan bangunan yang memukau ini di mana sebagian besar bangunan terbuat dari batu bata Lakhnawi dan plesteran kapur.

6. Masjid Jama

masjid populer di India Masjid Jama, Delhi

Berlokasi di Delhi, kamu bisa menjadikan masjid Jama sebagai tujuan wisata religi. Di mana masjid ini di bangun pertama kali pada tahun 1644 dan mampu menampung hingga sekitar 25 ribu jamaah.

Di dalamnya terdapat arsitektur bangunan yang memukau dan terbilang detail lengkap dengan menara, kubah, dan berbagai lengkungan.

7. Masjid Makkah

masjid populer di India Masjid Makkah

Masjid yang satu ini berlokasi di Hyederabad dan menjadi salah satu masjid yang populer dan bersejarah di India. Kamu bisa berkunjung ke Masjid Makkah sebagai salah satu tujuan wisata religi yang sulit untuk dilupakan.

Baca Juga:  Berkunjung ke Makam Bung Karno, Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Selain itu masjid Makkah juga termasuk dalah satu masjid tertua di India. Oleh karenanya masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin beribadah sekaligus berwisata religi disana.

8. Masjid Nizamuddin Dargah

masjid populer di India Masjid Nizamuddin Dargah

Masjid yang populer dan bersejarah lainnya di India adalah masjid Nizamudin Dardah. Berlokasi di Delhi, masjid yang satu ini diambil dari nama salah satu ulama sufi yang terkenal di dunia yakni Nizamuddin Auliya.

Selain itu Masjid Nizamudin ini sudah beberapa kali mengalami renovasi. Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan melihat ruangan berbentuk persegi dengan atap kubah bergaris yang terbuat dari marmer hitam.

Itulah beberapa rekomendasi masjid yang populer dan bersejarah di India. Saat berkunjung kesana, nantinya kamu akan merasakan berwisata yang sulit untuk dilupakan karena keindahan arsitektur bangunannya.***