Cityawesome.com – Takjil khas Sumatera menu berbuka. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Tidak hanya itu saja, beragam kuliner juga bisa kamu nikmati dengan citarasa yang beragam. Terutama saat ramadan, makanan khas dari berbagai daerah biasanya di jual di pinggir jalan untuk dijadikan sebagai takjil.

Pada artikel kali ini akan di berikan rekomendasi mengenaik takjil khas Sumatera yang bisa menjadi inspirasi untuk menu berbuka puasa. Selain itu Sumatera sendiri menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki kuliner beragam dan unik dengan rasa yang nikmat.

1. Srikaya Telur

1. Srikaya Telur

Kamu bisa menjadikan srikaya telur sebagai takjil pilihan untuk menu berbuka. Makanan khas Sumatera yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dengan citarasa manis sehingga menggugah selera. Terutama saat ramadan, makanan ini bisa kamu temui dengan mudah di pedagang pinggir jalan dengan harga yang terjangkau.

Selain itu srikaya telur sendiri hampir serupa dengan puding. Namun aroma khas dari makanan ini berasal dari daun pandan yang akan membuat siapapun menjadi ketagihan.

2. Bubur Kampiun

2. Bubur Kampiun

Takjil khas Sumatera lainnya yang bisa kamu nikmati adalah bubur Kampiun. Di mana makanan ini terbilang cukup populer dan banyak di sukai terutama oleh masyarakat Sumatera. Selain itu bubur kampiun juga memiliki isian yang sangat lengkap mulai dari bubur sumsum, candil, kacang hijau, hingga ketan hitam.

Saat puasa, makanan ini sering di jadikan pilihan karena rasanya yang enak dan harganya yang cukup terjangkau.

3. Lapek Bugih

takjil sumatera menu berbuka Lapek Bugih

Menjadi salah satu makanan khas Sumatera yang terbilang cukup populer dan banyak penggemarnya. Hal tersebut di karenakan rasa yang di hasilkan oleh makanan ini sangat sulit untuk di lupakan. Dengan citarasa yang manis, makanan ini banyak di jual saat bulan ramadan.

Baca Juga:  7 Jenis Mochi Khas Jepang Yang Lezat dan Populer

Selain itu, biasanya Lapek Bugih di jual dengan harga yang terjangkau. Terbuat dari beras ketan dan santan kelapa, Lapek Bugih di bungkus dengan rapi didalam daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang menggugah selera.

4. Jejongkong

takjil sumatera menu berbuka Jejongkong

Menjadi salah satu rekomendasi takjil khas Sumatera yang banyak di sukai. Jejongkong terbuat dari sagu, tepung beras, dan juga tepung kanji. Selain itu makanan ini memiliki citarasa manis sehingga membuat siapapun menjadi ketagihan.

Dengan tekstur yang empuk, tidak salah jika makanan Jejongkong khas Sumatera ini banyak di gemari terutama saat menjelang berbuka puasa.

5. Lemang Tapai

takjil sumatera menu berbuka Lemang Tapai

Makanan khas biasanya akan di masak dengan cara tradisional. Tidak terkecuali makanan yang satu ini. Lemang Tapai sendiri merupakan makanan khas Sumatera yang selalu laris saat ramadan. Dimana proses pembuatannya sendiri terbilang unik karena di masukkan ke dalam bambu.

Terbuat dari beras ketan dan santan kelapa. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai inspirasi untuk menu berbuka puasa.

6. Kue Prahu

takjil sumatera menu berbuka

Rekomendasi takjil khas Sumatera lainnya yang bisa kamu nikmati saat berbuka adalah Kue Prahu. Sesuai dengan namanya, makanan unik yang satu ini memiliki bentuk yang serupa dengan perahu. Selain itu kue yang satu ini terbuat dari bahan tepung beras, gula merah dan santan untuk kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Makanan yang satu ini biasanya di olah dengan cara di kukus. Memiliki tekstur yang lembut dengan citarasa yang manis, makanan ini seringkali di jadikan takjil saat ramadan tiba.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khasa Sumatera yang sering kali di jadikan takjil untuk berbuka puasa. Selain itu kamu juga bisa menjadikan beberapa makanan yang telah di sebutkan untuk menjadi inspirasi menu berbuka yang berbeda.***