Cityawesome.com – Benteng terluas di Dunia. Berbicara mengenai sejarah, kamu tentunya sudah pernah mendengar istilah benteng. Di mana bangunan tersebut di jadikan sebagai pertahanan bagi kerajaan untuk menghindari berbagai serangan musuh. Tidak hanya itu saja, biasanya benteng juga di jadikan sebagai tempat pemyimpanan senjata sekaligus tempat tinggal bagi para tentara dan tidak jarang juga sebagai tempat para tahanan.

Selain itu biasanya benteng di bangun di masa kerajaan terutama saat masa perang berlangsung. Namun hingga kini di beberapa tempat masih ada sisa – sisa bangunan bersejarah berupa benteng dengan arsitektur yang memukau. Bahkan tidak jarang juga benteng yang tersisa memiliki luas yang luar biasa.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa benteng terluas di dunia.

1. Citadel of Aleppo

1. Citadel of Aleppo

Berlokasi di Suriah, terdapat salah satu peninggalan bersejarah yakni benteng Citadel of Aleppo yang sekaligus menjadi salah satu benteng terluas di dunia. Selain itu benteng yang satu ini juga di klaim sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Tidak hanya sebagai benteng terluas di dunia, nyatanya Citadel of Aleppo juga di anggap sebagai salah satu benteng tertua di dunia. Dalam sejarahnya, benteng ini pernah di kuasai oleh beberapa kerajaan sekaligus yakni Yunani, Bizantium, Ayyubiyah, dan juga Mamluk.

2. Chittor Fort

2. Chittor Fort

Beralih ke India, di mana terdapat salah satu benteng terluas di dunia. Chittor Fort tepatnya berlokasi di kota Chittorgarh dan sudah ada bahkan sejak abad ke 7 dengan luas sekitar 280 hektar.

Dalam sejarahnya, benteng ini sudah di kuasai oleh berbagai kerajaan mulai dari kerajaan Mewar, Kerajaan Dinasti Paramara, dan di lanjutkan oleh Sultan Delhi Alaudiin Khalji pada tahun 1303. Saat ini benteng Chittor Fort sudah di anggap sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO tepatnya pada tahun 2013.

Baca Juga:  Mengenal 5 Kebudayaan dan Tradisi Kuno di Suku Asmat

3. Edinburgh Castle

3. Edinburgh Castle

Rekomendasi benteng terluas lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Edinburgh. Di mana benteng yang satu ini berlokasi di Skotlandia dan menjadi salah satu bangunan sejarah yang populer di sana. Selain itu benteng Edinburgh di bangun pertama kali pada abad ke 16.

Benteng Edinburgh sendiri memiliki luas sekitar 35ribu meter persegi lengkap dengan arsitektur kuno yang bersejarah dan sayang untuk dilewatkan.

4. Königstein Fortress

Benteng terluas di dunia Königstein Fortress

Rekomendasi benteng terluas di dunia lainnya adalah Konigstein Fortress. Berlokasi di jerman, benteng ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Tepatnya berada di puncak bukti Dresden, Swiss Saxon. Benteng ini terbilang cukup populer di Eropa.

Selain itu pada beberapa bagian benteng ini sudah berusia sekitar 400 tahun di mana di dalamnya terdapat sumur yang menjadi sumur terdalam kedua di Eropa. Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan melihat sumur dengan kedalaman hingga 152 meter.

5. Benteng Keraton Buton

Benteng terluas di dunia Benteng Keraton Buton

Menjadi salah satu sisa bangunan sejarah yang ada di Indonesia. Kamu bisa mengunjungi Benteng Keraton Buton yang berlokasi di kota Bau – Bau, Sulawesi. Selain itu benteng yang satu ini juga sudah di akui oleh Guinness World Records tepatnya pada tahun 2006 dan menjadi salah satu benteng terluas di dunia yakni sekitar 23,5 hektar.

Benteng Keraton Buton sendiri di bangun pertama kali pada abad ke 16 oleh Sultan Buton III. Di mana benteng ini berhasil memberikan pengaruh terhadap kerajaann lainnya. Bahkan kesultanan buton mampu bertahan selama 4 abad tanpa adanya ancaman musuh sekalipun.

6. Mehrangarh Fort

Benteng terluas di dunia Mehrangarh Fort

Berlokasi di India tepatnya di Jodhpur, benteng ini menjadi salah satu yang terluas di dunia. Benteng Mehrangarh sendiri di bangun pertama kali pada tahun 1459 oleh Rao Jodha. Di mana tujuan awalnya adalah untuk memindahkan ibukota dari Mandore ke Jodhpur.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Tempat Paling Berhantu di Asia Tenggara

Selain itu benteng yang satu ini memiliki keindahan yang berbeda di bandingkan benteng paada umumnya. Saat ini benteng Mehrangarh menjadi salah satu pusat destinasi wisata sejarah yang tidak pernah sepi dari pengunjung.

7. Masada

Benteng terluas di dunia Masada

Merupakan salah satu benteng terluas di dunia. Masada terletak di israel sekaligus menjadi pusat wisata di sana. Selain itu benteng ini tepatnya berada di dataran tinggi batu di Distrik Selatan Israel. Dengan bangunan kuno, benteng ini nyatanya masih berdiri tegak hingga sekarang.

Hal tersebut di karenakan benteng ini terbilang memiliki lokasi yang masih terisolasi dan bahkan tidak tersentuh oleh beradaban manusia selama ribuan tahun. Di mana pada salah satu sisi berada di Gurun Yudea, dan sisi lainnya berada di laut mati.

Demikian adalah beberapa rekomendasi benteng terluas di dunia. Sehingga kamu bisa menjadikan beberapa rekomendasi di atas sebagai pilihan tujuan wisata bersejarah yang bisa kamu kunjungi.***