7 Oleh Oleh Khas Madiun yang Populer dan Praktis Dibawa Pulang

Cityawesome.com – Oleh oleh khas Madiun. Saat liburan di suatu daerah, hal yang tidak boleh ketinggalan adalah membawa oleh-oleh. Selain itu sebaiknya untuk membawa oleh-oleh yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Seperti saat berkunjung ke Madiun, ada beberapa oleh oleh yang sepertinya sangat sayang untuk dilewatkan.

Terlebih lagi banyak oleh oleh khas Madiun berupa makanan yang terkenal akan kelezatannya. Nah jika kamu penasaran, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa rekomendasi oleh oleh khas Madiun yang praktis untuk di bawa.

Oleh oleh khas Madiun

1. Brem

Untuk kamu yang belum tahu, Madiun merupakan kota yang terkenal dengan julukan kota Brem. Oleh karena itu Brem menjadi salah satu makanan ringan yang sering di andalkan sebagai oleh-oleh. Brem sendiri adalah makanan yang terbuat dari fermentasi sari ketan. Memiliki bentuk kotak persegi panjang, rasa dari brem terbilang unik yang khas dengan manis dan asam.

Untuk tekstur dari makanan ini sebenarnya padat, namun akan melebur saat masuk dalam mulut dan mengeluarkan sensasi dingin di setiap gigitannya.

2. Bluder Cokro

Bluder Cokro adalah jajanan yang cukup populer di Madiun dan seringkali di jadikan sebagai oleh oleh khas. Makanan ini bahkan sudah ada sejak tahun 1889 yang menggunakan resep dari orang Belanda. Namun seiring berjalannya waktu, Bluder Cokro di lakukan inovasi sehingga memiliki banyak varian rasa mulai dari original, cokelat, keju, kismis, dan lainnya.

Untuk citarasa dari makanan ini manis dengan tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Menariknya adalah proses pembuatannya di lakukan secara tradisional sehingga bebas dari pengawet dan harganya relatif terjangkau.

3. Lempeng Puli

Lempeng Puli adalah kerupuk yang terbuat dari bahan utama yakni Beras. Di mana pengolahannya sendiri diawali dari beras dimasak menjadi nasi kemudian di gepengkan dan di jemur hingga kering.

Untuk rasa dari kerupuk ini sebaiknya tidak perlu di ragukan lagi, Lempeng puli ditandai dengan warna yang kekuning-kuningan dan di jual dalam bentuk mentah.

4. Madumongso

Memiliki citarasa manis, Madumongso merupakan jajanan yang terbuat dari ketan hitam dan di olah menjadi tapi setelah proses fermentasi. Kemudian adonan tersebut di masak menggunakan campuran santan dan gula hingga teksturnya menyerupai dodol. Oleh karena itu tidak heran jika madumongso memiliki citarasa manis di sertai sedikit rasa asam.

Madumongso sendiri seringkali di jadikan sebagai oleh oleh khas Madiun karena di jual dengan harga yang murah.

5. Manco

Oleh oleh khas Madiun lainnya yang menarik untuk dibawa adalah Manco. Di mana manco sendiri adalah kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan. Hingga kini, kue manco sudah memiliki beberapa varian rasa yang membuat siapapun ketagihan mulai dari ketan, kacang, beras dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk tekstur dan rasa kue ini manis dan gurih. Sangat cocok untuk mengkonsumsi kue manco bersamaan dengan minuman hangat di pagi hari.

6. Sambel Pecel

Madiun terkenal akan pecel yang lezat dan membuat ketagihan. Saat datang ke kota ini, sangat di sayangkan jika tidak membawa sambel pecel sebagai oleh oleh khas. Meskipun sebenarnya sambel pecel mudah di temukan di Indonesia, namun Madiun memiliki citarasa yang berbeda.

Selain itu sangat mudah menemukan sambel pecel di Madiun karena hampir semua toko oleh-oleh di sana menyediakannya.

7. Semprong

Oleh-oleh khas Madiun lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Semprong. Terbilang cukup populer, semprong biasa di temukan saat momen hari raya idul fitri. Nah untuk kamu yang masih asing, semprong merupakan makanan yang terbuat dari campuran gula merah, air, kelapa, dan tepung tapioka. Untuk citarasanya sendiri terbilang manis dengan tekstur yang renyah.

Banyak pengunjung yang menjadikan semprong sebagai oleh oleh karena harganya relatif terjangkau.

Nah itulah beberapa rekomendasi oleh oleh khas Madiun yang terkenal lezat dan populer. Saat memilih Madiun untuk berlibur, pastikan beberapa rekomendasi makanan diatas tidak untuk dilewatkan.

Baca Juga :

***