Cityawesome.com – Makanan khas suku Minang. Indonesia kaya akan budaya yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, kuliner di dalamnya terbilang cukup di akui karena kelezatannya. Aneka kuliner dari berbagai daerah memiliki ciri khasnya masing-masing salah satunya adalah Padang. Bahkan makanan khas Minang sudah terkenal di antero nusantara dengan rumah makan Padang yang bisa kamu temui di manapun.

Untuk kamu yang belum tahu, pada artikel kali ini akan di bahas mengenai beberapa makanan khas Minang yang terkenal lezat di seluruh Indonesia.

1. Rendang

Rendang

Merupakan salah satu makanan khas Minang yang sangat populer. Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan rendang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Selain itu rendang seringkali di jadikan makanan utama pada acara tertentu seperti nikahan, bahkan hingga perayaan lebaran. Rendang sendiri memiliki citarasa pedas gurih dan sangat menggugah selera. Bahan baku pembuatan rendang biasanya terbuat dari daging sapi atau kerbau. Di campur dengan berbagai jenis rempah dan santan kelapa, rendang di masak hingga berjam-jam lamanya untuk menghasilkan tekstur yang empuk.

2. Sate Padang

2. Sate Padang

Kamu bisa menemukan menu makanan yang satu ini dengan mudah di pinggir jalan. Sate Padang merupakan salah satu makanan khas Minang yang tidak kalah populer karena kelezatan rasa yang menggugah selera. Selain itu sate padang sendiri di lengkapi dengan bumbu yang unik di mana terbuat dari berbagai rempah pilihan dan campuran kaldu ayam. Sehingga menghasilkan tekstur kental dengan rasa pedas gurih.

3. Lamang Tapai

makanan khas suku minang Lamang Tapai

Makanan khas Minang lainnya yang tidak kalah populer adalah Lamang Tapai. Di mana sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari lemang dan tapai. Untuk kamu ketahui, lemang sendiri biasanya terbuat dari bahan ketan putih yang di masak di dalam bambu muda. Sedangkan untuk tapai biasanya terbuat dari ketan hitam yang memiliki rasa asam manis. Sehingga perpaduan rasa lemang tapai ini menghasilkan citarasa yang lezat dan gurih.

Baca Juga:  5 Wisata Kuliner Bukittinggi Padang, Wajib Cicipi

4. Gulai Itik

makanan khas suku minang Gulai Itik

Menjadi salah satu makanan khas Minang yang direkomendasikan untuk kamu nikmati. Gulai itik biasanya terbuat dari itik yang sudah berusia 6 bulan. Di mana menghasilkan daging itik yang empuk dengan citarasa yang lezat dan menggugah selera. Selain itu makanan ini di lengkapi dengan bahan campuran rempah pilihan hingga rasanya terbilang sulit untuk di lupakan.

5. Sala Lauak

makanan khas suku minang Sala Lauak

Makanan ini terbuat dari bahan ikan yang di campur dengan tepung hingga menghasilkan tekstur yang serupa dengan bakso. Selain itu Sala Lauak juga di lengkapi dengan aneka rempah pilihan sehingga mambuat siapapun menjadi ketagihan. Sala Lauak sendiri biasanya di olah dengan cara di goreng hingga kering dan di sajikan bersama sambal.

6. Dendeng Batokok

makanan khas suku minang Dendeng Batokok

Kamu bisa mencicipi makanan khas Minang lainnya yakni Dendeng Batokok. Terbuat dari bahan daging sapi, secara umum makanan ini hampir serupa dengan dendeng balado. Di mana untuk membuatnya, daging sapi akan di rebus terlebih dahulu untuk kemudian di iris tipis dan di tokok hingga menghasilkan tekstur yang lebih tipis dan memungkinkan bumbu menjadi lebih meresap. Kamudian nantinya daging sapi di campur dengan minyak dan bumbu cabai.

7. Gulai Tunjang

makanan khas suku minang Gulai Tunjang

Kuliner khas Minang yang satu ini terbilang cukup terkenal karena rasannya yang sangat menggugah selera. Gulai tunjang bisa kamu nikmati di mana terbuat dari bahan kikil dan tulang lunak yang di masak dengan bumbu gulai. Selain itu gulai tunjang sendiri menghasilkan makanan dengan tekstur kenyal dan rasa pedas gurih yang mendominasi.

Nah itulah beberapa pilihan makanan khas suku Minang yang populer dan menggugah selera. Terlebih jika kamu berkunjung ke tanah Minang, pastikan untuk tidak melewatkan berbagai makanan khas di sana yang populer.***