Cityawesome.com – Rekomendasi kuliner khas Cirebon. Saat berlibur atau berwisata, wisata kuliner tentunya tidak ketinggalan untuk bisa kita kunjungi. Seperti contohnya jika kamu berkunjung ke Cirebon. Di mana kota ini populer dengan makanannya yang enak dan memanjakan lidah. Saat memilih berkunjung kesana, pastikan kamu tidak ketinggalan untuk mengunjungi aneka kulinernya.

Kali ini akan di bahas mengenai rekomendasi kuliner yang terkenal enak di Cirebon dan menjadi favorit bagi banyak orang. Berikut ulasannya !

1. Docang

1. Docang

Hampir serupa dengan pecel lontong, maupun karedok. Docang merupakan kuliner khas Cirebon di mana terdapat beberapa sayuran yang di campur dengan bumbu. Biasanya Docang terdiri dari lontong, daun singkong, touge, daun kucai, parutan kelapa, dan kerupuk sebagai pelengkap. Untuk bumbu yang di gunakan sendiri Docang menggunakan kuah dage atau oncom.

2. Empal Gentong

2. Empal Gentong

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing dengan makanan khas Cirebon yang satu ini. Empal Gentong merupakan makanan khas Cirebon yang sekilas mirip Gulai. Namun yang membuatnya berbeda adalah bahan daging yang di gunakan untuk membuat empal gentong adalah daging sapi atau kambing yang di campurkan dengan usus dan babat. Hingga saat ini empal gentong menjadi salah satu makanan sehari-hari yang dengan mudah bisa kamu jumpai.

3. Gado-Gado Ayam

3. Gado-Gado Ayam

Rekomendasi makanan khas Cirebon lainnya yang cukup memanjakan lidah adalah gado-gado ayam. Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari lontong, telur, tahu, ayam, touge, timun, dan kerupuk sebbagai pelengkap.

4. Mie Koclok

4. Mie Koclok

Merupakan salah satu makanan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Cirebon. Mie Koclok terbuat dari mie basah dan di sajikan dengan campuran kaldu ayam dan tepung tapioka hingga menghasilkan warna yang putih pekat. Selain itu makanan khas Cirebon yang satu ini biasanya di sajikan bersamaan dengan telur rebus, ayam suwir, sayur kol, tauge, dan daun bawang.

Baca Juga:  11 Rekomendasi Makanan Khas Batak yang Lezat dan Populer

5. Nasi Jamblang

kuliner khas cirebon Nasi Jamblang

Makanan khas Cirebon lainnya yang sangat menggugah selera adalah nasi Jamblang. Di mana nasi ini memiliki tampilan yang cukup unik yakni di bungkus dengan daun jati. Selain itu biasanya nasi Jamblang di sajikan dengan berbagai lauk seperti tempe, tahu, sate, semur ati, dan masih banyak lagi yang lainnya. Makanan khas yang satu ini terbilang menjadi makanan sehari-hari orang Cirebon. Oleh karena itu kamu tidak akan sulit untuk mencari penjual nasi Jamblang.

6. Nasi Lengko

kuliner khas cirebon Nasi Lengko

Memiliki arti nasi langka, makanan ini merupakan salah satu yang populer di Cirebon. Di mana nasi Lengko sendiri terbilang menjadi sajian yang sederhana. Nasi lengko biasanya di lengkapi dengan berbagai lauk seperti tahu, tempe, daun kucai, tauge, dan bumbu pecel. Tidak jarang juga nasi Lengko di nikmati bersamaan dengan sate kambing yang akan menambah kenikmatan.

7. Sate Kalong

kuliner khas cirebon Sate Kalong

Merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang cukup populer dan banyak di sukai. Sate Kalong ini tidak sesuai dengan namanya, bukan terbuat dari Kalong, melainkan sate ini terbuat dari daging kerbau ataupun sapi. Hanya saja di sebut sebagai sate kalong karena hanya di jual pada malam hari saja. Selain itu sate Kalong juga memiliki rasa yan sedikit manis dengan aroma rempah yang pekat. Biasanya sate ini di sajikan dengan bumbu kacang dan kaldu rebusan daging.

8. Tahu Gejrot

kuliner khas cirebon Tahu Gejrot

Makanan khas Cirebon yang satu ini bisa dengan mudah di temui di manapun. Terlebih lagi bicara soal rasa, Tahu Gejrot merupakan salah satu yang di sukai oleh banyak orang. Untuk kamu yang masih asing dan mungkin belum tahu, Tahu gejrot merupakan tahu mateng yang di sajikan dengan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, cabai, dann gula. Selain itu kamu juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasannya sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:  6 Makanan Khas India Yang Populer Di Dunia : Rasanya Bikin Nagih !

Demikian beberapa rekomendasi kuliner khas Cirebon yang sayang untuk dilewatkan. Saat berkunjung ke Cirebon, pastikan untuk kamu tidak ketinggalan dengan beberapa rekomendasi kuliner yang sudah di sebutkan di atas.

Baca Juga :

***