Membuat visa schengen

Siapa bilang membuat visa schengen susah dan rumit? Ternyata, kamu bisa membuat visa jalan-jalan ke seluruh negara Eropa ini setelah melengkapi beberapa persyaratan tertentu. Lalu, apa saja persyaratannya? 

Kamu bisa mengecek persyaratan membuat visa ini dengan menyimak ulasan ini. Lalu, ikuti juga cara-cara untuk membuat visa schengen beserta kisaran biaya yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa membuat visamu sendiri. 

Tentukan Tujuan Perjalanan Selama di Eropa

Mengurus visa tapi tidak tahu mau dipakai untuk liburan kemana? Coba kamu rencanakan tujuan liburan kamu sebelum benar-benar membuat visa. Jika kamu masih ragu dengan tujuan liburanmu, sebaiknya kamu susun rencana dan pikirkan secara matang. 

Ada banyak negara tujuan yang menarik untuk kamu kunjungi selama di Eropa. Masing-masing negara di benua Eropa punya ciri khas dan budaya yang berbeda. Hal inilah yang bisa menjadi daya tarik kamu untuk berkunjung ke suatu negara. 

Bukan cuma tentang budayanya, kamu juga bisa mempertimbangkan tempat wisata dan pemandangan alam seperti apa yang mau kamu lihat. Jika kamu suka dengan pemandangan alam yang menawan seperti di grafis komputer, maka kunjungilah Selandia Baru atau Swiss. 

Lengkapi Persyaratan Membuat Visa Schengen

Syarat membuat visa schengen

Setelah kamu yakin dengan negara yang kamu tuju selama jalan-jalan di Eropa, barulah kamu bisa menentukan langkah selanjutnya. Untuk membuat visa schengen, kamu harus membubuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi saat mau membuat visa ini adalah dengan melengkapi berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari dokumen paspor, pas foto, formulir visa, lembar pernyataan, jadwal penerbangan, hingga tiket pesawat. 

Jika kamu memiliki polis asuransi, kamu juga bisa menyertakan berkas dokumen tersebut untuk membuat visa. Berkas lain seperti bukti penghasilan dan aset juga bisa kamu lampirkan dalam proses pembuatan visa. 

Baca Juga:  Tempat Wisata di New Zealand yang Paling Spektakuler

Serahkan Berkas Permohonan Visa Schengen

Setelah seluruh syarat berkas dokumen selesai kamu lengkapi, segera serahkan berkas-berkas tersebut ke pihak yang berwenang. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk menyerahkan berkas. Mulai dari pihak kedutaan negara untuk menerbitkan visa atau melalui pihak VFS Global. 

Kalau kamu mau proses yang lebih mudah dan simple, kamu bisa menyerahkan berkas dokumen ke pihak VFS Global. Pihak ini merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengurusan visa schengen. 

Lakukan Wawancara 

Wawancara bikin visa

Tahap membuat visa schengen selanjutnya adalah dengan melakukan wawancara. Proses ini perlu kamu lakukan untuk mengecek ulang data diri dan berkas-berkas yang sudah kamu serahkan. 

Pihak yang akan melakukan interview pembuatan visa biasanya berasal dari pihak kedutaan besar negara tujuan. Di tahap ini, kamu bisa melakukan proses interview secara online. Kemudian, bayarkan biaya pembuatan visa di tahap akhir proses interview. 

Patokan biaya pembuatan visa yang mesti kamu bayarkan nominal berbeda-beda dan tergantung dengan negara yang kamu tuju. Namun rata-rata biaya pembuatan visa ini berkisar antara 80 ribu euro atau sekitar 1,2 juta rupiah. 

Cara Mudah Mendapatkan Visa Amerika : Siapkan Beberapa Hal Ini !

Ambil Visa Schengen di Kantor Kedutaan Besar 

Selamat! Kamu telah berhasil membuat visa kamu sendiri. Setelah berhasil melewati seluruh proses dan tahapan untuk membuat visa, kini kamu bisa mengambil buku visa kamu sendiri. Untuk mengambil visa tersebut, kamu bisa mengambilnya di kantor kedutaan besar negara tujuan. 

Misalnya saja, kamu berencana liburan ke Selandia Baru. Maka, kamu harus mengambil visa tersebut di kantor Kedutaan Besar Selandia Baru untuk Indonesia. Setelah itu, barulah kamu bisa memakai visa tersebut untuk jalan-jalan berkeliling Eropa. 

Baca Juga:  5 Kota dan Destinasi Terindah di Ukraina

Baca Juga :

***