Cityawesome.com – Kampung adat di Indonesia. Berbicara mengenai kampung adat, di Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi dengan adanya sistem adat yang beraneka ragam. Selain itu adat istiadat juga masih sangat melekat di negeri kita ini. Menurut sensus penduduk, setidaknya ada lebih dari 300 etnik dan 1340 suku bangsa di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan tidak jarang juga beberapa di antaranya menjadi ternama dan populer di Dunia.

Kembali lagi ke kampung adat, mungkin kamu penasaran kampung adat mana saja yang populer hingga mendunia? Pada artikel kali ini akan di berikan beberapa rekomendasinya untuk menambah pengetahuan.

1. Kampung Naga, Tasikmalaya

1. Kampung Naga, Tasikmalaya

Mungkin kamu masih asing dengan istilah kampung Naga. Berada di Tasikmalaya, kampung Naga merupakan salah satu kampung adat yang populer dan mendunia. Selain itu kampung adat yang satu ini juga menyimpan keindahan alam yang masih alami dan asri. Kamu bisa berkunjung kesana untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda. Bahkan masyarakat asli dari kampung Naga juga sangat ramah dan welcome untuk wisatawan asing yang datang.

2. Kampung Adat Dayak Pampang, Kalimantan Timur

2. Kampung Adat Dayak Pampang, Kalimantan Timur

Merupakan suku yang terbilang cukup populer bahkan tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga dunia. Dayak memiliki kampung adat yang lokasinya berada di Kalimantan Timur. Selain itu suku Dayak sendiri terkenal dengan adat yang kaya dengan kemegahan seninya. Kamu bisa melihat hal tersebut dari rumah adat suku dayak yang di lengkapi dengann berbagai dekorasi dan ukiran khas Dayak. Bahkan kampung adat Dayak Pampang juga sudah di resmikan menjadi desa wisata di Indonesia tepatnya pada tahun 1991.

3. Desa Way Rebo

3. Desa Way Rebo

Sudah banyak di bahas di berbagai sumber, desa Way Rebo yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu kampung adat yang cukup populer. Bahkan lebih dari itu Desa Way Rebo juga terkenal hingga ke manca negara. Hal ini di karenakan keunikan dari rumah adat yang unik dan berbentuk kerucut. Tidak main-main, Desa Way Rebo juga sudah terdaftar sebagai salah satu situs kekayaan dunia yang di akui oleh UNESCO.

Baca Juga:  Fakta Sejarah Atlantis yang Hingga Kini Masih Belum Ditemukan

4. Kampung Trunyan, Bali

4. Kampung Trunyan, Bali

Jika berkunjung ke Bali, kamu bisa mampir ke Kampung adat Trunyan. Di mana masyarakatnya masih sangat kental dengan adat dan budaya. Selain itu kampung adat Trunyan juga memiliki pemandangan alam yang memanjakan mata. Bahkan jika beruntung saat berkunjung kesana kamu akan bisa melihat prosesi pemakaman jenazah yang masih di lakukan secara tradisional yakni bukan di kubur atau di bakar malainkan di letakkan di bawah pohon TeruMenyan untuk bisa menyatu dengan tanah.

5. Kampung Adat Suku Baduy, Banten

5. Kampung Adat Suku Baduy, Banten

Berada di Banten, siapa yang tidak kenal dengan suku Baduy. Suku yang hingga saat ini belum terjamah teknologi dan menjadi suku yang populer hingga mendunia. Kampung adat dari suku Baduy sendiri akan bisa kamu ketahui dengan ciri khas masyarakatnya yang sering menggunakan pakaian dengan warna putih dan biru tua. Selain itu masyarakat suku Baduy juga terkenal ramah dan bisa menerima kedatangan tamu dan wisatawan yang ingin berkunjung kesana.

6. Kampung Adat Sijunjung, Sumatera Barat

6. Kampung Adat Sijunjung, Sumatera Barat

Sumatera juga tidak tertinggal dengan kampung adat yang mendunia. Salah satunya adalah Kammpung adat Sijunjung yang berada di Sumatera Barat. Selain itu kampung adat yang satu ini juga di jadikan sebagai desa wisata yang bisa memberikan ilmu dan pengalaman baru mengenai kehidupan masyarakat Sumatera Barat. Nantinya saat berkunjung kesana kamu akan melihat keindahan dari rumah adat gadang yang berjejer rapi dan berhadapan satu sama lain.

7. KeteKesu, Sulawesi Selatan

7. KeteKesu, Sulawesi Selatan

Rekomendasi kampung adat lainnya yang cukup populer dan mendunia adalah kampung Kete Kesu. Lokasinya sendiri berada di Sulawesi Selatan dan memiliki keunikan rumah adat yang terbilang megah. Selain itu masyarakat kampung Kete Kesu juga masih memegang teguh warisan dari leluhur mereka. Seperti contohnya adalah penguburan jenazah yang dilakukan di dinding batu.

Baca Juga:  7 Landmark Populer dan Bersejarah di Italia

8. Gumantar, Lombok

8. Gumantar, Lombok

Beralih ke Lombok, kamu bisa mengunjungi kampung adat Gumantar. Dimana kampung ini memiliki kekayaan leluhur yang masih di pertahankan di era modern saat ini. Nantinya saat kamu memilih untuk berkunjung ke kampung adat Gumantar, maka tidak jarang akan melihat rumah tradisional yang terbuat dari bambu.

Demikian beberapa rekomendasi kampung adat yang populer dan mendunia untuk bisa kamu kunjungi. Nikmati pengalaman berlibur yang berbeda dengan berwisata ke kampung adat yang kaya akan tradisi dan budayanya.

Baca Juga :

***