Gundaling Farm Berastagi

Apa yang menarik dari destinasi wisata Gundaling Farm Berastagi? Bila selama ini kamu menganggap tempat wisata tersebut sebagai tempat peternakan sapi, maka anggapanmu salah besar. 

Selain menjadi lokasi peternakan sapi, Peternakan Gundaling juga menjadi tempat wisata edukasi dan wisata kuliner yang wajib kamu datangi. Lalu, dimana lokasi wisata ini? Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kamu simak di ulasan berikut ini! 

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Peternakan ini terletak di lokasi dan wilayah yang strategis. Lebih tepatnya, lokasi peternakan ini berada di Jl. Pendidikan, Berastagi, Kabupaten Karo. Saat mencari lokasinya kamu nggak butuh bantuan Google Maps kok. Sebab, lokasi peternakan ini berada di ruas jalan raya. 

Jika kamu berminat datang ke lokasi wisata ini, kamu nggak perlu menyiapkan biaya untuk beli tiket masuk. Sebab, untuk masuk ke peternakan ini kamu nggak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Tapi, untuk bisa menikmati fasilitas di dalamnya kamu harus membayar secara terpisah. 

Jam operasional Peternakan Gundaling ini buka mulai pukul 10 pagi dan tutup sekitar pukul 5 sore. Sedangkan untuk restorannya akan tutup sekitar pukul 8 malam. Jadi, kamu bisa berkunjung masuk ke wisata ini dalam tentang waktu tersebut. 

Asal-usul Gundaling Farm Berastagi

Asal usul sejarah Gundaling Farm Berastagi

Sebelum beralih menjadi tempat wisata populer di Berastagi, Peternakan Gundaling ini dulunya berawal dari bisnis pupuk. Pendirinya ingin merintis usaha pupuk organik dengan membeli beberapa sapi perah. Kotoran-kotoran sapi itulah yang nantinya akan diolah menjadi pupuk organik. 

Seiring berjalannya waktu, usaha ini pun beralih karena lebih banyak membuat produk olahan susu sapi ketimbang pupuk. Fokus bisnis pun berubah haluan dengan mengutamakan produk olahan susu. 

Baca Juga:  Harga Tiket dan Wahana Menarik Barusen Hills Ciwidey Bandung

Sejak itulah, produksi pupuk berhenti dan beralih 5%t produksi olahan susu. Karena permintaan produk olahan susu semakin meningkat, jumlah sapi perah pun bertambah. Atas dasar itulah, akhirnya berdiri sebuah peternakan sapi untuk memproduksi susu menjadi olahan produk lain. 

Wisata Edukasi Peternakan

Peternakan yang dulunya berfungsi sebagai tempat produksi susus sapi perah, kini telah beralih menjadi wisata edukasi. Maka dari itu, wisata ini pun diberi nama Gundaling Farm Berastagi. 

Kamu bisa belajar banyak hal terkait produksi susu dari awal sampai akhir di tempat ini. Nggak heran kalau wisata edukasi ini selalu ramai oleh rombongan mahasiswa atau siswa yang ingin belajar. Sebab, peternakan ini menjadi tempat yang tepat untuk belajar tentang peternakan dan produksi susu sapi. 

Selma proses belajar, kamu juga bisa mencoba memerah susu sapi sendiri. Seorang petugas akan mendampingi kamu selama memerah susu sapi. Kemudian, susus sapi yang kamu perah tersebut bisa kamu minum setelah melewati proses pasteurisasi. 

Biaya untuk minum perahan susu sapi ini berkisar dengan harga 5 ribu rupiah untuk susu murni. Sedangkan harga susu murni per liternya bisa kamu beli seharga 20 ribu rupiah. Tapi, kalau kamu ingin membeli produk susu olahan seperti keju atau susu UHT dengan berbagai rasa juga tersedia di sini. 

Berburu Durian di Kebun Durian Warso Farm yang Viral

Menu Makanan di Gundaling Farm Berastagi

Menu di restoran

Gundaling Farm Berastagi tidak hanya punya wisata edukasi berupa peternakan, tapi juga punya wisata kuliner berupa restoran. Lokasi restoran ini masih berdekatan dan satu area dengan Peternakan Gundaling. 

Restoran ini menawarkan berbagai macam menu masakan yang terbuat dari bahan olahan susu sapi. Mulai dari menu pizza, cheese platter, beef panggang Karo, dan keju batangan. Seluruh menu tersebut bisa kamu beli dengan kisaran harga mulai dari 30 ribu rupiah. 

Baca Juga:  Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Jogja

Baca Juga :

***