Lautan terluas di dunia

Berbicara tentang lautan terluas di dunia pasti identik dengan luasnya yang luar biasa. Bukan lagi perkara berukuran ribuan atau ratusn ribu kilometer, beberapa lautan berikut ini justru memiliki luas sekitar jutaan kilometer persegi. 

Dengan luas sebesar itu, maka tak heran kalau beberapa lautan berhasil masuk ke dalam daftar laut paling luas sedunia. Lantas, apa saja lautan yang berhasil masuk ke dalam kategori ini? Berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Lautan Terluas di Dunia, Laut Mediterania

Lautan mediterania terluas di dunia

Berada di sekitar wilayah yang tertutup oleh daratan tak membuat area Laut Mediterania berkurang. Justru, lautan ini menjadi salah satu yang paling luas sedunia. Dengan luas mencapai 2,5 juta kilometer persegi, tak heran kalau lautan ini menjadi area pelayaran tersibuk di dunia. 

Laut Mediterania juga terkenal sebagai lautan penghasil minyak bumi terbaik. Setiap tahunnya, ada sekitar 370 juta ton minyak yang dihasilkan dari lautan ini. Ada sekitar 200 sampai 300 kapal tanker minyak yang melintas di lautan ini untuk mengangkut hasil minyak bumi. 

Laut Karibia

Laut karibia

Kalau kamu mencari lautan terluas di dunia yang terkenal dengan keindahannya, maka Laut Karibia adalah jawabannya. Lautan ini memiliki kondisi air laut yang jernih dan bersuhu hangat. Rata-rata suhu air Laut Karibia berkisar di angka 24 derajat Celcius. 

Kualitas air lautnya pun tergolong tidak terlalu asin bila dibandingkan dengan rasa air laut yang lainnya. Hal inilah yang membuat Laut Karibia menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menjanjikan. Kamu bisa berlibur di lautan ini sambil melihat berbagai jenis biota laut khas Laut Karibia. 

Lautan Terluas di Dunia, Laut Arab

Lautan terluas di dunia, laut arab

Sebagai salah satu dari 5 daftar lautan paling luas sedunia, Laut Arab memiliki luas total sekitar 3,8 juta kilometer persegi. Saking luasnya, lautan ini membelah Semenanjung India dan Arab di bagian barat laut Samudera Hindia. 

Baca Juga:  Top 5 Kopi Asli Indonesia Yang Populer Dan Mendunia

Lautan ini juga telah melewati beberapa negara yang ada di kawasan Arab. Mulai dari Yaman, Oman, India, Pakistan, Somalia, Iran, dan Maladewa. Seluruh negara tersebut terletak di pinggiran garis Laut Arab. 

Karena itulah, Laut Arab terpilih menjadi salah satu arus perdagangan utama yang menghubungkan India dengan negara-negara Eropa. Posisi ini sudah berlangsung sejak lama dan berabad-abad. Dengan begitu, nggak heran kalau Laut Arab menjadi kawasan transportasi dan perdagangan pada saudagar kaya. 

Laut Bering 

Laut bering

Selanjutnya adalah Laut Bering. Sebagai salah satu lautan terluas di dunia, Laut Bering memiliki luas mencapai 2,2 juta meter persegi. Lautan ini terletak di antara Alaska dan Siberia, sehingga cuacanya seringkali tak menentu. 

Lautan yang luas ini juga menjadi tempat tinggal bagi makhluk hidup laut lainnya. Menurut data Alaska Department of Fish and Game, ada sekitar 400 jenis ikan yang tinggal di Laut Bering.  Sayangnya, aktivitas penangkapan ikan yang terjadi secara besar-besaran membuat beberapa jenis ikan di Laut Bering menjadi langka. 

Penangkapan ikan secara tidak bertanggung jawab ini yang menyebabkan beberapa biota laut menjadi punah. Apabila hal semacam ini terus terjadi dan tidak ada aturan yang melarang, maka bisa saja menyebabkan kepunahan dalam skala besar.

8 Museum Bawah Laut Bersejarah dan Terkenal di Dunia

Lautan Terluas di Dunia, Laut China Selatan 

Laut china selatan

Luas Laut China Selatan adalajbsekitar 2,9 juta kilometer oersegi. Dengan luas lautan sebesar ini, tak heran kalau Laut China Selatan memiliki berbagai jenis biota laut yang beragam. Uniknya, bukan cuma biota laut saja yang menjadi ciri khas lautan ini. Ada sekitar 100 pulau kecil yang tersebar di Laut China Selatan. 

Baca Juga:  5 Spot Menarik Wisata Bukit Sibea-bea yang Viral

Sebagian besar pulau-pulau yang tersebar di lautan ini memang tidak berpenghuni. Namun, ada juga beberapa pulau kecil yang berfungsi untuk hal lain. Salah satunya adalah menjadi rumah bagi para nelayan dan penangkap ikan di Laut China Selatan. 

Baca Juga :

***