Cityawesome.com – Wisata Candi Plaosan. Saat kamu memiliki waktu untuk berlibur, wisata sejarah bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu pilih. Pasalnya, wisata sejarah memungkinkan kamu untuk bisa mengenal sejarah masa lalu dan menambah wawasan baru.

Seperti candi salah satunya, mungkin kamu sudah tidak asing mendengar wisata candi Prambanan dan Borobudur. Namun untuk kamu ketahui, di Indonesia sendiri sangat banyak candi sisa jaman kerajaan yang masih berdiri tegak hingga saat ini.

wisata candi plaosan

Berbicara mengenai candi, terdapat salah satu wisata sejarah tepatnya di Klaten, Jawa Tengah. Selain itu lokasinya sendiri tidak jauh dari candi Prambanan. Candi tersebut bernama Candi Plaosan yang di bangun pada abad ke 9 dan cukup menarik perhatian banyak wisatawan.

Meskipun tidak begitu populer seperti candi Prambanan dan Borobudur, namun candi Plaosan sendiri memiliki pesona dan daya tarik sehingga tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung.


Daya tarik candi Plaosan

Setiap wisatawan yang berkunjung ke candi ini tentunya akan mengambil gambar dan dokumentasi. Bagaimana tidak, candi Plaosan sendiri memiliki arsitektur yang mengkombinasikan antara pengaruh Buddha dan Hindu.

Secara umum, relief yang ada pada candi Plaosan ini tidak jauh berbeda dengan candi Borobudur, Candi Sari, dan Sewu. Selain itu menurut sejarah, candi ini mengisahkan tentang Ramayana sehinga setiap kisahnya memberikan pengaruh yang baik untuk kehidupan.

wisata candi plaosan

Candi Plaosan di bagi menjadi 3 halaman utama dengan denah yang berbentuk persegi dan memiliki 2 candi induk. Nantinya saat berada di halaman utama maka kamu akan melihat batu dan arca yang belum tersusun.

Di kenal sebagai contoh bentuk dari toleransi beragama, hal ini di karenakan pada masa kejayaan candi Plaosan hadir seorang putri Samarattungga yang berasal dari Dinasti Syailendra yang memeluk agama Buddha. Kemudian di waktu yang bersamaan hadir juga Rakai Pikatan yang memeluk agama Hindu. Hingga keduanya memerintah Kerajaan Mataram Kuno sekaligus membangun berbagai candi megah di pulau Jawa.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Masjid Populer dan Bersejarah di India

Lokasi wisata candi Plaosan

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke candi Plaosan, candi ini berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Untuk jarak pastinya sendiri tidak jauh dari pusat kota Klaten bahkan hanya berjarak sekkitar 15 KM.

Selain itu candi Plaosan di bagi menjadi 2 bagian yakni di sebelah utara di namakan candi Plaosan Lor. Lalu pada bagian selatan, di sebut dengan candi Plaosan Kidul.


Pesona relief candi Plaosan

Berbicara mengenai candi, tentunya tidak ketinggalan dengan istilah relief yang berarti ukiran dalam candi tersebut. Pada candi plaosan sendiri terdapat beberapa bagian relief yang indah dan membuat kagum semua pengunjung.

Seperti pada candi perwara Selatan yang memiliki 3 relief dan dipahat di dinding luar sisi selatan. Dimana pada relief ini di gambarkan seorang tokoh bermahkota Jatamukuta yang kedua tangannya memegang bunga teratai.

wisata candi plaosan

Kemudian pada candi Perwara Utara yang reliefnya di pahatkan di dinding luar bagian utara, selatan dan timur sekaligus.

Selain itu ukirannya juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan candi pewara selatan. Hannya saja yang membedakan adalah pada tangan kiri tokoh tersebut memegang teratai dan kanannya memegang upawita di bagian kiri.


Demikian penjelasan mengenai pesona keindahan dan fakta unik wisata candi Plaosan yang berada di Klaten, Jawa Tengah. Jika kamu ingin berkunjung kesana, harga tiket yang harus di bayarkan terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5000 perorang.

Baca Juga :

Baca Juga:  4 Wisata Sejarah dan Kota di Phuket Yang Menarik

***