Cityawesome.com – Benteng Fort Rotterdam. Mengenal wisata sejarah yang ada di Makassar yakni Benteng Rotterdam. Di mana lokasinya berada tepat di pusat kota Makassar dengan bangunan arsitektur bergaya Eropa pada abad pertengahan. Bagaimana tidak, bangunan tersebut di bangun pertama kali pada tahun 1673.

Selain itu untuk luasnya, Benteng Fort Rotterdam berdiri di atas lahan dengan luas 2,5 hektar. Terdapat setidaknya 16 bangunan yang di bangun dengan luas 11.605 meter persegi. Saat berkunjung kesana nantinya kamu bisa belajar mengenai sejarah atau sekedar untuk mengambil gambar saja.

Berikut ulasan mengenai Benteng Fort Roterdam yang bisa menjadi referensi !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Benteng Fort Roterdam beralamatkan di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90171. Tepatnya hanya berjarak 1 KM saja dari pantai Losari.

benteng fort rotterdam

Selain itu harga tiket masuk yang di tetapkan juga terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5 ribu perorang. Dengan begitu kamu bisa membawa seluruh keluarga untuk menikmati hiburan dan keindahan yang ada di sana.

Sebagai informasi tambahan, Benteng Fort Rotterdam juga masuk dalam pengawasan kantor Badan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan. Untuk jam operasionalnya, benteng ini di buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Daya tarik dan aktifitas wisata Benteng Fort Rotterdam

Di dalam kawasan Benteng Rotterdam, kamu bisa melakukan berbagai aktifitas seru dan menyenangkan. Terlebih lagi banyak spot menarik yang bisa di kunjungi seperti salah satunya adalah museum.

Nantinya untuk bisa masuk ke Benteng Rotterdam, kamu harus melewati pintu yang tidak terlalu lebar. Di mana pada pintu gerbang utamanya berada di Barat Benteng dan terbuat dari kayu dengan daun pintu kembar. Pengunjung akan bisa menemukan 5 bastion yang terhubung di antara dinding benteng.

Baca Juga:  Tips Aman Berkunjung ke Wisata Curug ParigiĀ 

Untuk lebih detailnya lagi, berikut ini beberapa aktifitas wisata yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Benteng Rotterdam :

benteng fort rotterdam

1. Spot foto unik

Di karenakan Benteng Fort Rotterdam merupakan salah satu peninggalan bersejarah, tentu arsitektur bangunannya sendiri terkesan cukup unik. Di dalam Benteng Rotterdam terdapat 13 bangunan yang bahkan hingga kini masih terbilang cukup kokoh berdiri. Selain itu di lengkapi juga dengan taman hijau yang terawat sehingga cantik untuk di jadikan tempat swafoto.

Pada bagian dalam benteng, kamu akan menemukan tempat yang penyewaan kostum ala Belanda untuk melengkapi pengalaman berfoto.

2. Belajar sejarah

Menurut sejarahnya, Benteng Fort Rotterdam ini memiliki nama asli Benteng Ujung Pandang dan di bangun oleh Raja Gowa-Tallo ke 9. Kemudian setelah perjanjian Bongaya pada tahun 1667, Benteng tersebut di serahkan kepada Belanda dan di gunakan untuk menampuh rempah-rempah. Hingga oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yakni Cornelis Janzoon Speelman, Benteng Ujung Pandang di ubah namanya menjadi Fort Rotterdam.

benteng fort rotterdam

3. Mengunjungi Museum La Galigo

Wisata sejarah yang satu ini terbilang cukup terawat bahkan tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga di Asia. Bahkan tidak sedikit pelajar dari luar daerah sengaja berkujung ke Benteng ini untuk melihat koleksi yang ada di Museum La Galigo.

Di dalam Museum La Galigo, kamu akan bisa melihat artefak mengenai Tana Toraja. Setidaknya ada sekitar 5 ribu koleksi yang meliputi koleksi prasejarah, numismatik, keramik asing, sejarah, naskah, bahkan hingga etnografi. Untuk pembangunannya sendiri Museum ini pertama kali di dirikan pada tahun 1970.

4. Terdapat ruang tahanan Pangeran Diponegoro

Siapa yang mengira bahwa di dalam Benteng Fort Rotterdam ini terdapat ruang tahanan dari pahlawan Pangeran Diponegoro. Hal tersebut jugalah yang menjadi daya tarik benteng ini di karenakan kamu akan menemukan ruang tahanan sempit di dalamnnya.

Baca Juga:  Info Lokasi dan Fasilitas Wisata Villa Khayangan Sukamakmur

Perang Diponegoro sendiri berakhir karena Pangeran Diponegoro dijebak oleh Belanda saat sedang mengikuti perundingan damai. Di mana beliau akhirnya di tempatkan pada sebuah sel penjara dengan dinding kokoh melengkung.

Demikian informasi dan penjelasan mengenai wisata sejarah Benteng Fort Rotterdam yang bisa kamu kunjungi. Dapatkan pengalaman sejarah yang berbeda dan mengesankan saat berkunjung kesana nantinya !

Baca Juga :

***