Cityawesome.com – Kota terkecil di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki luas daratan sebesar 1.811.570 KM persegi di mana terbagi dalam 34 provinsi dan 98 kota di dalamnya. Menjadi negara yang cukup luas, Indonesia tentu di lengkapi dengan keberagaman dan budaya yang menarik dan berbeda-beda.

Namun jika berbicara mengenai kota di Indonesia, luas wilayahnya juga tergolong berbeda-beda. Berikut ini deretan kota/kabupaten terkecil yang ada di NKRI untuk kamu ketahui.

1. Sibolga

sibolga

Berada di Pantai Barat Sumatera, Sibolga menjadi kota/kabupaten terkecil pertama yang ada di Indonesia. Di mana untuk luasnya hanya mencapai 10,77 KM persegi. Kota yang satu ini terbagi menjadi 4 kecamatan dan 17 kelurahan. Bahkan lebih dari itu, kecilnya kota Sibolga memiliki jumlah penduduk sekitar 89 ribu jiwa. Sehingga jika di akumulasikan rata-rata kepadatan penduduknya kota ini memiliki 8.318 jiwa per 1 KM.

2. Magelang

magelang

Berlokasi di provinsi Jawa Tengah, Magelang juga termasuk dalam salah satu kota/kabupaten terkecil di NKRI. Bagaimana tidak, luasnya saja hanya mencapai sekitar 18,54 KM persegi. Di mana dengan jumlah penduduk yang berkisar 122 ribu jiwa, kota ini hanya terbagi menjadi 3 kecamatan saja.

3. Mojokerto

mojokerto

Deretan kota terkecil lainnya yang ada di Indonesia adalah Mojokerto. Kota yang satu ini hanya memiliki luas daerah sekitar 20,21 persegi yang terdiri dari 3 kecamatan dan 18 kelurahan. Mojokerto memiliki jumlah penduduk sekitar 135 ribu jiwa.

4. Padang Panjang

padang panjang

Tidak hanya Bukittinggi, kota Padang Panjang merupakan kota yang berasal dari provinsi Sumatera Barat dan termasuk dalam salah satu kota terkecil di Indonesia. Luasnya sendiri hanya berkisar 23 KM persegi dan memiliki penduduk sekitar 57 ribu jiwa. Selain itu kota Padang Panjang juga di anggap sebagai salah satu kota terpadat yang ada di Sumatera Barat.

Baca Juga:  Wisata Sumber Gempong : Jam Buka, Lokasi, dan Daya Tarik !

5. Bukittinggi

kota terkecil di Indonesia bukittinggi

Beralih ke pulau Sumatera, Bukittinggi menjadi bagian dari salah satu kota terkecil di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 25,239 KM persegi dan di huni oleh sekitar 122 ribu jiwa. Selain itu sebagai informasi tambahan, Bukittinggi pernah menjadi ibukota pemerintahan darurat RI menggantikan Yogyakarta tepatnya pada tahun 1948.

6. Yogyakarta, DIY

kota terkecil di Indonesia yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal kota wisata yang satu ini, Yogyakarta nyatanya menjadi salah satu kota terkecil di Indonesia. Memiliki luas sekitar 32,50 KM persegi, Yogyakarta memiliki penduduk yang berjumlah sekitar 375 ribu jiwa. Dengan luasnya yang tergolong kecil, Yogyakarta di juluki sebagai salah satu kota terpadat di NKRI.

7. Blitar, Jawa Timur

kota terkecil di Indonesia blitar

Merupakan salah satu kota/kabupaten terkecil yang ada di Indonesia, di mana Blitar memiliki luas sekitar 32,58 KM persegi saja. Selain itu untuk jumlah penduduknya sendiri, kota yang populer dengan nasi Ampok ini setidaknya di huni sekitar 150 ribu jiwa.

8. Pasuruan

kota terkecil di Indonesia pasuruan

Kota Pasuruan berada di provinsi Jawa Timur dan menjadi salah satu kota terkecil yang ada di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 36,57 KM persegi dengan jumlah penduduk yang mencapai 186 ribu jiwa.

Demikian informasi mengenai deretan kota/kabupaten terkecil yang ada di Indonesia. Dari beberapa kota yang telah disebutkan, apakah ada salah satunya kota kelahiranmu? Meskipun menjadi bagian dari kota terkecil di RI, namun berbicara mengenai wisata, 8 kota diatas memiliki pesona keindahan yang tidak kalah dengan kota besar lainnya !

Baca Juga :

Baca Juga:  Harga Tiket Masuk dan Aktivitas Wisata Kampung Karuhun

***