Cityawesome.com – Wisata pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis terletak di Yogyakarta, menjadi salah satu rekomendasi wisata pantai yang hingga kini masih kental dengan mitos Nyi Roro Kidul. Meskipun masyarakat banyak percaya dengan adanya mitos tersebut, namun pantai ini masih tidak luput dari perhatian wisatawan dan selalu ramai setiap harinya.

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai keindahan pantai Parangtritis sekaligus dengan mitos yang banyak di percaya masyarakat mengenai pantai ini.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pantai Parangtritis berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55772. Tepatnya berjarak sekitar 25 KM dari pusat kota Yogyakarta.

wisata pantai parangtritis

Harga tiket yang harus di bayarkan untuk bisa menikmati keindahan pantainya terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 10 ribuan saja. Sedangkan jam operasional dari pantai ini di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu kamu akan bisa datang kapanpun sesuai dengan keinginan.


Aktivitas wisata pantai Parangtritis

Beragam aktifitas wisata bisa kamu lakukan saat berkunjung kesana. Hal tersebut jugalah yang menyebabkan banyaknya wisatawan datang hingga mencapai 94 ribu orang perhari terutama di musim liburan.

wisata pantai parangtritis

Adapun beberapa aktifitas wisata pantai Parangtritis di antaranya adalah :

1. Keindahan pemandangan pantai

Saat berkunjung ke pantai Parangtritis, memungkinkan kamu untuk menikmati keindahan panorama berupa gunung pasir di sekitar kawsan pantai. Selain itu deburan ombak besar yang langsung menghadap ke Samudera Hindia menambah keindahan pemandangan yang ada.

Menariknya lagi, di pantai Parangtritis ini tersedia payung besar untuk dijadikan tempat berteduh ataupun sekedar bersantai.

2. Bermain air

Di bibir pantai, nantinya pengunjung bisa melakukan aktivitas bermain air. Namun jika membawa anak, pastikan untuk tetap mengawasi pergerakan anak. Hal ini di karenakan ombak yang ada terbilang cukup besar. Selain itu jika musim dingin biasanya akan ada ubur-ubur menepi di pantai.

Baca Juga:  Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk Terbaru The Heritage Palace

3. Naik kuda

Aktifitas lainnya yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pantai Parangtritis ini adalah berkuda. Nantinya pengunjung bisa menikmati waktu sambil berkeliling area pantai. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki pengalaman berkuda. Penyewa akan mendampingi wisatawan dalam memacu kuda.

4. Penyewaan ATV

Tidak hanya kuda, berkunjung ke pantai ini memungkinkan kamu untuk bisa menyewa ATV. Mengendarai ATV akan lebih menyenangkan karena kamu bisa melewati gundukan pasir yang ada di kawasan sekitar bibir pantai. Sebagai informasi tambahan, ATV yang di sewa bisa di naiki hingga maksimal 2 orang.

5. Pemandian umum

Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar. Oleh karena itu biasanya pengunjung di larang untuk berenang diarea pantai. Sebagai alternatif, pihak pengelola menyediakan fasilitas lain berupa pemandian umum yang bisa di manfaatkan. Menariknya lagi, air pemandian yang ada di sana mengandung belerang dan di percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

6. Paralayang

Nah untuk kamu yang berani mamacu adrenalin, Paralayang bisa menjadi rekomendasi aktifitas yang di lakukan di pantai ini. Nikmati keseruan melayang di udara dari atas bukit di tepi pantai.

7. Surfing

Jika musim kemarau tiba, ombak pantai ini bisa mencapai ketinggian 3 meter. Oleh karenanya kamu bisa melakukan aktifitas surfing untuk menaklukkan ombak. Lebih dari itu, pantai Parangtritis memang sering kali di jadikan sebagai lokasi untuk berkompetisi surfing tingkat nasional.


Mitos Pantai Parangtritis

Tidak hanya keindahan wisata dan beragam aktifitas yang bisa di lakukan. Pantai Parangtritis masih kaya akan mitosnya yang bahkan di percaya oleh masyarakat. Lalu apa saja mitos seputar pantai Parangtritis? Berikut beberapa di antaranya :

wisata pantai parangtritis
  • Merupakan gerbang kerajaan dari Nyi Roro Kidul
  • Pengunjung dilarang menggunakan baju hijau. Hal ini dikarenakan Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau sehingga jika menggunakan baju hijau maka akan ditarik ke bawah laut.
Baca Juga:  Wisata Taman Batu Purwakarta, Aktifitas dan Harga Tiket Terbaru

Fasilitas wisata Pantai Parangtritis

Wisata pantai Parangtritis dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Oleh karena itu tidak heran jika fasilitas wisatanya tergolong cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas penunjang yang akan membuat liburan di pantai ini semakin menyenangkan adalah :

wisata pantai parangtritis
  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi
  • Toko souvenir dan oleh-oeh
  • Warung dan toko di sepanjang jalan

Nah itulah informasi mengenai wisata Pantai Parangtritis yang menarik untuk dikunjungi. Jika berbicara mengenai mitosnya, apakah kamu termasuk orang yang percaya?

Baca Juga :

***