Cityawesome.com – Wisata Kampung Karuhun. Kampung Karuhun, sekilas nama ini seperti nama kampung pada umumnya. Berada di wilayah Sumedang, Kampung Karuhun tidak lain adalah taman dengan konsep modern namun tetap menjunjung nuansa alam dan kearifan budaya lokal.

Selain itu Kampung Karuhun ini menjadi salah satu rekomendasi tepat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih lagi lokasinya berada di daerah dataran tinggi yang jauh dari keramaian kota. Kamu akan betah menghabiskan waktu berlama-lama di sana.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai Kampung Karuhun berdasarkan tiket dan daya tarik yang ada.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Kampung Karuhun berada di Jl. Pagarbetis, Citengah, Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45311. Selain itu akses jalannya juga sudah halus namun cukup sempit jika di lalui kendaraan roda empat.

wisata kampung karuhun

Untuk harga tiketnya cukup bervariasi dan bergantung pada usia. Adapun rincian biaya tiket masuk Kampung Karuhun yakni :

  • Anak-anak Rp 15 ribu (Weekday), dan Rp 20 ribu (Weekend)
  • Dewasa Rp 25 ribu (Weekday), dan Rp 30 ribu (Weekend)

Note : Harga tiket masuk sudah termasuk wahana kolam renang, spot selfie, lesehan, kawasan etnik nusantara, permainan anak indoor dan outdoor, dan kurung jiwa.

Jam operasional pada objek wisata Kampung Karuhun yakni di buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.


Daya tarik dan aktivitas wisata Kampung Karuhun

Kampung Karuhun adalah sebuah taman yang mengusung konsep alam dan berada di tengah desa. Hal itu jugalah yang menjadikan akses jalannya berada di tikungan pegunungan dan di kelilingi oleh Hutan. Selain itu Kampung Karuhun berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar yang memungkinkan pengunjung untuk merasakan beragam wahana modern.

wisata kampung karuhun

Lalu apa saja aktivitas yang bisa di lakukan saat berkunjung kesana? Berikut ulasannya !

Baca Juga:  Berkunjung ke Kolam Renang Panghegar, Ini Wahana Menariknya !

1. Menikmati alam yang sejuk dan tenang

Karena lokasinya yang jauh dari keramaian kota, kamu bisa menjadikan Kampung Karuhun sebagai lokasi untuk sekedar menenangkan fikiran. Lebih dari itu, wisata yang satu ini di lengkapi oleh hutan, sungai, dan perkebunan. Menariknya lagi terdapat jejeran saung lesehan yang berada di dekat sungai untuk kamu bisa piknik dan menikmati kesejukan udara.

2. Rekreasi sungai

Pihak pengelola Kampung Karuhun menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan beragam aktivitas di sungai. Adapun beberapa wahana yang di sediakan yakni River Tubing, Flying Fox, Zip Bike, dan Marak Lauk.

Sehingga dengan banyaknya aktifitas yang bisa di lakukan di sungai tentu tidak akan membuat siapapun yang berkunjung menjadi bosan.

3. Off Road

Off Road merupakan salah satu aktivitas yang bisa di lakukan saat berkunjung ke Kampung Karuhun. Nantinya kamu bisa memanfaatkan ATV yang bisa di sewa untuk berkeliling sekitar perkebunan teh Cisoka hingga berakhir di Curug Cigorobog.

wisata kampung karuhun

4. Waterboom dan taman permainan anak

Aktivitas lainnya yang bisa di lakukan di tempat wisata ini adalah waterboom dan aneka permainan anak. Selain itu pada waterboom yang ada, kamu akan menemukan beberapa kolam dengan seluncuran tinggi yang berputar dan cukup menguji adrenalin.

Sedangkan pada taman bermain anak, di sana terdapat beragam fasilitas yang tentunya akan sangat seru dan menyenangkan. Adapun beberapa wahana permainan anak yakni perahu mini, trampolin, bahkan hingga flying swing.

5. Wisata edukasi

Tidak hanya dilengkapi dengan beragam wahana permainan seru dan menyenangkan. Kampung Karuhun juga memungkinkan kamu untuk belajar tentang kebudayaan terutama pada kesenian lokal. Bagaimana tidak, bahkan dari awal berkunjung saja kamu akan diiringi musik Sunda yang terasa syahdu.

Baca Juga:  Oleh-Oleh Khas Medan, Wajib Dibeli

Selain itu kamu juga akan menemukan Kampung Etnik yang menyajikan beragam kebudayaan Indonesia mulai dari Sunda, Toraja, bahkan hingga Papua.


Fasilitas wisata Kampung Karuhun

Meskipun kamu dikenakan harga tiket yang cukup terjangkau, namun fasilitas wisata yang ada tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Berikut beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan :

wisata kampung karuhun
  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Resto makanan Sunda dengan harga yang relatif terjangkau
  • Penginapan
  • Kolam renang

Nah itulah informasi mengenai wisata Kampung Karuhun yang menarik untuk dikunjungi. Saat ada waktu luang untuk berlibur, pastikan agar tidak melewatkan Kampung Karuhun bersama teman dan keluarga.

Baca Juga :

***