Cityawesome.com – Wisata Museum Sejarah Jakarta. Museum Sejarah Jakarta bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berawal dari gedung balai kota tepatnya pada masa pemerintahan VOC di Batavia, gedung ini di bangun pertama kali pada tahun 1626 dan di lakukan renovasi pada tahun 1707.

Sesuai dengan namanya, museum ini di lengkapi dengan sejarah mengenai kota Jakarta dengan semua cerita di dalamnya.

Menariknya lagi, museum Sejarah Jakarta ini terbilang tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung. Selain itu harga tiket masuknya juga cukup terjangkau. Nah untuk kamu yang tertarik berkunjung, terlebih jika kamu berasal dari luar kota, simak penjelasan berikut mengenai apa saja yang ada di Museum Sejarah Jakarta ini.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Museum Sejarah Jakarta berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No.1 Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11110. Karena lokasinya yang berada di pusat kota Jakarta, tentu akan sangat mudah untuk dijangkau bahkan jika menggunakan kendaraan umum sekalipun.

Harga tiket yang di tetapkan untuk bisa mengenal sejarah berdirinya kota Jakarta ini cukup murah yakni hanya Rp 5 ribu untuk orang dewasa, Rp 3 ribu untuk mahasiswa, dan Rp 2 ribu untuk anak-anak.

wisata museum sejarah jakarta

Karena harga tiket masuk yang cenderung murah, dengan begitu kamu akan bisa datang beramai-ramai bersama sanak keluarga.

Jam operasional dari Museum Sejarah Jakarta di buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai jam 09.00 sampai dengan 15.00 WIB. Meskipun jam operasionalnya sangat terbatas, namun untuk bisa masuk ke komplek museumnya sendiri bisa di lakukan kapan saja dan gratis.

Sebagai informasi tambahan, Museum Sejarah Jakarta tidak di buka saat hari libur nasional.

Baca Juga:  Mengunjungi Wisata Taman Buah Lubuk Pakam, Ada Apa Saja ?

Daya tarik dan aktivitas wisata Museum Sejarah Jakarta

Ada beragam daya tarik dan aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke museum Sejarah Jakarta. Berikut beberapa di antaranya :

wisata museum sejarah jakarta

1. Menyewa sepeda

Salah satu aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke museum Sejarah Jakarta adalah menyewa sepeda untuk berkeliling area. Namun yang membuatnya lebih menarik adalah sepeda yang tersedia merupakan sepeda kuno. Bahkan kamu juga akan mendapatkan atribut lengkap seperti topi saat menyewa sepeda kuno di sana.

2. Swafoto

Sangat di sayangkan jika kamu berkunjung ke suatu tempat wisata namun tanpa melakukan swafoto. Tepatnya di halaman depan museum, kamu akan melihat berbagai pemandangan unik seniman lokal. Pemandangan unik tersebut yakni seseorang yang menggunakan kostum khusus untuk menghibur semua wisatawan.

Selain itu nantinya kamu bisa melakukan swafoto bersama mereka dengan bayaran seiklasnya. Kamu juga akan bisa memilih karakter apa yang ingin di gandeng untuk foto bersama.

wisata museum sejarah jakarta

3. Sebagai wisata edukasi

Sesuai dengan namanya yakni Museum Sejarah Jakarta, banyak pengunjung yang menjadikan museum ini sebagai tujuan wisata edukasi. Museum Sejarah Jakarta menyediakan beragam informasi mengenai berdirinya kota Jakarta. Bahkan lebih dari itu kamu juga bisa melihat replika dari peninggalan kerajaan Padjajaran dan Tarumanegara.

4. Kampung Betawi

Jika beruntung, kamu akan melihat pagelaran seni budaya Betawi saat berkunjung ke museum ini. Program Kegiatan Kampung Betawi di selenggarakan setiap tahun di area lingkungan museum.

Selain itu biasanya program tersebut memberikan informasi mengenai sejarah terbentuknya masyarakat Betawi pada zaman dahulu. Lebih lengkap lagi program Kegiatan Kampung Betawi di sertai festival kuliner, bazar, bahkan hingga pameran kreatif.

Baca Juga:  Wisata Hutan Bambu Surabaya : Daya Tarik dan Keindahannya !

Fasilitas Museum Sejarah Jakarta

Museum yang satu ini di lengkapi beragam fasilitas sehingga memungkinkan kamu untuk bisa belajar banyak mengenai sejarah di masa lalu. Saat berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta, nantinya kamu akan menemukan sekitar 1.200 judul buku, beberapa film dokumenter, ruang pertemuan dengan daya tampung maksimal 150 orang. Bahkan hingga kantin yang menyediakan sajian kuliner khas Betawi yang lezat dan populer.

Demikian informasi mengenai Museum Sejarah Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi lokasinya juga tidak jauh dengan tempat wisata menarik lainnya.

Baca Juga :

***