Cityawesome.com – Sungai Maron di Pacitan. Sungai adalah aliran air yang berada di permukaan besar dan berbentuk memanjang. Alirannya berlaku terus menerus dari hulu menuju hilir. Selain itu sungai juga menjadi tempat mengalirnya air secara grafitasi menuju ketinggian ke tempat yang lebih rendah.

Berbicara mengenai sungai, ada salah satu objek wisata sungai yang menarik di wilayah Pacitan. Sungai Maron bisa menjadi rekomendasi wisata menarik sehingga sayang untuk dilewatkan.

Di buka pertama kali pada tahun 2012, Sungai Maron di lengkapi dengan keindahan pemandangan yang ada disetiap sisi. Menariknya lagi di sana tersedia aktifitas susur sungai di mana kamu akan mengarungi sungai sejauh 4,5 KM.

Nah untuk kamu yang penasaran, pada artikel kali ini akan di jelaskan informasi mengenai Sungai Maron yang sayang untuk di lewatkan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Sungai maron berlokadi di Maron, Dersono, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Tepatnya berjarak sekitar 40 KM dari alun-alun Pacitan sehingga akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

sungai maron di pacitan

Nah untuk harga tiket masuk ke wisata sungai Maron sendiri terbilang cukup murah yakni hanya Rp 5 ribu saja. Selain itu kamu juga bisa menyewa kapal dengan biaya Rp 100 ribu untuk kapasitas maksimal 4 orang.

Wisata sungai Maron di buka setiap hari mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB.


Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Sungai Maron memiliki segudang daya tarik sekaligus aktifitas wisata yang bisa di lakukan. Dengan begitu nantinya saat berkunjung kesana maka kamu tidak akan merasa bosan ataupun jenuh. Saat memasuki area sungai, kamu akan menemukan suasana alam yang masih sangat alami. Dari pintu masuk, kamu hanya perlu berjalan sekitar 20 meter saja untuk bisa sampai ke tepi sungai.

Baca Juga:  Aktifitas dan Wahana Terbaru Wisata Gumati Waterpark

Selain itu kamu akan menemukan dermaga kecil dengan deretan perahu yang bisa di sewa untuk memulai petualangan.

sungai maron di pacitan

Adapun beberapa daya tarik dan aktivitas wisata di Sungai Maron yakni :

1. Susur sungai

Berkunjung ke Sungai Maron memungkinkan kamu untuk melakukan aktivitas susur sungai yang seru. Di mulai dengan menyewa kapal, kamu akan menyusuri sungai yang terbentang sepanjang 4,5 KM dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Keindahannya tidak perlu di tanyakan, saat melakukan susur sungai nantinya kamu akan memasuki kawasan sungai dengan sisi kanan dan kiri adalah hutan.

Terlebih lagi perahu tidak akan melaju cepat sehingga kamu akan bisa menikmati kesejukan angin sekaligus suara air yang menemani perjalanan.

2. Green Canyon ala Pacitan

Sungai Maron terkenal dengan air yang jernih dengan perpaduan warna hijau dan biru. Selain itu pada tepi kiri dan kanan sungai, terbentang pepohonan hijau yang lebat. Hal terebutlah yang pada akhirnya membuat wisatawan menyebut Sungai Maron sebagai Green Canyon ala Pacitan.

Sebagai informasi tambahan, Sungai Canyon memiliki kedalaman sekitar 20 meter. Oleh karena itu untuk meminimalisir kecelakaan yang tidak di inginkan. Di sarankan untuk semua pengunjung menggunakan jaket palampung terlebih dahulu sebelum naik perahu.

sungai maron di pacitan

3. Keindahan bukit karang

Daya tarik lainnya yang ada di kawasan Sungai Maron adalah bukit karang di dekat area pantai. Yang membuatnya menarik adalah bukit karang di sana menghiasi sisi kiri dan kanan sungai sehingga mengingatkanmu pada keindahan Phuket, Thailand.

4. Bermain ayunan

Saat berkunjung ke sungai Maron rasanya kurang lengkap jika tidak melakukan aktivitas swafoto. Di sana terdapat beberapa titik yang cukup kekinian dan instagramable untuk sekedar mengambil gambar. Salah satu spot foto yang menjadi favorit adalah ayunan yang di kaitkan di batang pohon besar. Bahkan kamu bisa bermain ayunan dengan kaki yang menyentuh air sungai.

Baca Juga:  Sejarah dan Daya Tarik Wisata Candi Penataran di Blitar

5. Berenang

Berenang menjadi salah satu aktifitas seru yang bisa kamu lakukan di sungai Maron. Bagaimana tidak, sungai ini memiliki debit air tenang dengan beberapa spot yang dangkal. Menariknya lagi kamu bisa menggunakan ban pelampung untuk alasan keamanan. Dengan begitu nantinya kamu akan bisa bebas berenang tanpa takut terseret arus.

Nah itulah penjelasan mengenai sungai Maron yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Dapatkan pengalaman berlibur yang berbeda dengan menghabiskan waktu di wilayah Pacitan tepatnya di Sungai Maron.

Baca Juga :

***