Lokasi, Daya Tarik, dan Sejarah Patung Titi Banda di Bali

Cityawesome.comPatung Titi Banda merupakan salah satu hasil karya dari seniman asli Bali yang mengusung kisah legenda Ramayana. Di mana karya patung ini terbilang cukup populer dan banyak di kunjungi. Lokasinya sendiri berada di persimpangan jalan yang menghubungkan beberapa kota di Pulau Bali.

Lebih dari itu, Patung Titi Banda juga saat ini sudah menjadi monumen yang ikonik di Denpasar. Berdiri dengan gagah, berikut adalah ulasan tentang Patung Titi Banda sekaligus sejarahnya untuk diketahui !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Patung Titi Banda beralamatkan di Jl. Bypass Ngurah Rai No.90, Kesiman Kertalangu,, Denpasar Timur, Bali , Indonesia, 80237. Tepatnya berjarak sekitar 20 KM dari bandara internasional Ngurah Rai Bali dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai kesana.

Bukanlah objek wisata buatan, tentu untuk menikmati kemegahan Patung Titi Banda ini tidak di kenakan biaya tiket sama sekali alias gratis. Selain itu kamu bisa melihatnya kapanpun karena di buka untuk umum selama 24 jam.

Daya tarik Patung Titi Banda

Jika datang ke Bali, jangan heran jika kamu menemukan banyak karya seni dan budaya khas. Hal ini di karenakan Bali memang masih menjunjungi tinggi adat dan budaya sekitarnya. Seperti pada Patung Titi Banda ini, memiliki bentuk yang ikonik, dengan warna emas yang membuatnya semakin megah.

Lalu apa saja yang membuat karya seni ini menjadi menarik? Berikut beberapa di antaranya :

1. Dibuat oleh seniman ternama

Untuk kamu yang belum tahu, Patung Titi Banda sendiri merupakan karya dari seniman populer asal Bali yakni I Wayan Winten. Bahkan tidak hanya Patung Titi Banda saja, banyak patung lainnya yang di buat oleh I Wayan Winten dan terpajang di penjuru pulau Bali.

Tidak main-main, biaya pembuatan Patung Titi Banda ini menghabiskan sekitar Rp 5,4 Miliar. Bahkan untuk perawatannya sendiri, pemerintah daerah harus mengeeluarkan uang hingga ratusan juta pertahun.

2. Mengusung kisah Ramayana

Kisah menarik yang di usung dari Patung Titi Banda ini adalah tentang Ramayana. Di mana bercerita saat Dewa Rama saat menjemput Dewi Sinta yang telah di culik. Dewa Rama meminta pertolongan pada kera Hanoman untuk merebut kembali istrinya yakni Dewi Sinta. Hingga kemudian Hanoman membuatkan jembatan di tengah laut dan diberi nama Titi Banda agar Rama bisa menuju Alengka.

Berdasarkan cerita tersebut, makna dari Patung Titi Banda ini adalah tentang Dewa Rama yang menjadi pahlawan bagi Dewi Sinta. Selain itu makna lainnya menggambarkan tentang kerjasama, pengabdian dan kepatuhan kera dalam menyelamatkan Dewi Sinta dari tangan Rahwana.

3. Gaya arsitektur

Berada di tempat yang cukup strategis, Patung Titi Banda sendiri berdiri megah di persimpangan jalan besar dengan ketinggian sekitar 10 meter. Di mana bentuk dari patung ini adalah Dewa Rama yang sedang membawa busur panah di tangannya. Selain itu tidak ketinggalan juga atribut Rama yang menggunakan mahkota emas.

Lalu di bagian keliling Rama terdapat gerombolan kera yang sedang membangun jembatan. Bahkan pada patung kera juga di lengkapi dengan ornamen Kamen Prada yang tidak lain adalah pakaian tradisional.

4. Spot Foto Kekinian

Saat menjelang malam hari, keindahan patung ini semakin memancarkan sinarnya. Terlebih jika cuaca sedang bersahabat, maka akan keluar sinar jingga yang membuatnya menjadi lebih gagah.

Pengunjung bisa sekedar duduk santai di area Taman patung. Bahkan jika menyukai aktivitas swafoto, maka area disana cukup banyak tempat kekinian dengan background seni menawan.

Fasilitas Dekat Patung Titi Banda

Jangan khawatir jika mengunjungi Patung Titi Banda, selain nantinya kamu bisa berswafoto, ada beberapa fasilitas penunjang yang membuat pengunjung menjadi betah dan nyaman berlama-lama di sana. Pada bagian bawah patung, terdapat ruangan dan taman yang bisa di manfaatkan untuk sekedar bersantai.

Kemudian ada juga toilet dan trotoar jalan. Dimana pada bagian trotoar, nantinya kamu bisa berkeliling atau jogging.

Nah itulah ulasan mengenai kemegahan Patung Titi Banda yang cukup populer dan selalu ramai pengunjung. Jika ingin menikmati karya seni khas Bali, Patung Titi Banda ini bisa menjadi salah satu rekomendasi.

Baca Juga :

***