Sejarah, Daya Tarik, dan Harga Tiket Bunker Kaliadem Merapi

Cityawesome.comBunker Kaliadem Merapi merupakan salah satu objek wisata menarik yang berada di lerang selatang Gunung Merapi. Bahkan Bunker Kaliadem sendiri hingga kini masih menyimpan jejak-jejak erupsi terutama saat tahun 2006 dan 2010.

Lokasinya sendiri ada di ketinggian lebih dari 2000 Mdpl. Memungkinkan pengunjung untuk bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dari jarak sekitar 5 KM. Selain itu tidak hanya keindahan alam, kamu juga akan belajar sejarah dan fenomena yang ada di dalamnya.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Lokasi dari Bunker Kaliadem sendiri tepatnya di Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55582. Di mana untuk tarif tiket masuknya sendiri adalah gratis. Hanya saja nantinya pengunjung akan di kenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Sedangkan jam operasional dari Bunker Kaliadem Merapi di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu akan bisa pergi kapan saja sesuai keinginan.

Daya tarik dan aktivitas wisata Bunker Kaliadem Merapi

Ada beragam aktivitas seru yang bisa di lakukan di sana. Memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pengalaman seru dan sulit untuk dilupakan. Berikut ini beberapa daya tarik dan aktivitas wisata Bunker Kaliadem Merapi

1. Tour menggunakan Jeep

Sebagai informasi tambahan, wisata Bunker Kaliadem sendiri berjarak sekitar 1 jam perjalanan menggunakan roda empat dari Yogyakarta. Namun untuk kendaraan pribadi hanya bisa di gunakan hingga batas desa Kinahrejo. Oleh karena itu untuk melanjutkan perjalanan, maka kamu bisa melanjutkannya dengan penyewaan jeep dengan kapasitas 6 orang.

Selain itu jika tidak ingin menggunakan Jeep, maka kamu bisa menyewa motor trail atau naik ojek saja dengan tarif yang bervariasi.

2. Wisata Hutan Pinus

Aktivitas menarik lainnya yang bisa di lakukan di Bunker Kaliadem Merapi adalah wisata hutan pinus. Memiliki luas yang mencapai 25 hektar, bahkan kawasan hutan pinus sendiri berada di ketinggian 1000 Mdpl. Untuk menuju Bunker Kaliadem, maka sudah bisa di pastikan kamu akan melewati area hutan pinus yang masih asri ini.

Setelahnya jika sudah sampai di lokasi Bunker Kaliadem, maka kamu akan bisa melihat Gunung Merapi dari dekat dengan pesona yang menawan.

Berupa hamparan pasir dan bebatuan vulkanik, Bunker Kaliadem menjadi saksi bisu dari letusan GUnung Merapi yang maha dahsyat.

3. Ruang Bunker

Bunker Kaliadem sendiri sudah di bangun bahkan sejak era kolonial Belanda. Di mana awalnya digunakan sebagai tempat berlindung saat melakukan pengamatan Gunung Merapi. Namun seiring berjalannya waktu, Bunker ini sudah tidak di gunakan lagi karena suhu awan panas sudah menembus kedalam ruangan.

Kemudian pada bagian pintu Bunker, kamu akan menemukan prasasti yang menceritakan tentang Bunker itu sendiri. Adapun prasasti tersebut di buat dari bahan Beton dengan ketebalan sekitar 25 CM dan pintunya terbuat dari Baja.

Menariknya lagi pengunjung akan bisa masuk untuk melihat apa saja yang ada di bagian ruangan. Bunker Kaliadem memiliki luas ruangan sekitar 12 x 8 meter dengan kedalaman 3 meter.

4. Swafoto

Hal yang tidak bisa di lewatkan saat berkunjung ke Bunker Kaliadem Merapi adalah swafoto kekinian dan instagramable. Salah satu spot foto terbaik disana adalah Gunung Merapi yang bahkan jaraknya cukup dekat. Kemudian terdapat bukit hijau dan asri yang menambah keindahan area Bunker ini.

Itulah ulasan mengenai Bunker Kaliadem Merapi yang dulunya terkenal mistis namun sekarang menjadi ramai wisatawan berkunjung.

Baca Juga :

***