Kebun Binatang Jurug Solo: Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan!

Taman Satwa Taru Jurug atau yang lebih di kenal dengan kebun binatang Jurug Solo adalah salah satu destinasi wisata yang mengusung konsep tema taman bermain sekaligus edukasi. Di dalamnya terdapat banyak koleksi satwa yang memungkinkan kamu untuk belajar mengenai flora dan fauna. Tidak hanya itu saja, bahkan kamu juga bisa melihat beragam koleksi binatang yang cukup beragam dan langka. Oleh karenanya tidak heran jika wisata ini selalu ramai pengunjung terutama saat musim liburan.

Kebun binatang Jurug Solo di buat dengan suasana yang asri dan serupa dengan hutan belantara. Areanya juga cukup luas dengan di tumbuhi pepohonan rindang. Jika kamu penasaran dan ingin berkunjung kesana, berikut adalah beberapa ulasannya !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata kebun binatang Jurug Solo beralamatkan di Jalan Ir. Sutami No. 109 Jebres, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57126. Selain itu pihak pengelola juga menetapkan tarif tiket wisata yang cukup terjangkau dan bervariasi dengan rincian sebagai berikut :

  • Tiket masuk anak Rp 30 ribu saat weekday dan Rp 45 ribu saat weekend
  • Tiket masuk dewasa Rp 45 ribu saat weekday dan Rp 60 ribu saat weekend
  • Premium anak Rp 60 ribu saat weekday dan Rp 75 ribu saat weekend
  • Premium dewasa Rp 75 ribu saat weekday dan Rp 110 ribu saat weekend

Adapun perbedaan dari tiket masuk reguler dengan premium adalah jika regular hanya untuk tiket masuk, atraksi satwa, dan pertunjukkan satwa. Sedangkan untuk tiket masuk premium terdiri dari : tiket masuk, atraksi satwa, pertunjukan satwa, welcome drink, kursi prioritas di animal show, resto, dan buggy car.

Selain itu pengunjung juga tidak di perkenankan membawa makanan dan minuman dari luar. Adapun jam operasional kebun binatan Jurug Solo di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.30 WIB.

Daya tarik dan aktivitas wisata Jurug Solo

Ada beragam aktivitas sekaligus daya tarik yang menjadikan kebun binatang satu ini selalu ramai pengunjung. Bahkan pihak pengelola juga menyediakan transportasi dan beberapa warhana permainan terutama saat malam hari.

1. Memiliki koleksi satwa yang lengkap

Kebun Binatang Jurug Solo di lengkapi dengan berbagai satwa mulai dari mamalia, burung, bahkan hingga reptil. Menariknya kamu bisa melihat secara langsung dari balik kandang. Adapun beberapa hewan di antaranya adalah macan tutul, harimau, kuda, onta, kera, gajah, kudanil, kambing, burung merak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya satwa saja, pihak pengelola menyediakan fasilitas berupa keberagaman flora seperti tumbuhan langka akasia dan munggur.

2. Transportasi penunjang

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pihak pengelola menyediakan trasportasi penunjang untuk memudahkan pengunjung saat menjelajahi area kebun. Adapun transportasi yang di maksud adalah bus dengan ukuran yang cukup besar dan manampung banyak penumpang sekaligus. Namun untuk menaiki fasilitas bus ini, pengunjung di haruskan membayar tiket bus yang terpisah dengan tiket masuk.

3. Wahana permainan

Bagaikan surga untuk anak, kamu akan menemukan beragam wahana permainan anak yang cukup lengkap seperti di antaranya adalah kereta kelinci, istana balon, bumper car, bahkan hingga trampolin. Bahkan lebih dari itu, ada jejeran wahana permainan lain seperti komedi putar, marry go around, pemancingan, hewan tunggangan, dan sepeda air.

4. Dancing Fountain

Saat malam hari, suasana kebun binatang ini tidak kalah menarik. Bagaimana tidak, kamu akan melihat pertunjukan air mancur yang menari di tengah danau. Hanya saja atraksi tersebut tersedia di jam tertentu seperti jam 19.00, 20.00, dan 21.00 WIB. Nantinya air mancur akan menari dengan iringan musik. Tidak ketinggalan juga cahaya ungu dan efek api berwarna putih mengelilingi area depan air mancur.

Fasilitas wisata kebun binatang Jurug Solo

Ada beberapa fasilitas penunjang yang bisa ditemukan pengunjung saat datang kesana. Adapun beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Mushola
  • Jejeran toilet
  • Jejeran warung kecil
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Itulah beberapa ulasan seputar kebun binatang Jurug Solo yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman seru dan menyenangkan saat menghabiskan waktu bersama keluarga disana.

Baca Juga :

***