Cityawesome.com – Kebun Raya Purwodadi. Berkunjung ke kebun raya memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan berbeda. Bagaimana tidak, biasanya di kebun raya ada banyak destinasi edukatif yang lengkap dengan beragam tumbuhan dan spesies.

Di Indonesia sendiri ada banyak kebun raya yang tersebar di penjuru wilayah. Seperti salah satunya di Purwodadi, ada KRP atau singkatan dari Kebun Raya Purwodadi. Di kelola oleh LIPI, kebun raya Purwodadi ini di lengkapi dengan lebih dari 2000 jenis tumbuhan dengan spesies yang mencapai 11 ribu.

Untuk lokasinya sendiri berada di ketinggan 300 Mdpl sehingga saat berkunjung kesana maka kamu akan merasakan hawa yang sejuk dan teduh.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Kebun Raya Purwodadi beralamatkan di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya merupakan jalan raya yang menghubungkan 3 kota sekaligus yakni Malang, Surabaya, dan Pasuruan.

kebun raya purwodadi

Untuk harga tiket yang di kenakan di Kebun Raya Purwodadi sendiri terbilang cukup tejangkau yakni hanya sekitar Rp 15 ribuan saat weekday dan Rp 20 ribuan saat weekend. Hanya saja harga tiket yang tertera belum termasuk biaya parkir kendaraan yakni Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 15 ribu untuk mobil.

Jam operasional dari kebun raya Purwodadi di buka setiap hari mulai jam 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. Saat mengunjungi kebun raya ini, di sarankan untuk membawa makanan dengan wadah dan tidak terbungkus plastik, hal ini di lakukan untuk meminimalisir penyebaran sampah di area kebun raya.


Daya tarik dan keindahan

Berdiri pertama kali pada tahun 1941, awalnya kebun raya Purwodadi merupakan tempat pemekaran dari Kebun Raya Bogor. Selain itu di sana juga ada beberapa area tematik yang di sesuaikan dengan jenis tanaman yang di kembangkan.

kebun raya purwodadi

Adapun beberapa daya tarik sekaligus keindahan dari Kebun Raya ini di antaranya adalah :

Baca Juga:  Wisata Bromo Transit Park, Harga Tiket Masuk Terjangkau !

1. Taman Meksiko

Sesuai dengan namanya, di taman Meksiko kamu akan menemukan beragam jenis tumbuhan khas Meksiko. Saat berkunjung ke taman Meksiko nantinya akan membawa kamu pada suasana yang berbeda. Terebih lagi di sana terdapat tumbuhan besar di area kering yang cukup mencuri perhatian wisatawan.

2. Green House Anggrek

Green House Anggrek berbentuk rumah kaca dengan koleksi hingga lebih dari 2 ribu anggrek dan terdiri dari 319 jenis. Menariknya lagi, dari 319 jenis tanaman anggrek yang ada di sana, 7 di antaranya merupakan anggrek endemik asli Jawa Timur. Selain itu saat berkunjung kesana juga kamu akan bisa melihat beberapa koleksi anggrek yang cukup langka keberadaannya.

3. Taman Bougenville

Daya tarik lainnya yang ada di Kebun Raya Purwodadi adalah Taman Bougenville. Di mana taman ini sering di jadikan area foto karena keindahannya. Bagaimana tidak, Taman Bougenville memiliki beragam jenis bunga Bougenville dengan warna cantik yang berbeda-beda. Terlebih lagi ada gazebo diarea taman yang memungkinkan wisatawan bersantai sekaligus menikmati keindahan yang ada.

4. Pohon janglot

Pohon Janglot memiliki ciri yang menjulang tinggi dengan batang kurus dan daun yang kecil. Secara visual, kamu akan melihat pohon ini tidak biasa dari pohon lainnya. Keindahan pohon Janglot yang berjejer di area taman seringkali di manfaatkan oleh wisatawan untuk mengambil gambar.


Fasilitas yang tersedia

Kebun Raya Purwodadi menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan di kabupaten Pasuruan. Oleh karena itu mustahil jika tidak di lengkapi beragam fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan oleh semua pengunjung.

kebun raya purwodadi

Adapun beberapa fasilitas yang ada yakni :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet yang tersebar di beberapa titik
  • Mushola
  • Area bersantai seperti gazebo dan kursi taman
Baca Juga:  Seven Summit, Ini Daftar Puncak Tertinggi di Dunia

Demikian beberapa review mengenai Kebun Raya Purwodadi yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman berbeda sekaligus ilmu baru mengenai alam saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

Baca Juga :

***