Info Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Wisata Puncak Gagoan

Melihat keindahan alam di atas ketinggian atau puncak tentu akan menjadi pengalaman tersediri. Nah di Solok, Sumatera Barat, terdapat salah satu rekomendasi puncak yang selalu ramai pengunjung setiap harinya. Apa lagi kalau bukan wisata Puncak Gagoan. Di mana ini adalah situs geologi yang terbilang cukup unik. Kawasannya juga tidak lain adalah bukit dengan ketinggian 750 Mdpl dan memungkinkan pengunjung melihat bentangan hutan bukit Barisan sekaligus keindahan Danau Singkarak.

Saat berada di atas bukit, nantinya kamu bisa melihat keindahan pemandangan berupa sunset dan sunrise saat waktunya tiba. Menariknya lagi, pihak pengelola menyediakan jejeran spot foto kekinian dan instagramable.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Puncak Gagoan beralamatkan di Nagari Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat, Indonesia, 27388. Tepatnya berjarak sekitar 25 KM dari pusat kota Solok dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Adapun tarif masuk yang harus di bayarkan oleh pengunjung terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 10 ribu perorang. Namun tarif tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Jam operasional wisata Puncak Gagoan di buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai dengan 17.30 WIB. Dengan begitu kamu bebas untuk datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

Daya tarik wisata Puncak Gagoan

Ada beragam daya tarik yang bisa di temukan di wisata Puncak Gagoan. Seperti salah satunya adalah padang ilalang yang terhampar luas setinggi lutut. Bahkan tidak hanya itu saja, pemandangan di sekitarnya juga terbilang cukup mempesona sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Adapun beberapa daya tarik lainnya yang ada di Puncak Gagoan adalah :

1. Pemandangan Alam

Merupakan area perbukitan yang menakjubkan, terlebih di karenakan letaknya berada di ketinggian. maka kamu akan bisa sekaligus menikmati pemandangan Bukit Barisan. Selain itu pepohonan rimbun juga melengkapi keindahan wisata satu ini karena kawasannya termasuk dalam kawasan hutan lindung.

2. Hiking

Jika menyukai tantangan wisata, kamu bisa melakukan aktivitas hiking. Tepatnya tidak terlalu jauh dari area parkir kendaraan, tempat hiking di sana cenderung tidak begitu tinggi dan sudah di lengkapi dengan tali. Namun pastikan agar kamu memiliki stamina yang kuat karena akan cukup menguras tenaga.

3. Area danau Singkarak

Daya tarik lainnya yang ada di wisata Puncak Gagoan adalah danau Singkarak. Di mana danau tersebut adalah danau terluas kedua di Sumatera dengan luas sekitar 107,8 KM persegi. Adapun aliran dari danau Singkarak ini mengalir melalui sungai Ombilin dan alirannya hingga menembus bukit Barisan. Selain itu sebagai informasi tambahan, jarak dari danau Singkarak ke Puncak Gagoan adalah 7,9 KM. Namun tidak perlu datang jauh, karena dari puncak ini kamu akan melihat keindahannya dengan jelas.

4. Jejeran spot foto menarik

Jika datang ke wisata Puncak Gagoan, maka kamu akan dengan mudah menemukan spot foto kekinian. Mulai dari batu cadas di pinggiran bukit, bahkan hingga background hutan yang menambah keindahan. Kamu akan mendapatkan koleksi foto yang instagramable.

Fasilitas wisata Puncak Gagoan

Merupakan salah satu rekomendasi wisata alam yang cenderung alami. Kamu tidak bisa menemukan beragam fasilitas lengkap di dalamnya. Meskipun begitu, pengelola tetap menyediakan beberapa fasilitas penunjang seperti diantaranya adalah :

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Jejeran warung makan
  • Tali untuk bisa naik keatas puncak bukit

Demikian ulasan seputar wisata Puncak Gagoan yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi kunjungan. Dapatkan pengalaman mengesankan dengan menghabiskan waktu di wisata alam satu ini.

Baca Juga :

***