Purbasari Pancuran Mas: Lokasi, Tiket, dan Jam Operasional

Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuran Mas Purbalingga menawarkan kesempatan untuk bersantai dan belajar sekaligus. Slogannya adalah, “Ayo berwisata sambil bermain.” Kementerian Pariwisata memilih tempat ini sebagai salah satu pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018. Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas pertama kali di buka pada tahun 2001. Wisata ini awalnya terkenal karena ikan raksasa Arapaima Gigas dari sungai Amazon. “Si besar yang lembut” ini masih menjadi ikon Taman Rekreasi ini hingga hari ini.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Purbasari Campuran Mas beralamatkan di Purbayasa, Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 53372. Konsep “satu tiket untuk semua” di maksudkan untuk memastikan bahwa pengunjung dapat memanfaatkan seluruh wahana. Mulai usia tiga (tiga) tahun, harga tiket masuk adalah Rp25.000. Taman wisata ini buka setiap hari dari jam 08.30 pagi hingga jam 04.30 sore.

Daya tarik dan Wahana Wisata Purbasari Pancuran Mas

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini akan menemukan berbagai aktivitas di berbagai wahana, termasuk wahana permainan air dan non-air, serta aquarium. Berikut adalah beberapa aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan.

1. Kolam Renang

Banyak orang yang menyukai wahana ini. Tempat ini memiliki berbagai macam kolam renang yang aman bagi semua usia, termasuk kolam untuk anak-anak dan dewasa, serta kolam Water Boom dengan panjang lintasan 70 meter. Selain itu, ada gazebo-gazebo yang indah di mana pengunjung dapat bersantai dan beristirahat.

2. Telaga Fulus

Sepeda air, perahu dayung, kano, dan speed boat adalah beberapa cara pengunjung dapat mengunjungi Telaga Fulus. Petugas keamanan yang terlatih menjaga wahana ini dan melakukan uji keamanan.

3. River World

Berbagai jenis ikan air tawar berasal dari berbagai tempat di dunia. Sekitar 200 jenis ikan di kumpulkan di sana. Bagian ini banyak di gunakan sebagai sarana belajar dan sumber riset bagi pelajar dan mahasiswa. Ada Piranha, Aba-Aba Amazone, dan Arapaima Gigas di dalamnya.

4. Diorama Satwa

Satwa yang telah diawetkan di sebut dengan diorama satwa. Satwa awetan berasal dari kumpulan hewan taman yang telah mati secara alami. Ada juga yang diberikan oleh masyarakat. Arapaima Gigas, penyu berukuran besar, ikan buntal, berang-berang, musang, tupai pohon, biawak, dan banyak lagi adalah hewan awetan yang dimilikinya. Pelajar dapat melakukan pengamatan lebih mendalam dengan melihat satwa-satwa dari jarak dekat.

Hal ini lebih baik daripada melihat satwa saat masih hidup karena saat hidup, satwa biasanya berada dalam kandang atau shelter tertutup, yang tidak mungkin karena agresi dan kemungkinan akan membuat satwa ketakutan.

5. Taman Bermain

Ada banyak tempat bermain untuk anak-anak dan keluarga. Sepeda wisata, perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan adalah contohnya.

6. Planet Aquarium Toyoshuka

Aquarium Toyoshuka adalah wahana baru Purbasari Pancuran Mas. Itu memiliki akuarium 25 meter x 15 meter dan ketinggian 8 meter. Anda juga bisa melihat bangunan terkenal dunia dalam bentuk mini.

Fasilitas Wisata Purbasari Pancuran Mas

Taman wisata pendidikan ini menawarkan berbagai fasilitas untuk membuat pengunjung lebih nyaman menghabiskan waktu liburan dan rekreasi. Fasilitas umum seperti musala, toilet, dan toko cenderamata, selain beberapa fasilitas lainnya, adalah sebagai berikut:

Baca Juga :

***