8 Makanan Khas Rusia yang Populer dan Menggugah Selera

Membahas tentang makanan tentu membuat siapapun menjadi lapar. Nah, di dunia ini tentunya selalu ada makanan khas yang populer di tiap negara. Langsung saja pada pembahasan utama, kita akan membicarakan tentang makanan khas Rusia yang bisa menjadi opsi untuk dinikmati. Rusia sendiri di kenal sebagai salah satu negara yang sebagian besar wilayahnya adalah hutan. Namun di balik itu semua, Rusia memiliki beragam makanan khas yang cukup menggugah selera. Lalu apa saja makanan khas Rusia? Berikut adalah beberapa di antaranya :

Makanan khas Rusia yang Populer

1. Beluga Caviar

Termasuk makanan pelengkap yang memiliki bentuk bulatan kecil dan berwarna abu-abu gelap. Tidak main-main, Beluga Caviar ini memiliki harga yang cukup fantastis karena terbuat dari olahan telur ikan Beluga. Selain itu makanan satu ini tidak hanya terkenal di Rusia saja melainkan di berbagai belahan dunia.

2. Blini

Merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung, telur, ragi, dan susu. Blini sendiri sudah ada cukup lama di Rusia dan seringkali di hidangkan saat pesta seremonial. Tidak heran jika Blini menjadi menu yang sangat di nikmati. Terlebih seringkali makanan ini di sajikan dengan tambahan beberapa topping seperti susu kental manis atau caviar.

3. Golubtsy

Rekomendasi makanan khas Rusia lainnya yang cukup populer adalah Golubsty. Di mana makanan ini memiliki sejarah yang cukup memilukan hingga akhirnya bisa terkenal di Rusia. Adapun Golubtsy sendiri terbuat dari kubis gulung yang di isi dengan beberapa bahan seperti nasi, daging, dan campuran sayur lainnya. Bahkan tidak jarang juga Golubtsy di tambahkan krim asam yang membuat citarasanya semakin kuat.

4. Kefir

Merupakan salah satu makanan khasa Rusia yang sayang untuk dilewatkan. Kefir tidak lain adalah susu fermentasi yang memiliki tekstur cair dan ringan. Selain itu Kefir juga mengandung tinggi probiotik dan campuran bakteri. Oleh karenanya jangan heran jika Kefir bercitarasa asam dan sedikit berbusa. Biasanya kefir khas Rusia terbuat dari bahan utama susu domba, kambing, dan sapi.

5. Medovik

Merupakan makanan khas Rusia yang berupa kue, Medovik tergolong cukup populer dan banyak peminatnya. Adapun Medovik sendiri tidak lain adalah kue berlapis madu yang terbuat dari kue spons. Namun secara penyajian tradisional, makanan ini di sajikan dengan hiasan kacang tanah pada bagian atasnya.

6. Salad Olivier

Jika kamu menyukai makanan salad, maka Salad Olivier ini tidak bisa di tinggalkan begitu saja. Adapun bahan utama pembuatan Salad Olivier adalah kentang, telur, daging ayam, irisan ham, dan kacang polong. Selain itu biasanya salad olivier di sajikan sebagai menu pembuka di berbagai acara penting.

7. Shashlik

Shashlik biasanya menggunakan daging sapi, babi, atau domba. Di mana akan dibumbui terlebih dahulu sebelum di panggang. Selain itu Shashlik biaanya di sajikan bersamaan dengan beberapa irisan sayur sebagai pelengkap mulai dari bawang bombay, paprika, tomat, bahkan hingga jamur. Meskipun tampilannya cukup sederhana, namun citarasa dari Shashlik sendiri tidak bisa di ragukan.

8. Pelmeni

Pelmeni merupakan hidangan nasional di Rusia yang berupa pangsit. Di mana Pelmeni sendiri memiliki beberapa isian daging dan jamur. Adapun proses pembuatannya adalah daging giling dimasukkan dalam adonan pangsit. Kemudian diberikan bumbu berupa lada hitam dan bawang bombay. Pelmeni memiliki tekstur yang lembut dan sedikit pedas.

Nah itulah beberapa makanan khas Rusia yang cukup populer dan memiliki citarasa menggugah selera. Dari beberapa makanan diatas, manakah yang paling membuatmu tertarik untuk menikmatinya?

Baca Juga :

***