Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata Danau Cibereum

Wisata Danau Cibereum – Danau Cibeureum terletak di dasar Gunung Kamojang, Kabupaten Garut. Danau ini berada di tengah hutan, berbeda dengan Situ Cibeureum di Bekasi. Alamnya masih sangat asli.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Danau Cibereum beralamatkan di Sarimukti, Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, Indonesia. Terlihat bahwa harga tiket masuk ke Danau Cibeureum relatif murah. Untuk berekreasi di sini, pengunjung hanya perlu membayar 10 ribu rupiah per orang, yang tidak termasuk biaya parkir kendaraan dan berkemah. Danau Cibeureum terbuka untuk umum setiap hari, tetapi area camping ground buka 24 jam sehari. Kunjungan biasanya meningkat di akhir pekan.

Daya Tarik dan Keindahan Wisata Danau Cibereum

Banyak orang belum tahu potensi wisata Kamojang, Kabupaten Garut. Bentang alam di daerah ini sangat beragam. Tempat ini memiliki kawah, hutan pinus, danau, dan bahkan sumber air panas. Kamojang adalah wilayah konservasi yang memiliki kelestarian alam yang luar biasa.

Danau Cibeureum, yang terletak di dasar Gunung Kamojang, adalah salah satu atraksi alam yang sudah lama ada di tempat ini. Termasuk dalam wilayah Kampung Legok Pulus, yang terletak di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang.

Lokasinya agak di dalam hutan. Tidak mengherankan jika akses jalannya juga sulit. Danau Cibeureum, di sisi lain, adalah tempat wisata yang selalu penuh. Kurangnya perawatan membuat tempat ini menjadi kurang diminati. Danau Cibeureum terkenal dengan keasrian alamnya. Danau ini, yang berada di ketinggian 2.124 meter persegi, dikelilingi oleh hutan pinus yang cukup luas. Meskipun danau ini mendangkal karena sedimentasi, airnya tetap jernih. Kedamaian dan ketenangan yang ada di sini menjadi daya tarik tersendiri.

Akses Jalan

Sebelum Anda pergi ke Danau Cibeureum, Anda harus mempertimbangkan akses jalan. Danau ini hanya dapat diakses melalui jalan sempit yang melintasi hutan. Jalan raya dan lokasi danau berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Sebagian jalan masih berupa makadam yang tidak sempurna, tetapi sebagian sudah beraspal dan cukup mulus. Setelah hujan, beberapa area menjadi berlumpur. Danau ini menarik bagi para pesepeda karena tantangan yang beragam.

Selain medan yang keras, jalan yang sempit juga menjadi masalah. Beberapa titik di mana mobil dekat dengan semak belukar dapat menyebabkan kerusakan pada badannya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua ke lokasi ini. Lebih baik lagi jika jenis mobil yang digunakan tidak digunakan di jalan raya.

Fasilitas Wisata Danau Cibereum

Meskipun kurang terawat, tempat wisata ini memiliki semua fasilitas yang diperlukan. Sudah ada fasilitas seperti toilet, musala, dan warung di sini. Tidak jauh dari tepi danau terdapat sebuah villa sederhana. Ada banyak saung di sekitar danau. Di tengah danau, ada gardu pandang dengan pemandangan cantik dari danau yang dikelilingi hutan.

Baca Juga :

***