Daya Tarik dan Keindahan Wisata Pantai Midodaren Jogja

Pantai Midodaren Jogja – Daerah Gunung Kidul di Yogyakarta memiliki banyak pantai yang menakjubkan, salah satunya Pantai Midodaren (juga disebut Pantai Widodaren). Pantai ini berpasir putih dan airnya biru, seperti semua pantai di Gunung Kidul. Meskipun ombak tinggi, itu hanya terjadi sesekali.

Tempat ini adalah tempat favorit untuk berkemah karena pantainya yang indah. Lokasi berkemah unik karena berada di atas pantai, bukan langsung di depan. Selain itu, wisatawan dapat makan di banyak tempat makan. Meskipun sulit untuk mencapainya melalui jalan, keindahan yang luar biasa mengimbanginya.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Pantai Midodaren Jogja beralamatkan di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia, 55871.

Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya masuk dan parkir. Di jalan menuju pantai, biaya masuk adalah Rp5.000. Tempat ini berfungsi sebagai tanda bahwa pengunjung telah memasuki kawasan pantai, dan pengunjung akan dikenakan biaya parkir. Wisatawan dapat menikmati tempat ini kapan saja. Selain itu, para penjual di sekitar pantai membuka toko mereka sepanjang hari.

Daya Tarik dan Aktivitas Pantai Midodaren Jogja

Pantai Midodaren adalah bagian dari surga di Gunung Kidul bagi wisatawan. Betapa tidak, pantai ini tetap sangat alami. Selain itu, pemandangannya sangat mempesona setiap kali Anda melihatnya. Untuk menikmati pesonanya, wisatawan rela melakukan perjalanan jauh dan menantang.

Widodaren atau Midodaren berarti “bidadari” dalam bahasa Jawa, seolah-olah kecantikan pantai ini menggambarkan paras cantik bidadari. Air lautnya, berwarna biru toska dan hijau toska, begitu bersih dan jernih sehingga terlihat seperti lautan yang luas. Bibir pantai lebar dan panjang, sehingga mudah menjelajahi dari ujung ke ujung. Pasirnya juga tak kalah putih dan bersih, dan lembut ketika terkena kaki. Meskipun demikian, daerah pantai yang berada di bawah bukit karang tampak seperti pagar alami. penuh dengan pepohonan yang tumbuh di atas bukit.

1. Berkemah

Ketika datang untuk berkemah, pantai ini adalah tempat yang tepat. Mereka juga tidak berada langsung di tepi pantai, yang membuatnya lebih menyenangkan. Aman dari pasang air laut jika Anda tinggal di bukit di atas pantai. Namun, Anda harus berhati-hati karena angin di atas bukit lebih kencang.

Tepat di atas pantai terdapat bukit karang yang dikelilingi oleh rerumputan. Lokasinya luas sehingga dapat menampung banyak tenda. Tidak mengherankan bahwa selama hari libur atau akhir pekan, tenda di daerah ini penuh dengan pengunjung. Tenta Anda harus menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pemandangan pantai yang indah terlihat jelas dari atas bukit. Ombak menerpa pasir pantai, meninggalkan bekas basah di sekitarnya. Wisatawan harus melalui ladang jagung dari tempat berkemah untuk mencapai pantai. Sampai di bibir pantai, Anda harus menuruni tangga kayu.

2. Bermain di bibir pantai

Bermain di pantai adalah daya tarik utama Pantai Midodaren. Di pagi dan siang hari, ombak cukup tenang, sehingga pengunjung dapat bermain pasir atau berkejaran dengan ombak. Namun, di sore dan malam hari, ombak cukup tinggi, sehingga daerah pantai dapat terendam.

Akibatnya, datanglah pagi atau sore jika Anda ingin bermain. Lebih aman untuk bermain saat ombak masih lemah. Wisatawan juga dapat berenang di bibir pantai. Namun, Anda harus berhati-hati karena tidak ada tali atau penjaga pantai di bibir pantai.

Pasir pantai yang lembut sangat cocok untuk bermain. Selain itu, batu karang, kerang, dan batuan di pinggir pantai sangat sedikit. Yang pasti, jika Anda ingin bermain di sini lebih seru, Anda harus siap untuk basah.

Fasilitas Wisata Pantai Midodaren Jogja

Tempat wisata ini memiliki fasilitas umum yang memadai. Terdapat berbagai warung yang menjual berbagai makanan dan minuman, baik instan maupun nasi. Mereka juga memiliki listrik untuk mengisi alat elektronik dan toilet. Karena belum ada mushola khusus di pantai ini, wisatawan muslim dapat sholat di salah satu warung.

Baca Juga :

***