Info Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Bukit Pengilon Jogja

Membahas tentang Jogja memang tidak ada habisnya. Kamu bisa menemukan beragam destinasi wisata yang mengagumkan di sana tanpa perlu bingung. Seperti salah satunya adalah Bukit Pengilon Jogja yang berada di kawasan Gunung Kidul. Selain keindahan wisata yang menjadi favorit, harga tiket masuk di sana juga terbilang cukup terjangkau.

Mengusung konsep alam, berikut adalah ulasan wisata Bukit Pengilon Jogja yang bisa menjadi referensi kunjungan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Bukit Pengilon Jogja beralamatkan di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Area Hutan, Balong, Girisubo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55883. Di mana untuk bisa menikmati keindahan alam wisata ini pengunjung di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu perorang. Namun biaya tersebut belum termasuk parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Adapun jam operasional wisata Bukit Pengilon ini di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu kamu bebas untuk datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

Daya tarik dan aktivitas wisata Bukit Pengilon

Bukit Pengilon Jogja tidak lain adalah bagian dari sisa-sisa gunung api Purba Batur. Dengan menghadap ke laut selatan, tidak heran jika panorama keindahannya terbilang cukup memukau. Selain itu nama Pengilon sendiri memiliki arti cermin dalam Bahasa Indonesia. Hal tersebut di karenakan pada bukit ini terdapat batu yang menyerupai cermin. Untuk bisa sampai kesana, tidak mudah untuk mencapainya. Terlebih jalur trekking yang cenderung memakan waktu dan tenaga.

1. Mulai Trekking …

Saat ingin mulai trekking, pengunjung tentu harus memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Nantinya rute yang harus di lewati adalah jalanan setapak dan menelusuri pinggiran bukit. Selain itu rute jalan setapak tersebut hanya bisa di lalui oleh pejalan kaki atau kendaraan roda dua saja. Di tambah dengan jalanan yang berbatu, tentunya kamu harus lebih berhati-hati. Namun di sepanjang jalan, pengunjung akan di sajikan dengan pemandangan alam yang memuaskan. Ada area persawahan, air terjun, bahkan hingga pemandangan laut yang terlihat di balaik bukit. Biasanya trekking menuju puncak akan memakan waktu sekitar 40 menit bahkan hingga 1 jam.

2. Camping

Untuk kamu yang menyukai aktivitas wisata alam, Camping bisa menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan. Menariknya lagi di atas bukit terdapat banyak lahan datar yang bermanfaat untuk mendirikan tenda. Tidak sedikit pengunjung yang menjadikan Bukit Pengilon sebagai salah satu tujuan populer untuk berkemah.

3. Piknik

Jika tidak ingin menginap, piknik di sana bisa menjadi opsi terbaik. Bawalah bekal secukupnya lengkap dengan tikar sebagai alas. Namun di karenakan minim fasilitas kebersihan, maka pastikan agar kamu membawa kembali sampah yang ada. Bahkan jika pengunjung tidak membawa tikar sekalipun, di sana ada banyak spot untuk sekedar duduk bersantai dan menghabiskan waktu dengan bebas.

Fasilitas wisata Bukit Pengilon Jogja

Di karenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu saja. Kamu tidak bisa berharap terlalu banyak mengenai fasilitas yang tersedia. Meskipun begitu beberapa fasilitas penunjang masih bisa di temukan seperti di antaranya adalah area parkir, area jalan setapak yang di lengkapi dengan pagar pengaman, jejeran warung makanan, toilet umum, bahkan hingga mushola.

Hal tersebut dilakukan oleh pihak pengelola agar pengunjung merasa betah saat berlama-lama di sana.

Demikian ulasan mengenai wisata Bukit Pengilon Jogja yang bisa menjadi tujuan wisata. Dapatkan keseruan berlibur bersama teman maupun keluarga di objek wisata satu ini.

Baca Juga :

***