Wisata Pantai Watuwalang: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas

Wisata Pantai Watuwalang – Kabupaten Gunungkidul di Yogyakarta dianggap sebagai gudangnya pantai. Ada banyak pantai di sepanjang pantai selatannya. Pantai-pantai ini terdiri dari beberapa yang populer, seperti Pantai Indrayanti atau Pok Tunggal, dan banyak yang sepi, seperti Pantai Seruni atau Pantai Ngetun. Namun, ada juga Pantai Watulawang yang luas dan nyaman.

Pantai ini memiliki area yang luas dan nyaman dengan kecantikan alam yang sayang untuk dilewatkan. Ini membedakannya dari pantai kecil lain di Gunungkidul yang biasanya kecil dan cukup sempit.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata pantai Watuwalang beralamatkan di Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881. Harga tiket untuk menuju Pantai Watulawang dan Pantai Indrayanti sama, jadi hanya Rp15.000 wisatawan bisa menikmati indahnya Watulawang.

Jika Anda pergi ke pantai, Anda tidak perlu khawatir kapan Anda akan pulang. Pantai ini sangat sepi sehingga nyaman untuk dikunjungi kapan pun. Orang-orang bisa datang sejak pagi buta atau malam hari, tetapi tidak semua warung di pantai buka sepanjang hari.

Daya tarik dan keindahan pantai Watuwalang

Tidak ada gunanya berdebat tentang predikat pantai terindah Gunungkidul. Praktis setiap pantai memiliki pesona unik. Ada yang menampilkan laut yang tenang dengan batu karang dan bukit kapur di sekelilingnya. Ada yang mudah diakses dan ada yang membutuhkan upaya tambahan untuk diakses. Pantai Watulawang tampaknya masih kurang dikenal meskipun diapit oleh pantai terkenal. Namun, pantai berpasir putih ini memiliki pesona yang sama dengan Indrayanti atau Pok Tunggal. Watulawang seperti permata terselip di antara pepohonan hijau.

Di Gunungkidul, nama “Watulawang” tidak asing lagi. Ada beberapa tempat wisata dengan nama yang sama. Adanya “lawang watu” dan “pintu batu” adalah dua nama yang biasanya diambil dari kata yang sama.

Pantai ini kaya akan bebatuan dan karang karena diapit oleh perbukitan. Namanya berasal dari batu karang yang menyerupai pintu. Bebatuan Watulawang menambah keindahannya selain menimbulkan kesan eksotis. Berminat?

1. Benteng Batu

Memasuki wilayah Pantai Watulawang tampaknya tidak mungkin. Area parkir pantai tetangga menyediakan akses jalan masuk. Jalannya tidak terlalu lebar dan hanya berjarak sekitar 300 meter dari Indrayanti. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa pantai ini seringkali tidak memiliki banyak pengunjung. Namun, mengunjungi Pantai Watulawang mungkin akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung harus melewati beberapa terowongan batu alami, yang menempatkan Watulawang di baliknya.

2. Pemandangan indah untuk spot foto

Tidak perlu mencari tempat yang bagus untuk foto di Watulawang. Hampir setiap penjurunya cocok untuk foto yang bagus. Wisatawan hanya memiliki satu pilihan: pemandangan laut atau bukit? Suasana langit atau pantai? Di sisi timur, ada bukit batu yang menarik. Pengunjung dapat bersantai di atas gazebo dan menikmati pemandangan. Bebatuan yang tersebar di tepi bukit adalah lokasi yang sempurna untuk foto. Setelah Anda menemukan sudut dan cahaya yang tepat, foto liburan Anda siap untuk dibagikan!

Fasilitas wisata pantai Watuwalang

Watulawang memiliki banyak fasilitas pendukung. Tempat parkir hanya cukup untuk kendaraan kecil karena lebar jalannya terbatas. Fasilitas umum di sini termasuk toilet, kamar mandi, penginapan, warung, dan musholla.

Baca Juga :

***