Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata Watu Mabur Mangunan

Salah satu tempat wisata alam Bantul adalah Watu Mabur Mangunan. Sebagai andalannya, tempat ini menawarkan pemandangan bak negeri di atas awan. Orang-orang yang berkunjung dapat menikmatinya dengan berkemah atau sekadar selfi.

Tempatnya di Lemahbang-Mangunan, Dlingo. Sajian alam tempat ini menarik. Mulai dari hamparan awan di antara bukit hingga matahari terbit yang indah. Salah satu hal yang dapat dilakukan di Watu Mabur Mangunan adalah sebagai berikut:

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Watu Mabur Mangunan beralamatkan di Desa Lembahbang-Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55783. Wisatawan yang pergi ke Watu Mabur Mangunan harus mengeluarkan uang untuk tiket masuk dan biaya parkir. Tiket dan parkir berbeda, tetapi harganya mulai dari Rp15000. Wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata alam ini kapan saja mereka mau.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Watu Mabur Mangunan

Watu Mabur Mangunan menawarkan banyak aktivitas wisata. Mulai dari berkemah atau camping, glamping (glamping) yang glamor, berfoto di wahana selfi yang unik, menikmati matahari terbit yang indah, hingga piknik.

1. Glamping

Watu Mabur Mangunan menawarkan campuran glamor. Jika Anda tidak ingin repot-repot membangun tenda, akomodasi ini bisa menjadi opsi yang bagus. Fasilitas yang tersedia termasuk kasur, selimut dan bantal, toilet, listrik, dan kipas angin. Glamping ini menghadap langsung ke aliran Sungai Oya, jadi begitu tirai dibuka, tamu akan langsung melihat pemandangan indah. Ini adalah jenis penginapan yang luas dan dapat menampung banyak orang.

2. Camping

Area parkir yang luas adalah area wisata utama Batu Mabur Mangunan. Ada undakan menuju area camping di luar lahan parkir. Jangan khawatir, lahan untuk berkemah berada di sepanjang bibir tebing karena tebing sudah mengalami pengerasan dan terdapat pembatas batu yang menandai perbedaan yang jelas antara lahan berkemah dan jurang.

Di area camping ground, pengunjung bebas mendirikan tenda. Tempat yang paling ramai adalah di tepian tebing, di mana pengunjung dapat melihat pemandangan alam. Untuk camping, wisatawan tidak perlu membawa tenda sendiri; ada banyak penyewaan perlengkapan berkemah di sini, jadi cukup datang dengan badan Anda dan mulai berkemah. Ada juga opsi glamping selain camping konvensional.

3. Piknik

Kawasan camping terbuka untuk piknik singkat dan bukan hanya untuk wisatawan yang ingin berkemah. Banyak ruang terbuka untuk lesehan dan tikar. Selain itu, beberapa tempat duduk dan meja terbuat dari batu alami. Wisatawan dapat membawa makanan dan minuman mereka sendiri dari rumah. Mereka yang ingin membawa campervan juga boleh. Selain itu, banyak pepohonan yang kokoh sehingga Anda dapat bersantai dan bersantai dengan semilir angin di ketinggian.

4. Spot Foto Kekinian

Tangkap gambar terbaik dari sunrise. Jangan lupa untuk mengunjungi Watu Mabur Mangunan untuk mendapatkan selfie terbaik. Ada banyak tempat untuk selfie untuk membuat foto lebih cantik.

Tempat-tempat yang cocok untuk selfie ada di tempat wisata ini. Sebagian besar terdiri dari gardu pandang dan dermaga yang terletak di tepi tebing. Beberapa gardu pandang terbuat dari batu dan kayu, dan dermaganya dihiasi dengan berbagai tema alam. Meskipun demikian, pengunjung harus berhati-hati memilih lokasi yang aman. Tidak aman untuk naik di beberapa tempat karena tidak terawat.

Fasilitas Wisata Watu Mabur Mangunan

Untuk kenyamanan pengunjung, ada area parkir yang dapat menampung banyak mobil dan toilet umum serta musala yang bersih dan nyaman. Selain itu, ada banyak kios makanan dengan tempat lesehan beratap. Jangan lupa untuk menghentikan sumber listrik di beberapa titik.

Selain itu, tempat wisata ini menawarkan penyewaan alat berkemah dan tenda, serta glamping untuk mereka yang tidak ingin repot-repot membangun tenda sendiri. Sejumlah lokasi fotografi artistik dan gardu pandang juga merupakan fasilitas tambahan.

Baca Juga :

***