Cityawesome.com – Goa Selarong Bantul. Jika sedang berada di Bantul, Yogyakarta, pastikan untuk tidak melewatkan objek wisata sejarah yang kaya akan keindahan alam. Goa Selarong merupakan salah satu destinasi wisata Bantul yang selalu di kaitkan dengan cerita mistis di dalamnya. Selain itu tidak jarang juga Goa Selarong di jadikan sebagai wisata religi bagi kebanyakan wisatawan.

Nah pada artikel kali ini akan jelaskan mengenai sejarah dan daya tarik wisata Goa Selarong. Berikut ulasannya !

goa selarong bantul

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Lokasi dari wisata Goa Selarong berada di Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751. Tepatnya berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota Yogya dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa sampai kesana.

Untuk harga tiket wisatanya Goa Selarong ini terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 6 ribu saja. Sedangkan jam operasional yang berlaku di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Sejarah Goa Selarong

Terbilang cukup populer, nyatanya Goa Selarong merupakan objek wisata bersejarah. Di mana awalnya Goa ini di gunakan sebagai tempat menyendiri Pangeran Diponegoro. Hingga kemudian sempat di gunakan sebagai basis perang gerilya melawan Hindia Belanda.

Berdasarkan sejarahnya tersebut, wisatawan berkunjung ke Goa Selarong untuk sekedar mengenal dan mengingat akan cerita di dalamnya.

goa selarong bantul

Daya tarik dan aktivitas wisata Goa Selarong

Saat berkunjung ke Goa Selarong, ada beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sana. Sehingga meskipun menghabiskan waktu seharian, kamu tidak akan merasa bosan dan jenuh. Berikut ini beberapa aktivitas wisata Goa Selarong :

1. Menikmati keindahan dalam Goa

Terkenal akan sejarahnya yang berkaitan dengan Pangeran Diponegoro, kamu akan menemukan patung pahlawan Indonesia tersebut yang sedang menaiki kuda dengan peta wisata. Selanjutnya kamu di haruskan untuk berjalan kaki sejauh 200 meter dengan menaiki tanngga yang cukup tinggi.

Baca Juga:  8 Gereja Terindah Di Dunia Untuk Kamu Kunjungi

Meskipun sedikit membuat lelah, namun keindahan wisata sekitar Goa berupa bukit kapur dan pepohonan rimbun membuat siapapun menjadi terpesona.

2. Air Terjun

Seraya tidak puas dengan keindahan yang ada di Goa, kamu bisa menemukan air terjun dengan keunikan yang berbeda. Berada di sekitar Goa, air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras. Selain itu suara gemercik air mengalir juga tentunya akan membuat siapapun menjadi tenang.

3. Menikmati kelezatan kuliner

Di sekitar kawasan Goa Selarong, terdapat jejeran warung makanan yang menjual beragam menu Indonesia dengan harga terjangkau. Dengan begitu saat sudah lelah berkeliling goa, maka kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersantai dan menikmati hidangan kuliner lezat yang tersedia.

goa selarong bantul

Fasilitas wisata Goa Selarong

Lokasinya yang mudah di jangkau oleh kendaran umum, wisata Goa Selarong di lengkapi dengan beragam fasilitas penunjang. Adapun beberapa fasilitas wisata Goa Selarong di antaranya adalah :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Taman bermain
  • Mushola
  • Tempat belanja souvenir

Nah itulah beberapa informasi mengenai wisata Goa Selarong di Bantul yang menarik. Nah untuk kamu yang bingung menghabiskan waktu di mana saat berada di Yogya, pastikan tidak melewatkan objek wisata satu ini.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Sangkring Art Space : Info Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka