Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata Aek Sijorni

Aek Sijorni adalah tempat wisata alam di Sumatra Utara yang berbeda dari air terjun lainnya. Air terjun ini mengalir dengan deras di atas batu-batu bertingkat. Meskipun musim kemarau, aliran airnya tidak berubah. Meskipun sudah memasuki musim hujan, airnya tetap jernih. Air terjun Aek Sijorni memiliki tinggi sepuluh meter dan memiliki dua pancuran yang mengalir bebas. Karena lokasinya dekat dengan tempat parkir, pengunjung tidak perlu mendaki untuk mencapai lokasi. Sebelum jembatan gantung yang cukup panjang dilewati oleh pengunjung, Jembatan yang aman di atas Sungai Sayur Matinggi.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Aek Sijorni beralamatkan di Simpang Tolang, Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia, 22774. Pengunjung harus membayar tiket masuk ke Aek Sijorni, yang berkisar antara Rp10.000 dan Rp20.000, serta biaya untuk membeli makanan atau suvenir. Mereka juga dikenakan biaya parkir jika membawa mobil. Aek Sijorni beroperasi setiap hari dari pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Aek Sijorni

Air Terjun Sijorni, yang biasanya terletak di dataran tinggi, memiliki dua aliran air terjun dan tinggi 10 meter. Namun, air terjun ini tidak terlalu tinggi. Air terjun unik ini mengalir secara tersebar dengan batu bertingkat di bawahnya. Suasana sejuk dan teduh adalah ciri lain air terjun ini. Di sekitar air terjun ada banyak pohon kelapa dan pasir putih. Air terjun ini adalah lokasi rekreasi yang menyenangkan. Suara gemercik air dan suasana alam membuat Anda tenang.

Sungai-sungai di atas Aek Sijorni bebas dari lumpur dan banyak melalui batuan cadas, sehingga airnya selalu jernih meskipun musim hujan atau kemarau. Selain itu, meskipun di musim kemarau, debit airnya selalu deras. Karena keadaan ini, penduduk setempat menamai air terjun ini Sijorni, yang berarti jernih. Aek Sijorni dapat dicapai dengan berjalan kaki dari tepi jalan. Pengunjung harus melalui jembatan gantung yang panjang dan aman selama perjalanan. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Sayur Matinggi yang indah.

Waterpark

Selain berenang di bawah air terjun, pengunjung dapat berenang di waterpark yang dirancang secara alami. Air kolam yang jernih berasal dari mata air yang mengalir langsung dari pegunungan. Ada dua jenis kolam di sini, masing-masing dengan kedalaman yang berbeda antara satu dan lainnya. Ada yang lebih dalam dan yang kurang dari satu meter. Wahana air menarik di kolam ini, termasuk perosotan, ayunan, dan komidi putar mini, harus dilihat. Tersedia juga gazebo yang terbuat dari kayu dengan atap rumbai. Di tempat ini, pengunjung dapat bersantai atau beristirahat setelah berenang cukup lama.

Keindahan Alam

Pengunjung Aek Sijorni memiliki kesempatan untuk berenang dan menikmati pemandangan alam saat berkeliling. Jika cuaca cerah, langit akan berwarna biru dengan sedikit awan putih. Dengan kombinasi pegunungan yang hijau dan asri, pemandangan langit ini tampak apik. Selain itu, pohon kelapa yang tinggi yang membentang dari pintu masuk hingga air terjun menambah semangat. Selain itu, orang yang melihat pemandangan memiliki kesempatan untuk memotret atau berfoto dengan teman dan keluarga mereka saat mereka melihat pemandangan. Ketika Anda melintasi jembatan gantung, Anda akan memiliki latar belakang yang bagus untuk foto pemandangan gunung dan pohon kelapa.

Setelah itu, pengunjung dapat bermain air di area air terjun dan mengambil foto di sana. Sangat sayang jika air terjun ini tidak diabadikan karena bentuknya yang unik dan airnya yang jernih dan deras. Waterpark juga memiliki kolam untuk berfoto. Pengunjung dapat mengambil foto seperti berada di private pool dengan pemandangan perkebunan milik warga.

Fasilitas Wisata Aek Sijorni

Di Aek Sijorni, ada beberapa restoran yang menawarkan berbagai makanan khas daerah setempat. Selain itu, banyak saung yang dapat disewa untuk beristirahat. Kemudian, jika Anda ingin mengambil foto, fasilitas lain di sini termasuk toilet, kamar ganti, musala, tempat sampah, dan area parkir yang cukup besar.

Baca Juga :

***