Site icon City Awesome

8 Tradisi Unik Saat Ramadan di Maroko

Cityawesome.com – Tradisi unik Ramadan di Maroko. Ramadan merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Oleh karenanya hampir seluruh masyarakat muslim menyambut dengan penuh kemeriahan sebagai bentuk ibadah yang hanya bisa di lakukan sekali dalam setahun.

Di berbagai negara tentunya memiliki antusiasnya masing – masing yang di lakukan oleh masyarakatnya. Salah satu yang tidak ketinggalan adalah Maroko. Di mana Maroko sendiri merupakan salah satu negara dengan mayoritas beragama muslim di dunia.

Berikut ini beberapa tradisi Ramadan yang biasa di lakukan oleh masyarakat Maroko.

1. Alat musik sebagai tanda waktu sahur

Keunikan lainnya yang di lakukan oleh masyarakat Maroko saat Ramadan adalah dengan menabuhkan alat musik sahur. Di mana hal tersebut bertujuan untuk membangunkan warga untuk melaksanakan sahur agar tidak terlambat.

Selain itu biasanya membunyikan alat musik di lakukan oleh Nafar, yakni petugas khusus yang menggunakan pakaian tradisional hanya untuk membangunkan sahur.

2. Bunyi meriam dan sirine sebagai tanda waktu berbuka

Masyarakat Maroko memiliki tradisi unik saat Ramadan yang salah satunya adalah menghidupkan meriam. Namun tidak hanya meriam, terkadang mereka juga akan membunyikan sirine. Hal tersebut di lakukan sebagai pertandan waktu buka puasa telah tiba.

Di mana nantinya masyarakat boleh membatalkan puasa sesaat setelah terdengar bunyi meriam ataupun sirine yang sudah di nyalakan.

3. Menyiapkan pakaian dan jubah baru untuk menjalankan ibadah

Saat menjelang datangnya bulan Ramadan biasanya masyarakat Maroko akan beramai – ramai menyiapkan berbagai pakaian tradisional yang khusus untuk melakukan ibadah saat ramadan.

Oleh karenanya tidak heran jika masyarakat Maroko menunaikan ibadah Tarawih menggunakan pakaian yang baru. Tidak hanya baju baru, mereka juga seringkali menggunakan djellaba yang tidak lain adalah jubah khusus masyarakat maroko.

4. Masjid tidak pernah sepi terutama di malam hari

Tidak hanya di Maroko, tradisi ini biasa di lakukan oleh hampir semua umat muslim di dunia. Di mana Shalat malam akan di lakukan. Tidak hanya itu saja, bahkan setiap bulan ramadan tiba, semua masjid tidak pernah sepi terutama di malam hari. Maroko sendiri bahkan sudah menetapkan bahwan hari ke 27 ramadan sebagai malam Lailatul Qadar.

5. Saling memberikan ucapan selamat

Masyarakat Maroko biasanya akan saling memberikan ucapan selamat saat Ramadan tiba. Saat berkunjung ke negara ini saat Ramadan, nantinya kamu akan sering mendengar masyarakat lokal mengucapkan Awasyir Mabroukah di berbagai tempat yang memiliki arti “Hari ke 10 yang penuh berkah”.

Selain itu hal tersebut tidak hanya di ucapkan oleh orang yang saling kenal saja, bahkan mereka juga tidak sungkan untuk mengucapkan hal tersebut kepada orang yang tidak di kenal sama sekali.

6. Makan hingga 4 kali setelah berbuka

Tradisi yang satu ini terbilang unik dilakukan di negara Maroko. Bagaimana tidak, mereka biasanya akan merlakukan hingga 4 kali makan setelah waktu berbuka tiba. Namun semuanya memiliki menu makan yang berbeda.

Untuk santapan pertama kali mereka akan makan kurma dan air putih saja. Baru selanjutnya mereka akan menjalankan ibadah solat magrib. Kemudian untuk ronde kedua setelah solat magrib mereka akan menikmati makanan khas Maroko. Baru selanjutnya di sambung dengan makanan berat setelah menunaikan taraweh dan terakhir meraka akan makan buah sebagai penutup.

7. Acara buka puasa gratis

Sebenarnya hal ini tidak hanya menjadi tradisi masyarakat Maroko. Bahkan Indonesia juga memiliki tradisi serupa yakni acara buka puasa gratis. Di Maroko sendiri banyak masyarakat dan organisasi yang mengadakan buka puasa gratis terutama untuk warga asing.

Tidak jarang mereka akan rela menganti bahkan 1 jam sebelum waktu berbuka agar bisa menikmati buka puasa.

8. Tidak ketinggalan makanan khas Maroko

Tradisi masyarakat Maroko lainnya saat ramadan tiba adalah menikmati hidangan khusus. Biasanya mereka akan menghidangkan makanan manis terutama saat ramadan tiba. Selain itu mereka juga tidak pernah ketinggalan kurma sebagai menu andalan saat berbuka puasa.

Selain itu saat mengadakan acara silaturahmi di bulan ramadan, mereka akan menyiapkan makanan khas Maroko sebagai menu utama yang tidak oernah ketinggalan.

Itulah beberapa tradisi unik masyarakat Maroko saat Ramadan. Selain Maroko, tentunya asemua umat muslim di dunia memiliki tradisi unik yang berbeda – beda untuk menyambut kesucian bulan ramadan.***

Exit mobile version