Cityawesome.com – Sejarah Museum Fatahillah Jakarta. Kebanyakan museum menyimpan barang yang berharga dan bersejarah. Seperti halnya museum Fatahillah yang berada di Jakarta. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan museum bersejarah satu ini. Terbilang tidak pernah sepi pengunjung, Museum Fatahilah sendiri sering di jadikan sebagai tujuan wisata bahkan oleh para wisatawan luar daerah. Tidak hanya memberikan keseruan wisata saja, di mana nantinya kamu bisa sekaligus belajar dan mengenal sejarah di dalamnya.

museum fatahillah Jakarta

Jika belum memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Museum Fatahillah, di sini kamu bisa mulai mengenalinya mulai dari sejarah hingga koleksi yang ada. Pada artikel kali ini akan di bahas semuanya agar bisa menjadi pengetahuan baru untuk kamu. Berikut ulasannya !

Sejarah Museum Fatahillah

Museum ini sebenarnya memiliki nama asli yaitu Museum Sejarah Jakarta. Lokasinya sendiri berada di Jalan Taman Fatahillah No.1 Jakarta Barat. Sebelum menjadi museum yang terkenal, dulunya merupakan gedung balai kota Batavia yang di bangun pertama kali pada tahun 1707.

museum fatahillah Jakarta

Pada awal sejarahnya, di tahun 1620 di bangun balai kota pertama kali di tepi timur kali besar. Namun hanya bisa bertahan 6 tahun saja dan terpaksa di hancurkan untuk melawan serangan pasukan Sultan Agung tepatnya pada tahun 1626. Sebagai gantinya, di bangun balai kota Batavia yang sekarang menjadi Museum Fatahillah pada tahun 1627. Namun karena masalah struktur bangunan yang membuat kondisinya memburuk menjadikan bangunan balai kota ini di bongkar untuk di bangun kembali pada tahun 1707. Selama 2 abad lamanya, bangunan ini di jadikan sebagai balai kota Batavia menjadikannya mendapat penambahan bangunan terutama pada wilayah selatan.

Selain itu bangunan ini juga sempat di jadikan sebagai Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat setelah Indonesia Merdeka. Bahkan sempat juga di jadikan sebagai kantor Komando Militer Kota 1, Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hingga di jadikan sebagai bangunan Cagar Budaya. Lalu pada tahun 1974, Gubernur DKI Jakarta melakukan renovasi bangunan dan di jadikannya sebagai Museum Sejarah Jakarta. Berbagai koleksi bisa kamu temukan di dalam Museum ini mulai dari perjalanan sejarah Jakarta, peninggalan masa Tarumanegara hingga Padjajaran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  Stone Garden Citatah : Harga Tiket Terbaru dan Aktifitas Wisata !

Peninggalan bersejarah di dalamnya

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, museum Fatahillah sendiri berisikan banyak koleksi unik dan bersejarah mengenai terbentuknya DKI Jakarta. Selain itu Museum Fatahillah juga terdiri dari beberapa ruangan seperti ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan juga Ruang Batavia.

museum fatahillah Jakarta

Ada beberapa peninggalan berupa prasasti seperti prasasti Ciaruteun, Meriam Si Jagur, Patung Dewa Hermes, Sel Tahanan Untung Suropati dan Pangeran Diponegoro. Lebih dari itu ada juga lukisan dari Gubernur Jendral VOC Hindia Belanda, Alat pertukangan zaman Prasejarah, bahkan hingga koleksi mebeul antik, keramik, dan juga gerabah.

Demikian merupakan penjelasan mengenai sejarah serta peninggalan dan koleksi unik yang ada di Museum Fatahillah Jakarta. Museum ini bisa menjadi wisata sejarah tujuan untuk kamu yang ingin berlibur sekaligus menambah ilmu. Selalu pastikan kamu tidak melanggar aturan yang berlaku saat ingin masuk ke kawasan wisata sejarah Museum Fatahillah Jakarta ini.***

Baca Juga :

***