Cityawesome.com – Saung Angklung Udjo. Apakah kamu tertarik berkunjung ke wisata edukasi di Indonesia? Saung Angklung Udjo adalah salah satu jawabannya. Di mana kamu bisa melihat balai pertunjukan, aneka kerajinan bambu, bahkan hingga workshop mengenai cara membuat alat musik angklung.

Sebenarnya secara khusus Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata edukasi yang memperkenalkan budaya Sunda kapada semua pengunjung.

Lokasinya berada di kawasan Bandung Timur yang memberikan nuansa asri di sekitarnya. Selain edukasi tentang budaya Sunda yang bisa di dapatkan, berkunjung ke Saung Udjo memungkinkan kamu untuk bisa melihat keindahan pemandangan alam yang damai dan menakjubkan.

Pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai ulasan Saung Angklung Udjo.

saung angklung udjo

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata edukasi yang satu ini berlokasi di Jl. Padasuka No.118 Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40192. Selain itu keberadaannya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung.

Untuk harga tiket masuk nya terbilang cukup bervariasi dengan rincian sebagai berikut :

  • Tiket masuk pengunjung domestik Rp 60 ribu (anak-anak), Rp 85 ribu (dewasa).
  • Tiket masuk pengunjung mancanegara Rp 85 ribu (anak-anak), Rp 120 ribu (dewasa).

Note : Harga tiket berlaku untuk pengunjung berusia minimal 3 tahun.

Jam operasional dari wisata Saung Angklung Udjo di buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai dengan 17.00 WIB. Namun untuk atraksi kesenian di dalamnya akan tampil saat jam 15.30 WIB yang terbagi menjadi 3 sesi.

saung angklung udjo

Sejarah berdirinya Saung Angklung Udjo

Sesuai dengan namanya, Saung Angklung Udjo didirikan oleh pemiliknya yang bernama Udjo Ngalagena (Mang Udjo) dan istrinya. Mang Udjo sendiri tidak lain adalah seniman angklung yang berasal dari Jawa Barat. Lahir pada tahun 1929, Mang Udjo bahkan sudah menyukai kebudayaan musik Angklung sejak berusia 4 tahun.

Baca Juga:  Daya Tarik dan Aktivitas Wisata The Le Hu Garden

Namun setelah kepergian Mang Udjo, wisata edukasi satu ini di teruskan oleh sang anak. Hingga pada akhirnya Saung Mang Udjo menjadi salah satu objek wisata yang direkomendasikan.

saung angklung udjo

Atraksi wisata Saung Angklung Udjo

Ada beragam aktivitas wisata yang bisa di lakukan oleh pengunjung saat datang ke Saung Udjo. Namun untuk kegiatan utamanya adalah mempopulerkan kebudayaan Sunda terutama alat musik angklung.

Berikut ini beberapa aktivitas dan atraksi wisata yang ada di sana :

1. Wayang Golek

Merupakan salah satu kesenian Indonesia yang menggunakan boneka kayu khas Sunda dan lengkap dengan kostumnya. Pertunjukan wayang golek biasanya berlangsung pada sesi pembukaan aktraksi setiap harinya. Selain itu biasanya durasi pertunjukan wayang golek berlangsung sekitar 10 hingga 20 menit dengan pesan moral di akhir cerita.

2. Helaran

Atraksi Helaran biasanya berlangsung saat upacara khitanan atau pesta panen. Di mana Helaran sendiri bertujuan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur. Atraksi ini di lengkapi dengan beragam tarian Sunda sekaligus bernyanyi musik khas. Menariknya lagi, kamu akan melihat pertunjukan angklung yang di lakukan oleh anak-anak didik di sana.

3. Tari Topeng

Pertunjukan Tari Topeng di lakukan secara rutin setiap hari. Di mana bisanya dalam tarian tersebut akan ada penari yang berperan sebagai pembawa berita dengan menyamar menggunakan topeng.

4. Orkestra

Saat berkunjung ke Saung Angklung Udjo, nantinya kamu akan bisa melihat pentas seni berupa orkestra dengan menggunakan alat musik angklung. Keindahan suara angklung tentu akan membuat semua pengunjung menjadi kagum. Untuk musik yang sering di bawakan juga cukup bervariasi mulai dari lagu anak hingga dewasa.

Nah itulah penjelasan mengenai Saung Udjo yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman seru dan menyenangkan dengan berkunjung ke wisata edukasi yang satu ini.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Tempat Skydiving Terbaik Didunia

Baca Juga :

***