Site icon City Awesome

5 Rekomendasi Makanan Khas Kudus yang Harus Dicicipi

Makanan khas kudus

Jika kamu berencana liburan ke Kota Santri, maka jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kudus. Di kota ini tersedia berbagai macam olahan makanan yang terbuat dari daging kerbau. Belum pernah ‘kan mencicipi rasanya daging kerbau, yuk cicipi list makanan khasnya seperti di bawah ini: 

Makanan Nasi Pindang Khas Kudus 

Sekilas, nama menu makanan ini terlihat mirip dengan nama ikan yang ada di Indonesia. Tapi sebenarnya, nasi pindang merupakan makanan yang terbuat dari irisan daging kerbau dan daun melinjo. Jika kamu mengira makanan ini terbuat dari ikan pindang, maka kamu salah besar. 

Nasi pindang memiliki warna kuah yang hitam pekat dan hampir mirip dengan kuah rawon khas Jawa Timur. Namun, meskipun sama-sama berwarna hitam, jenis daging dan rasa makanannya jelas berbeda. 

Soto Khas Kudus

Makanan khas Kudus lainnya yang menjadi primadona bagi para pelancong dan wisatawan adalah Soto Kudus. Perbedaan paling mencolok yang ada di soto ini adalah dari segi dagingnya. Soto Kudus menggunakan daging kerbau sebagai bahan baku utamanya. 

Penggunaan daging kerbau ini tentu akan mempengaruhi cita rasa dari kuah sotonya. Berbeda dari soto ayam atau soto daging sapi, Soto Kudus memiliki rasa yang lebih gurih karena menggunakan bahan daging kerbau. 

Makanan Pecel Pakis Colo

Nusantara memiliki berbagai jenis menu pecel khas daerahnya masing-masing. Mulai dari pecel khas Madiun, pecel khas Blitar, hingga pecel pakis Colo khas Kudus. Seluruh menu pecel tersebut memiliki perbedaan cita rasa yang unik. 

Apabila kamu mau mencoba menu pecel khas Kota Kudus ini, kamu bisa mendatanginya langsung ke Kudus. Uniknya, pecel khas Desa Colo ini terbuat dari olahan tanaman pakis yang diberi bumbu kacang kental. 

Sambil menikmati pecel pakis Colo, kamu bisa sekaligus melihat pemandangan Gunung Muria. Di kawasan pegunungan inilah banyak tanaman pakis yang bisa kamu temukan di sepanjang kanan dan kirinya. Lagipula, tanaman seperti ini tumbuh subur dan sudah menjadi bahan makanan ciri khas Kota Kudus. 

Menu Makanan Ayam Gongso 

Apa arti Gongso? Menurut kosakata Bahasa Jawa, Gongso memiliki arti tumisan. Maka dari itu, ayam gongso berarti juga sebagai ayam tumis dalam Bahasa Indonesia. Dengan begitu, ayam gongso merupakan menu makanan khas Kudus yang cara memasaknya dengan ditumis. 

Menu makanan yang satu ini memiliki cita rasa manis dan sedikit pedas. Buat kamu yang suka dengan makanan manis, mungkin olahan ayam gongso cocok menjadi pengganjal perut kamu yang keroncongan. 

Jika kamu tertarik untuk mencoba menu makanan ini, maka kamu bisa datang langsung ke kawasan alun-alun Kota Kudus. Di kawasan tersebut kamu bisa menemukan ayam gongso dengan cita rasa yang masih otentik dan khas. 

Sate Kerbau Khas Kudus

Pernah mencoba menu makanan yang satu ini? Jika nggak pernah, maka sekarang waktunya kamu untuk mencicipi olahan sate khas Kota Kudus. Di Kudus, makanan yang terbuat dari daging sapi sangat dilarang. Larangan ini masih berkaitan dengan budaya Hindu yang ada di Kota Kudus. 

7 Destinasi Wisata Sejarah Terpopuler Di Indonesia

Menurut agama Hindu, sapi merupakan salah satu titisan jelmaan dewa yang agung. Oleh sebab itu, penggunaan hewan sapi sebagai bahan makanan dan lauk pauk nggak boleh digunakan. Masyarakat Kudus pun akhirnya menggantinya dengan hewan kerbau. 

Inilah asal mula munculnya sate kerbau khas Kota Kudus. Kalau kamu penasaran dengan rasa daging kerbau yang menjadi sate, maka kamu perlu mencicipi menu sate kerbau saat liburan ke Kudus. 

Exit mobile version