Cityawesome.com – Rekomendasi makanan khas Batak. Indonesia populer dengan keberagaman suku bangsa dan budaya. Salah satunya adalah Batak yang menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia. Tidak hanya kebudayaan, suku Batak juga populer dengan makanan khas yang terbilang cukup lezat dan banyak di sukai.

Jika berkunjung ke tanah Batak alias Medan, pastikan untuk tidak ketinggalan beberapa makanan khas yang populer di sana. Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai rekomendasi makanan khas Batak yang lezat dan populer untuk kamu nikmati.

1. Arsik Nurung Mas

1. Arsik Nurung Mas

Makanan yang satu ini bisa di katakan sebagai makanan khas Batak Karo. Sesuai dengan namanya, Arsik Nurung Mas terbuat dari ikan mas yang di campur dengan bumbu rempah yang lengkap sehingga menghasilkan rasa yang maksimal. Selain itu biasanya akan di butuhkan waktu berjam-jam untuk memasak menu makanan yang satu ini.

2. Babi Panggang Karo

2. Babi Panggang Karo

Di karenakan suku Batak sebagian besar beragama non muslim, oleh karena itu banyak makanan khas yang terbuat dari daging Babi. Babi Panggang Karo menjadi salah satu makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan hampir semua restoran Karo di Indonesia menyediakan Babi Panggang sebagai salah satu menu andalan. Selain itu biasanya makanan yang satu ini di sajikan dengan pelengkap seperti sup, daun ubi tumbuk, sambal, dan tidak lupa juga dengan nasi putih.

3. Dali Ni Horbo

3. Dali Ni Horbo

Jika berkunjung ke Medan, pastikan untuk tidak melewatkan makanan khas Batak yang satu ini. Dali Ni Horbo merupakan makanan yang terbilang cukup populer di mana terbuat dari bahan dasar susu kerbau yang di masak dengan cara tradisional. Jika di lihat sekilas, Dali No Horbo sendiri serupa dengan tahu namun memiliki citarasa yang berbeda.

4. Lapet/Lappet

rekomendasi makanan khas Batak Lapet/Lappet

Mungkin sebagian dari kamu sudah cukup awam dengan makanan yang satu ini. Lappet terbuat dari beras ketan dan di bungkus dengan daun pisang. Selain itu Lappet juga memiliki bentuk yang unik yaitu Limas. Proses pembuatannya sendiri adalah tepung beras atau tepung ketan yang di campur dengan sedikit gula putih, gula are, dan kelapa parut untuk kemudian di kukus hingga matang.

Jika kamu tahu kue putu, Lappet ini memiliki citarasa yang serupa dengan kue putu.

5. Manuk Napinadar

rekomendasi makanan khas Batak Manuk Napinadar

Terbuat dari bahan dasar ayam, Manuk Napinadar menjadi makanan khas Batak yang cukup populer dan banyak di sukai. Di mana proses pembuatan makanan ini dengan cara di bakar dan di berikan bumbu lengkap serta campuran darah segar dari ayam itu sendiri. Biasanya citarasa dari makanan ini adalah pedas, namun kamu bisa menyesuaikan dengan selera.

6. Mie gomak

rekomendasi makanan khas Batak Mie gomak Kuah atau Mie gomak Goreng

Merupakan salah satu makanan khas yang populer di tanah Batak. Mie Gomak sebenarnya memiliki bentuk yang serupa dengan Spaghetti, selain itu kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di daerah Toba. Makanan yang satu ini juga seringkali di jadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Hal ini di karenakan proses pengolahannya yang cukup mudah.

7. Naniura

rekomendasi makanan khas Batak Naniura

Menjadi salah satu makanan khas Batak yang cukup populer dan banyak di sukai. Naniura bisa di katakan sebagai sushi namun pada versi batak. Hal ini di karenakan pengolahannya yang menggunakan ikan mujair namun tidak di goreng maupun di rebus.

Selain ikan mujair, Naniura juga biasanya menggunakan jenis ikan lain seperti ikan mas atau ikan nila. Dengan rasa yang sedikit asam, makanan ini di berikan bumbu yang terbilang cukup lengkap sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat meskipun di makan dalam keadaan mentah.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Kokas

8. Natinombur

rekomendasi makanan khas Batak Natinombur

Rekomendasi makanan Batak lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Natinombur. Di mana makanan ini merupakan sajian ikan yang di olah dengan cara di bakar. Selain itu biasanya ikan yang di gunakan adalah ikan Nila atau ikan mujair.

9. Pohul-pohul

rekomendasi makanan khas Batak Pohul-pohul

Hampir serupa dengan lappet, kamu bisa menikmati Pohul-pohul sebagai salah satu makanan khas Batak yang populer dan direkomendasikan. Makanan yang satu ini memiliki bentuk bulat yang di mampatkan menggunakan tangan.

10. Saksang

rekomendasi makanan khas Batak Saksang

Makanan yang satu ini berbahan dasar daging Babi atau daging anjing. Saksang sendiri di olah dan di masak dengan bumbu khusus yang lengkap dengan rempah. Selain itu proses memasaknya juga di campur dengan darah yang berasal dari daging itu sendiri. Meskipun berbahan dasar babi, namun secara umum makanan ini lebih banyak mengandung daging di bandingkan lemaknya. Dengan cita rasa panas dan pedas, makanan ini menjadi favorit terutama bagi masyarakat Batak.

11. Tanggo-tanggo

rekomendasi makanan khas Batak Tanggo-tanggo

Makanan khas Batak lainnya yang populer dan banyak di sukai adalah Tanggo-tanggo. Di mana makanan ini sebenarnya serupa dengan saksang namun di bedakan dari ukurannya. Dengan berbahan dasar daging babi dan anjing, ukuran Tanggo-tanggo sendiri terbilang lebih besar bahkan hingga 1 kepalan tangan. Namun biasanya makanan ini menggunakan daging hewan yang lebih muda untuk menghasilkan tekstur yang empuk dan membuat bumbu daging menjadi lebih meresap.

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas Batak yang sayang untuk dilewatkan. Jika berkunjung ke Medan, pastikan untuk tidak melewatkan wisata kuliner khas suku Batak yang ada di sana.***

Baca Juga:  8 Dessert Khas Spanyol Yang Enak Selain Churros