Bukit Tangkeban

Bukit Tangkeban memiliki pesona dan tariknya sendiri. Tak kalah dari wisata bukit lain yang ada di daerah-daerah nusantara, bukit ini memiliki pesona yang tidak bisa kamu abaikan saat berkunjung ke Pemalang. 

Jika kamu suka dengan suasana alam khas perbukitan, rasanya kamu perlu mampir ke bukit ini. Dengan begitu, kamu bisa menikmati seluruh daya tarik wisata yang ada di sini sepuasnya. Nah, berikut ini adalah informasi lengkap yang bisa kamu pakai saat ke Tangkeban. 

Rute Perjalanan ke Bukit Tangkeban 

Rute perjalanan ke bukit

Setiap kali kamu melewati daerah Jawa Tengah, sempatkanlah untuk mampir ke salah satu wisata alamnya yang menakjubkan. Bukit Tangkeban merupakan destinasi wisata alam yang berada di Desa Nyalembeng, Kec. Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah. 

Kamu bisa mengakses wisata bukit ini melalui jalur dari arah Purbalingga. Lalu, lewati pula area Guci, hingga kamu sampai di Pasar Pulosari. Ikuti terus arah rutenya dan kamu akan menemukan sebuah gapura Desa Nyalembeng. 

Dari gapura desa, kamu bisa jalan terus hingga melintasi mushola, lalu ambil jalur ke kiri. Dari situlah, kamu akan menjumpai papan penunjuk ke arah Bukit Tangkeban. Kira-kira 800 meter lagi jauhnya, kamu sudah bisa berada di atas puncak bukitnya. 

Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Bukit Tangkeban

Harga tiket wisata

Karena Bukit Tangkeban merupakan kawasan wisata alam komersial, maka setiap wisatawan yang datang wajib membeli tiket masuk. Untungnya, harga tiket masuk ke wisata ini cukup terjangkau. 

Kamu hanya perlu menyediakan biaya pembelian tiket sebesar 10 ribu rupiah per orangnya. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati seluruh wahana dan daya tarik wisata yang ada di bukit ini. 

Ketika kamu berencana mengunjungi tempat ini, pastikan dulu bahwa kamu datang di waktu yang tepat. Wisata bukit ini buka setiap hari mulai sejak pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Jadi, usahakan untuk datang di rentang waktu operasional tersebut. 

Baca Juga:  Informasi Lengkap Akses dan Tips Berkunjung ke Curug Leuwi Hejo

Pesona dan Keindahan Wisata Bukit Tangkeban

Camping di Bukit Tangkeban

Sama seperti tempat wisata alam yang lainnya, Bukit Tangkeban juga memiliki pesona dan daya tariknya sendiri. Bagi para wisatawan yang tertarik datang ke area perbukitan, maka tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. 

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana wisata yang ada. Lalu, apa saja pesona dan wahana hiburan yang ada di bukit? Yuk simak daftarnya di bawah ini! 

1. Tempat Nongkrong di ARCafe

Ketika kamu ingin bersantai sambil menikmati makanan dan minuman, maka mampirlah ke area ARCafe. Cafe dengan konsep outdoor seperti ini memang sedang populer. Makanya, jika kamu ingin mencoba nongkrong di cafe outdoor, cobalah cafe ini. 

Selama nongkrong di sini kamu bisa mencicipi aneka macam makanan dan minuman khas Kota Pemalang. Dengan begitu, kamu bisa sekalian menikmati pemandangan Gunung Slamet dari tempat kamu nongkrong. 

2. Area Camping yang Luas

Bukan cuma gunung yang bisa menjadi area untuk memasang tenda, bukit juga bisa menjadi tempat camping yang pas. Meskipun letaknya tidak terlalu tinggi, namun kamu masih bisa merasakan sensasi berkemah di tengah alam saat berada di sini. 

Area perbukitan yang luas juga mendukung untuk memasang tenda-tenda penginapan. Kamu bisa menginap semalaman dengan memasang tenda di bukit setinggi 1250 mdpl ini. Karena areanya yang luas, bukit ini mampu menampung hingga sekitar 20 tenda. 

5 Spot Menarik Wisata Bukit Sibea-bea yang Viral

3. Wahana Permainan Outdoor 

Variasi sarana permainan outdoor tersedia di bukit ini. Mulai dari permainan ATV, perosotan, ayunan, dan bianglala kecil. Bahkan kamu juga bisa menemukan wahana seperti kolam renang untuk berenang atau sekedar bermain air di sini. 

Baca Juga:  5 Destinasi Wisata Sekitar Gunung Bromo

Wahana permainan ini pasti sangat disukai anak-anak. Makanya, jangan ragu untuk mengajak anak-anak ke bukit ini karena ada fasilitas permainan yang memadai. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain di area permainan dengan pengawasan orang dewasa. 

Baca Juga :

***