Danau Lau Kawar: Lokasi, Harga Tiket, dan Keindahan Wisata !

Danau Lau Kawar merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Karo, Sumatera Selatan. Di mana lokasinya sendiri berada di kaki Gunung Sinabung, sehingga seringkali di jadikan sebagai tempat beristirahat para pendaki. Selain itu keindahan alam di sana terbilang cukup memukau dengan pemandangan berupa Brastagi dan Dataran Tinggi Karo.

Sebagai informasi tambahan, Danau Lau Kawar di apit oleh pegunungan dengan pepohonan berupa hutan tropis tidak jauh dari Desa Lingga yang merupakan tempat bagi rumah adat Karo.

Penasaran ingin singgah ke Danau Lau Kawar? Nah pada artikel kali ini akan di berikan ulasannya secara singkat untuk menjadi sumber referensi !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Lau Kawar beralamatkan di Kuta Gugung, Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 22153. Tepatnya berjarak sekitar 70 KM dari pusat kota Medan dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk bisa sampai kesana.

Adapun tarif tiket yang di kenakan terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 15 ribu perorang. Dengan jam operasional Lau Kawar yang di buka setiap hari selama 24 jam memungkinkan pengunjung untuk datang kapan saja sesuai keinginan.

Daya tarik dan aktivitas wisata Danau Lau Kawar

Tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya saja, Danau Law Kawar juga nyatanya terkenal akan cerita mistis yang melegenda. Di mana menurut cerita yang beredar, dulunya Danau Lau Kawar adalah sebuah desa yang sangat subur. Hingga kemudian desa tersebut tenggelam di karenakan rasa sakit hari seorang nenek pada cucu dan anaknya yang durhaka.

Dalam kesedihannya, sang nenek menangis hingga mengutuk anak dan cucunya tersebut. Tidak berselang lama, terjadilah gempa dan hujan yang menenggelamkan seluruh penduduk desa.

Terlepas dari kisah mistis yang banyak di percaya masyarakat. Nyatanya ada beragam aktivitas wisata yang bisa di lakukan di Danau Lau Kawar. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Keliling area danau

Salah satu aktivitas yang banyak di lakukan oleh pengunjung adalah berkeliling area danau. Menggunakan perahu, kamu bisa melihat keindahan alam yang memukau. Dengan air danau biru lengkap dengan tanaman anggrek di sekelilingnya, siapapun pasti akan betah berlama-lama di sana.

2. Piknik di Gazebo

Jika ingin bersantai ria, kamu bisa sekedar piknik dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Adapun gazebo yang tersedia di Lau Kawar bisa di nikmati bahkan tanpa biaya tambahan.

3. Berkemah

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Lau Kawar ini seringkali di jadikan sebagai tempat beristirahat bagi para pendaki. Setidaknya terdapat lahan seluas 3 hektar yang bisa di alih fungsikan sebagai tempat berkemah. Namun perlu di ketahui bagi para pengunjung yang ingin menggunakan area berkemah maka akan di kenakan biaya retribusi masuk tambahan.

Fasilitas wisata Danau Lau Kawar

Membahas tentang fasilitas, meskipun tarif masuknya terjangkau namun fasilitas yang tersedia terbilang cukup lengkap. Ada beberapa fasilitas wisata yang bisa di nikmati oleh pengunjung seperti :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Jejeran warung makan
  • Area gazebo
  • Area perkemahan

Nah itulah beberapa informasi seputar Danau Lau Kawar yang bisa menjadi opsi kunjungan wisata. Dapatkan keseruan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga di objek wisata satu ini.

Baca Juga :

***