Cityawesome.com – Sungai terdalam di dunia. Sungai merupakan aliran air di permukaan besar dan berbentuk memanjang serta mengalir terus-menerus dari hulu ke hilir. Selain itu sungai sendiri memiliki fungsi yang penting untuk kehidupan manusia.

Bukan sungai terpanjang, terpendek, atau lainnya. Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai sungai terdalam di dunia. Di mana sungai ini patut di waspadai karena cukup membahayakan. Berikut uraiannya !

1. Sungai Amazon

1. Sungai Amazon

Siapa yang tidak kenal dengan sungai Amazon. Sungai ini membentang hingga sepanjang 6400 KM di berbagai negara mulai dari Brazil, Peru, Kolombia, Ekuador, Bolivia, hingga Venezuela.

Tidak hanya menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia, sungai Amazon juga menjadi sungai terdalam di dunia yakni sekitar 100 meter.

2. Sungai Danube

2. Sungai Danube

Sungai terdalam di dunia lainnya yang wajib kamu ketahui adalah sungai Danube. Di mana sungai ini bermuara di Jerman dan mengalir di berbagai negara sekaligus seperti Hongaria, Slovakia, Austria, Serbia, Rumania, Bulgaria, Ukraina, bahkan hingga Moldova.

Untuk kedalamannya, sungai Danube memiliki kedalaman sekitar 178 meter.

3. Sungai Kongo

3. Sungai Kongo

Berlokasi di Afrika, sungai Kongo menjadi salah satu sungai terdalam di dunia. Bagaimana tidak, bahkan kedalamannya mencapai 220 meter.

Bahkan sangking dalamnya sungai ini, sinar matahari saja tidak bisa menembus ke dasar sungai. Selain itu Sungai Kongo juga tidak hanya menjadi sungai terdalam saja melainkan juga menjadi sungai terpanjang di Afrika.

4. Sungai Mekong

4. Sungai Mekong

Sungai yang mengalir sepanjang 4.350 KM ini melewati berbagai negara seperti Tiongkok, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Laos, hingga Thailand. Tidak hanya menjadi sungai yang panjang, sungai ini memiliki kedalaman yang hampir mendektari 100 meter.

Baca Juga:  Beragam Perayaan Natal di Indonesia : Gak Ketinggalan Kuliner Khas !

5. Sungai St Lawrence

5. Sungai terdalam di dunia St Lawrence

Deretan sungai terdalam di dunia lainnya adalah sungai St Lawrence. Berlokasi di Amerika Serikat, sungai ini memiliki kedalaman sekitar 76 meter.

Selain itu untuk panjangnya sendiri, sungai ini mengalir hingga 1.287 meter hingga menjadi perairan yang cukup penting di Amerika dan Canada.

6. Sungai Yangtze

6. Sungai terdalam di dunia Yangtze

Memiliki kedalaman sekitar 200 meter, Sungai Yangtze merupakan salah satu sungai terdalam di dunia. Lebih dari itu, sungai yang satu ini juga sekaligus menjadi sungai terpanjang yang ada di Asia. Di mana sungai Yangtze mengalir sepanjang 6.300 KM dari dataran tinggi Tibet menuju laut Cina.

Oleh karena itu berkunjung ke sungai Yangtze harus di lakukan secara berhati-hati agar terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan.

7. Sungai Yellow

7. Sungai terdalam di dunia Yellow

Merupakan salah satu sungai terdalam di dunia yang mengalir hingga 5.464 KM. Sungai Yellow atau sungai kuning juga menjadi sungai terdalam didunia.

Untuk lokasinya sendiri berada di Tiongkok dengan kedalaman yang mencapai 79,8 meter.

8. Sungai Zambezi

8. Sungai terdalam di dunia Zambezi

Deretan sungai terdalam lainnya yang terbilang cukup berbahaya untuk dikunjungi adalah sungai Zambezi. Di mana sungai ini mengalir di berbagai negara seperti Zambia, Angola, Nambua, Zimbabwe, dan Mozambik hingga bermuara di Samudera Hindia.

Selain itu untuk kedalaman sungai ini memiliki kedalaman sekitar 116,1 meter.

Nah itulah beberapa deretan sungai terdalam didunia. Dari semua yang sudah di jelaskan, manakah sungai yang paling membuat kamu penasaran ?

Baca Juga :

Baca Juga:  7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bekasi yang Populer dan Kekinian

***