Cityawesome.com – Sungai terpanjang di dunia. Berbicara mengenai sungai, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan kata sungai. Terlebih lagi di Indonesia sendiri banyak mengalir sungai yang menjadi aliran air alami yang akan berakhir di samudera, laut maupun danau. Untuk kamu ketahui, sungai sendiri biasanya mengandung air yang tawar, bahkan tidak jarang juga banyak hewan yang hidup di sungai seperti ikan.

Selain itu sungai juga bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai. Jika penasaran, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa rekomendasi sungai terpanjang di dunia yang bisa menambah ilmu dan wawasan. Berikut ulasannya.

1. Sungai Nil

1. Sungai Nil

Berlokasi di benua Afrika, terdapat sungai yang cukup populer dan menjadi yang terpanjang di dunia. Sungai Nil bahkan melewati 9 negara yakni Mesir, Zaire, Uganda, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Ethiopia. Tidak main-main, sungai yang satu ini memiliki panjang sekitar 6.650 KM dan sangat populer bahkan sejak ribuan tahun yang lalu.

2. Sungai Amazon

2. Sungai Amazon

Sungai terpanjang di dunia lainnya yang tidak ketinggalan adalah sungai Amazon. Dengan panjang mencapai 6.436 KM, sungai ini melewati pedalaman hutan Peru, menuju Brazil, hingga ke berakhir di Samudera Atlantik. Selain itu menuru beberapa ahli, sungai Amazon berada di dataran tinggi yang dekat dengan pegunungan Andes. Bahkan sungai ini juga melewati beberapa wilayah sekaligus mulai dari Ekuador, Kolombia, dan Venezuela.

3. Sungai Yangtze

3. Sungai Yangtze

Selain menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia, sungai Yangtze juga menjadi yang paling panjang di benua Asia. Tepatnya di Tiongkok, sungai ini memiliki panjang mencapai 6.378 KM yang sekaligus memiliki peran besar terhadap masyarakat Tiongkok. Untuk kamu ketahui, sungai Yangtze sendiri hanya mengalir di 1 negara saja.

Baca Juga:  Mengenal Sejarah Museum Wangsit Mandala Siliwangi Bandung

4. Sungai Mississippi

Mississippi

Memiliki panjang mencapai 5.970 KM menjadikan sungai Mississippi menjadi salah satu yang terpanjang di dunia. Tidak hanya itu saja, sungai ini juga menjadi yang paling panjang di Amerika Serikat. Bahkan sungai Mississippi sendiri mengalir dan melewati 31 negara bagian Amerika Serikat sekaligus. Selain itu sungai yang satu ini terkenal dengan aliran airnya yang deras, oleh karenanya masyarakat yang tinggal disekitar sungai selalu di himbau untuk lebih berhati-hati dalam beraktifitas.

5. Sungai Kuning

sungai terpanjang di dunia Sungai Kuning

Sesuai dengan namanya, sungai ini memiliki warna air yang cenderung kuning dan keruh. Terlebih lagi sungai Kuning ini mengandung Sedimen yang cukup pekat. Berlokasi di Tiongkok, sungai Kuning memiliki panjang sekitar 5.464 KM. Namun sungai ini seringkali meluap hingga menyebabkan banjir. Oleh karenanya tidak jarang pemerintah China menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terutama saat hujan lebat mengguyur.

6. Sungai Ob

sungai terpanjang di dunia Sungai Ob

Berada di Rusia, sungai Ob memiliki panjang sekitar 5.410 KM dan mengalir sepenuhnya di dalam wilayah negara Rusia. Selain itu sungai Ob juga seringkali membeku karena perubahan iklim yang terjadi. Sebagai informasi tambahan, sungai Ob sendiri terbentuk dari pertemuan dari sungai Biya dan sungai Katun.

7. Sungai Parana Pada

sungai terpanjang di dunia Sungai Parana Pada

Sungai terpanjang di dunia lainnya adalah sungai Parana. Di mana sungai ini mengalir dari Amerika Selatan dan memiliki panjang sekitar 4.880 KM. Tidak hanya menjadi sungai yang terpanjang, sungai Parana Pada juga menjadi salah satu yang terbesar. Namun belakangan sungai ini mengalami penurunan jumlah air yang akhirnya berpengaruh pada pembangkit listrik dan lainnya.

8. Sungai Kongo

Kongo

Dengan panjangnya yang mencapai 4.700 KM, sungai Kongo menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai Kongo sendiri mengalir dengan melintasi benua Afrika dan menjadi satu-satunya yang melintasi jalur Khatulistiwa. Pada awalnya sungai ini di kenal dengan nama Zaire hingga akhirnya berubah menjadi sungai Kongo.

Baca Juga:  Sejarah dan Fakta Menarik Komplek Candi Arjuna Dieng

Nah itulah beberapa rekomendasi sungai terpanjang di dunia untuk kamu ketahui. Jika mendapat kesempatan berlibur keluar negeri pastikan untuk mengunjungi sungai yang terkenal di negara tersebut untuk memberikan pengalaman berlibur yang berbeda.

Baca Juga :

***